Kitabisa! - Bantu STOP BABS untuk Marlende & Anak Indonesia
Bantu STOP BABS untuk Marlende & Anak Indonesia

Bantu STOP BABS untuk Marlende & Anak Indonesia

Rp 174.208.458
terkumpul dari Rp 180.000.000
1837 Donasi 0 hari lagi
UNICEF Indonesia
Akun telah terverifikasi
Bagian dari Maybank Finance

Cerita

“Tidak ada jamban tertutup. Kalau buang air besar saya malu dilihat tetangga.” Marlende (12)

Sanitasi adalah salah satu kebutuhan primer setiap manusia untuk dapat hidup layak. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak masyarakat di pelosok Indonesia yang belum menyadari pentingnya memiliki sarana kebersihan layak.

1FOjw0dLIzDs8RwRo4-Q933mNYsFXUe6h77Qc5arcno_MAzSq-SF3Cc4WajeDrJfcimQmSxz6rK_r0ADSKoyXRJ71CUm0RMwhXb3dkO41L10pcVdn9KOCWahUxvo2dGCgjP6cl2A

Seperti di Desa Redapada Sumba, NTT. Di desa ini ratusan warganya belum memiliki jamban Untuk kegiatan buang air sehari-hari, warga melakukannya di belakang rumah dalam kondisi ruang terbuka tanpa bilik, lubang penampungan, atau air bersih.

Marlende, salah satu gadis di desa itu mengaku malu dengan kondisi yang ada. Buang air di ruang terbuka sejak kecil membuat ia risih dan malu dilihat tetangga.

Selain alasan privasi, ketiadaan jamban dan air bersih membuat Marlende dan ratusan anak di desanya mengalami diare, panas tinggi, dan penyakit lainnya.

Tidak hanya Marlende, 7 dari 10 anak yang tim UNICEF temui di SD Lolaramo – Sumba Barat Daya, mengaku sering mengalami diare sebelum mendapat akses jamban dan air bersih di sekolah. Padahal diare menjadi penyebab 1.400 anak di dunia meninggal setiap harinya.

Kondisi ini tentu menjadi tugas besar, sebab di 2015 setengah dari penduduk di Sumba Barat Daya masih buang air besar sembarangan. Tidak dapat dibiarkan, UNICEF bersama dengan Pemerintah terus melakukan upaya untuk mengurangi kebiasaan buang air besar sembarangan.

Kini Marlende tidak perlu lagi merasa malu karena buang air di belakang rumah. Sebuah bilik lengkap dengan persediaan air dan pipa pembuangan telah tersedia di rumahnya. Marlende dapat tumbuh dengan ceria dan sehat tanpa takut sering terserang diare.

Namun, jutaan anak di pelosok Indonesia belum memiliki jamban layak dan masih buang air sembarangan. Mari bersama wujudkan Indonesia bersih dari perilaku buang air sembarangan!

STOP BABS!

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (1837)