#BisaUsaha Bersama Kitabisa
#BisaUsaha Bersama Kitabisa

#BisaUsaha Bersama Kitabisa

Rp 454.832.307
terkumpul dari Rp 1.000.000.000
10333 Donasi hari lagi


Cerita

Bantu Bu Rotua dan Puluhan Ibu Cilincing Punya Modal Usaha

“Pokoknya selagi kaki ini masih sanggup jalan, saya akan masih semangat jualan,” ungkap Bu Rotua.

Setiap hari, Bu Rotua berjalan dari gang ke gang. Dari pagi sampai sore, dia berkeliling mendatangi rumah-rumah di daerah Kalibaru untuk menawarkan baju sambil mengumpulkan pembayaran dari pembelinya. Bu Rotua berjualan baju keliling dengan sistem pembayaran mencicil untuk masyarakat di sekitar sana.

Bu Rotua memulai usaha berjualan baju karena suaminya mengalami musibah dalam pekerjaannya. Tidak mudah baginya, namun ia tetap semangat dan tekun menjalani agar bisa membantu suami menghidupi keluarganya.

“Obat buat saya itu semangat. Kalau saya istirahat, saya dapat duit dari mana? Nanti kalau kaki ini sudah tidak sanggup jalan, barulah saya akan berhenti,” kata Ibu Rotua. “Kalau saya semangat, penyakit itu nanti sembuh sendiri,” tambahnya.

Lain cerita dengan Bu Amnah, saat usianya baru 14 tahun, Ibu Amnah yang masih belia berani memutuskan untuk mengadu nasib di Jakarta.Sekarang ia mencari rezeki untuk lima orang anaknya dari sampah atau rongsokan.

Setelah bertahun-tahun mencari rezeki dari mengais sampah di jalan, Bu Amnah bersyukur sekarang sudah bisa menjadi seorang pengepul. Dia tetap bersemangat menjalankan usaha rongsokannya karena banyak mimpi yang ingin diwujudkan. Mimpi besarnya adalah untuk membeli tanah dan membangun rumah supaya rumah yang ditempatinya sekarang bisa sepenuhnya dijadikan tempat usaha.

Bu Rotua dan Bu Amnah hanya hanyalah 2 dari 9.600-an  ibu-ibu kurang mampu yang saat ini bergabung menjadi anggota Koperasi Kasih Indonesia (KKI), sebuah organisasi yang memberdayakan ibu-ibu dari keluarga kurang mampu dengan memberikan pendampingan berupa modal usaha, pelatihan, dan pembiasaan menabung.

Karena pandemi, 60%-80% ibu-ibu anggota KKI harus berhenti usaha: ada yang karena dilarang oleh aparat terkait peraturan PSBB; ada juga yang karena usahanya sangat sepi, sehingga uang modal habis terpakai untuk konsumsi sehari-hari.

Kebanyakan suami mereka pun diberhentikan dari pekerjaannya atau mengalami penurunan penghasilan yang signifikan. Padahal, anggota-anggota KKI ini termasuk dalam kategori keluarga kurang mampu, yang bahkan sebelum pandemi Covid-19 ini pun sudah mengalami banyak tantangan dalam perekonomiannya.

Donasi dari teman-teman yang tergerak membantu akan KKI salurkan menjadi bantuan modal usaha bagi anggota-anggota KKI. Bantuan sebesar 100 juta Rupiah dari kalian bisa membantu setidaknya 40-50 anggota KKI untuk membangun kembali usaha serta penghidupannya. Bantuan modal ini juga akan didampingi dan dipantau secara berkala agar penggunaannya tepat sasaran untuk mengembangkan usaha mereka.

Melalui #BisaUsaha donasimu akan disalurkan melalui mitra Kitabisa untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan usaha. Mari berdonasi dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG” 
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GOPAY/Jenius Pay/BNI/BNI Syariah/BCA/BRI/Mandiri/Dompet Kebaikan/Kartu Kredit)
  4. Kamu akan mendapatkan laporan via email

Informasi Tambahan

- Donasi hanya akan disalurkan ke penggalangan dana dan penerima manfaat dengan tujuan memberikan pertolongan untuk yang membutuhkan.

- Donasi juga akan disalurkan kepada pihak lain di luar cerita halaman galang dana ini yang telah memenuhi syarat & ketentuan yang ditetapkan oleh kitabisa

- Tim Kitabisa akan menentukan pemilihan penyaluran bantuan berdasarkan berbagai faktor seperti urgensi, kecukupan dana dll.

- Cerita yang ada di halaman campaign ini diganti secara berkala sesuai dengan topik & kebutuhan yang perlu dibantu

- Kitabisa bekerjasama dengan Koperasi Kasih Indonesia untuk pengumpulan cerita, asesmen kebutuhan, penyaluran donasi dan implementasi di lapangan

- Penggalangan dana ini bagian dari Program #BisaUsaha


    Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
    Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

    Kabar Terbaru


    Fundraiser


    Donasi (10333)