Dapur Umum untuk Buruh Gendong Perempuan Jogja
Dapur Umum untuk Buruh Gendong Perempuan Jogja

Dapur Umum untuk Buruh Gendong Perempuan Jogja

Rp 15.810.830
terkumpul dari Rp 50.000.000
174 Donasi 17 hari lagi


Cerita

Pandemi Covid-19 belum berakhir, perekonomian warga masih sulit.

Buruh gendong perempuan di empat pasar tradisional di Jogja (Beringharjo, Giwangan, Gamping, dan Kranggan) turut merasakan kesulitan ini. 

Di masa normal, para ibu dan mbah ini dapat mengantongi uang minimal Rp50 ribu sehari sebagai upah dari mengangkut barang para pengunjung atau barang jualan para pedagang pasar. Terkadang, beratnya mencapai puluhan kilogram di punggung mereka.

Kini, bisa mendapat upah sebesar biaya bus pulang-pergi Rp14 ribu saja sudah syukur.

Ongkos bus bukan satu-satunya pengeluaran. Mereka juga perlu membeli makan dan biaya toilet. Makan dengan menu nasi, sayur, dan tempe seharga Rp5 ribu, sedangkan menu ikan atau ayam tentu lebih mahal. Di sisi lain, biaya toilet Rp 1 ribu untuk sekali pakai. 

Anggaplah 3 kali ke toilet, jadi total Rp22 ribu yang pasti dikeluarkan dalam satu hari. Sulit? Pasti. 

Saat ini, rata-rata seorang buruh gendong perempuan hanya mampu hasilkan Rp25 ribu dalam sehari.

Melihat keadaan ini, band Sisters in Danger bersama sekelompok warga Jogja memanfaatkan Warmindo Bakzoo (Jl. Veteran 36, Kota Jogja) yang tutup karena pandemi untuk dijadikan dapur umum khusus Buruh Gendong Perempuan. 

Nasi bungkus dari dapur umum ini tidak diberikan secara acak dan sporadis, tapi kepada orang yang sama setiap hari, sehingga ada “keamanan pangan” ketika penghasilan yang didapat hari itu sangat kecil. Dampak psikologisnya pun juga baik. Sebungkus nasi dapat menolong mereka dalam menghemat pengeluaran yang sudah sangat kecil tersebut.

Selama pandemi Covid-19 masih melanda, dapur umum ini akan berusaha untuk terus berjalan. Jumlah saldo donasi yang tersisa saat ini hanya cukup untuk sepekan ke depan. Kami mengajak kawan-kawan semua untuk membantu mbak, ibu, dan mbah penggendong beban di punggung ini, dengan berdonasi untuk sediakan makan siang mereka di masa-masa sulit.

Mari bersama-sama kita bantu dengan cara: 

(1) Klik “DONASI SEKARANG”
(2) Masukkan nominal donasi 
(3) Pilih metode pembayaran (transfer bank, virtual account (VA), GoPay, DANA, LinkAja, atau Dompet Kebaikan)

Terima kasih, #OrangBaik! Mari bersolidaritas untuk sesama. #WargaBantuWarga

    Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
    Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

    Kabar Terbaru


    Fundraiser


    Donasi (174)