Kitabisa! - Dapur Umum Indonesia untuk Pengungsi Rohingya
Dapur Umum Indonesia untuk Pengungsi Rohingya

Dapur Umum Indonesia untuk Pengungsi Rohingya

Rp 177.097.648
terkumpul dari Rp 1.500.000.000
884 Donasi 42 hari lagi

Cerita

Sahabat Peduli, terima kasih! 

Sudah mau mengunjungi halaman campaign Dapur Umum untuk Rohingya. Semoga kebaikanmu berbalas kebaikan pula. 

Kami percaya, kamu bisa membantu ringankan derita Muslim Rohingya. Mereka yang menjadi etnis paling menderita di dunia.  

Kebaikan yang kamu salurkan akan digunakan untuk menghangatkan perut saudara kita di Rohingya, agar bisa terus melanjutkan hidup. 

***

Kepulan Dapur Umum Indonesia Pengisi Kebutuhan Pangan Rohingya

jOMM0i3nzOPujAMRDGvXGQ_V9RVqySGaEsrsKOTBuWQNsEwWQQQlxFB_zoShjBBSpK__i0pJr9bM0rqoxyemAE8o-igae6SnaIfYo7_SemkqHzi3sAfBb0isXelAFyw7Zp3lj_Rr

Sebelum Agustus tahun 2017 lalu, sekitar 150.000-200.000 jiwa populasi Rohingya telah menghuni tenda-tenda terpal di Kamp Kutupalong, kamp terbesar di Cox’s Bazar. Namun, pascaeksodus besar-besaran Rohingya dari Myanmar ke Bangladesh tahun 2017 silam, sekitar 711.691 jiwa atau setara dengan 165.401 kepala keluarga saat ini mengisi kamp pengungsian di Cox’s Bazar.

Artinya, ada lebih dari 500.000 ribu warga Rohingya adalah pengungsi baru di pengungsian Bangladesh. Ditambah dengan pengungsi yang sudah menetap di sana, kurang lebih terdapat total sekitar 700.000 ribu warga Rohingya yang bermukim di Bangladesh. Setiap hari 700.000 jiwa tersebut harus bertahan dalam keterbatasan.

Terlebih pasokan makanan tak pernah bisa tercukupi. Untuk satu kamp kecil saja seperti Kamp Unchiprang atau Kamp Thangkali, disesaki lebih dari 28.000 jiwa pengungsi. Belum lagi dengan Kamp besar, seperti Kutupalong yang dihuni lebih dari 200 ribu pengungsi. Dengan jumlah seperti itu, memenuhi kebutuhan pangan para pengungsi Rohingya akan menjadi amanah yang tak mudah.

1b7N6tHmDSFyEEJZdKFqW5ClIwlMhiSWTSwxPXhnVCtLMSgC2fmKJ3pzRhfQKj5EmSq7K5W78ftwgWjdiYzPhRPy5MuKBUPEfeCxoMFD-WwdxUEx8ZBERU5aMZT1K9RSkX7UIrey

Memenuhi ikhtiar atas nama kemanusiaan, sejak oktober 2017, ACT menjalankan program Dapur Umum Indonesia untuk Pengungsi Rohingya demi memenuhi kebutuhan pangan para pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Lima titik dapur umum ACT tersebar di lima kamp berbeda, mulai dari kamp Unchiprang, Kamp Balukhali, Kamp Tangkhali, Kamp Palongkhali, dan Kamp Kutupalong. Masing-masing kamp memulai pagi sampai siang memasak 2.000 paket makanan. Jika ditotal keseluruhan, dapur umum ACT di lima kamp berbeda memasak kurang lebih 10.000 makanan siap saji, setiap hari tanpa henti. Anak-anak dan perempuan menjadi prioritas dalam pembagian paket makanan dari dapur umum Indonesia ini.

txQXClG7Goj6TnhEO1VClKqKC1WTn62ECsGq7T_fbTYtb15WsgaWlG_tz00hzkmv_yjm82pVKhlrBDP6SXiCCEs4OnzR_CLII-YxUiFGE-ca22ERmRk0LkkbDGYSLs3zjuuNRsyg

Tak hanya pada bulan biasa, pada bulan spesial, seperti Bulan Ramadhan pun program Dapur Umum Indonesia tetap dilaksanakan, namun dengan nama yang sedikit berbeda, yaitu Dapur Ramadhan. Masih hangat dalam ingatan cerita indah Dapur Ramadhan yang terjadi pada bulan Juni silam ketika Dapur Ramadhan menyajikan paket iftar gratis kepada para pengungsi Rohingya.

Teringat dengan jelas suasana ketika para pengungsi mengangkat tangan mereka dan berdoa sebelum waktu berbuka. Mereka mengucap syukur atas segala keberkahan yang diterima tepat di saat kondisi krisis mereka.

qJqMmm8_8sCh83CsULXyv8a5ODhtkaPZgIMWwBzoH7c7z7R_YPHcjwfpTFvQ1AUuGfJPWA1XLLEDbUWy6UmSwsbcPpfV6dvXe8LmON60PHGS_-qF-VIFtnzOcZfRvuW6FyCpTXxk

In syaa Allah, ACT akan terus berikhtiar melakukan yang terbaik untuk pengungsi Rohingya. Mohon doa dan dukungan terbaik dari segenap bangsa Indonesia agar Dapur Umum Indonesia dapat terus mengepul, menyediakan kebutuhan pengungsi Rohingya agar tetap mampu bertahan hidup di Bangladesh. Mari satukan kepedulian, jaga kepulan-kepulan asap pembawa kebahagiaan bagi pengungsi Rohingya.

***

Mari Dukung Dapur Umum Indonesia untuk Pengungsi Rohingya dengan berdonasi melalui laman ini.

Cara Berdonasi:

1. Klik "DONASI SEKARANG"
2. Pilih Bank Transfer Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
3. Dapat laporan via email

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan yang terkumpul.

Semoga bantuan yang Anda berikan menjadi amal sholeh dan pemberi jalan keberkahan.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (884)