Bersama bantu Alor Pulih Kembali
Bersama bantu Alor Pulih Kembali

Bersama bantu Alor Pulih Kembali

Rp 70.142.955
terkumpul dari Rp 200.000.000
1715 Donasi 15 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

Hallo! Perkenalkan, saya drg. Zoe Monica KJ, seorang tenaga medis yang pernah mengabdi selama 4 tahun di Alor, Nusa Tenggara Timur.

Walau sudah beberapa bulan berlalu, kecintaan saya kepada Alor tidak akan pernah luntur. Ketika saya mendengar kabar bahwa badai siklon tropis seroja menghantam Alor, NTT pada 5 April lalu, hati saya merasa terpanggil untuk kembali mengabdi di sana.

Tak disangka, saya justru menjumpai fakta di lapangan bahwa dampak bencana jangka panjang masih belum teratasi, terutama dalam pemulihan mata pencaharian.

Waktu pemulihan Alor yang cenderung memakan waktu lama disebabkan karakter geografis Alor yang terdiri dari gunung-gunung dan kepulauan menyulitkan proses rehabilitasi di sana. 

Belum lagi, curah hujan yang sangat tinggi dari badai seroja selama 2-5 April lalu telah mengakibatkan longsor di gunung-gunung, hancurnya ladang dan sawah, rusaknya rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum, serta berakhir menjadi abrasi di pantai-pantai. 

Badai siklon tropis Seroja ini membawa dampak yang belum pernah dialami sebelumnya di wilayah NTT.

Kondisi ini semakin diperparah dengan rusaknya ladang dan sawah warga yang menjadi ancaman serius. Selain masyarakat mengalami gagal panen, mereka juga belum bisa menanam kembali sampai kerusakan akibat terjangan longsor bisa diatasi. 

Bahkan menurut hitungan para petani di sana, kemungkinan baru sekitar 3-4 bulan lagi para petani baru dapat bertani kembali. Akibatnya, sumber penghidupan mereka hancur dan butuh waktu untuk pemulihan dan kembali produktif.

Masalah yang sama juga terjadi pada permukiman yang berada di tepi pantai. Hilangnya prasarana di sepanjang 2/3 garis pantai dan pesisir menyebabkan sejumlah besar penduduk kehilangan mata pencaharian. 

Para nelayan yang perahunya mengalami kerusakan atau hilang dihantam ombak, tidak akan bisa melaut dalam waktu yang cukup lama.

Orang Baik, melihat begitu besar musibah dan terbatasnya bantuan yang dirasakan oleh masyarakat Alor, saya mengajak seluruh Orang Baik untuk bersama berikan bantuan berupa pembangunan beberapa infrastruktur publik yang rusak akibat badai seroja.

Yuk, kita bantu Alor untuk bangkit membangun kehidupan mereka kembali! Mari bersama-sama kita bantu dengan cara: 

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Teman - teman akan mendapatkan email laporan

Salam,

Zoe Monica KJ

Disclaimer : Informasi, opini dan foto yang ada di halaman galang dana ini adalah milik dan tanggung jawab penggalang dana. Jika ada masalah/kecurigaan silakan lapor kepada kami disini.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (1715)


Fundraiser