Kitabisa! - Bantu Dhesta, Korban Penyiraman Air Keras
Bantu Dhesta, Korban Penyiraman Air Keras

Bantu Dhesta, Korban Penyiraman Air Keras

Rp 222.952.676
terkumpul dari Rp 225.000.000
2374 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Dhesta adalah korban kekerasan terhadap perempuan. Seluruh wajahnya rusak disiram air keras oleh dua laki-laki kejam.

Assalamualaikum teman-teman,

Saya Mia, Relawan ACT Sumatera Selatan ingin sedikit cerita tentang Dhesta yang menjadi korban penyiraman air keras.

Pada Juli 2017, Dhesta disiram air keras oleh mantan pacar dan temannya saat sedang mengendarai motor sepulang bekerja. Air keras itu langsung membuat Dhesta tak bisa melihat dan meninggalkan reaksi panas serta melepuh di seluruh kulit wajah.

Kemudian, atas pertolongan warga di jalan, Dhesta segera dibawa ke puskesmas di OKU Timur, Sumatera Selatan, untuk mendapatkan pertolongan pertama. Namun, karena terbatasnya fasilitas, wajah Dhesta yang mulai menghitam hanya disiram cairan infus.

786eceda-1bc6-4e1a-8ed1-02c9c5bfa125.jpg

Dhesta akhirnya dibawa ke RS Charitas Palembang untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Tindakan yang dilakukan meliputi pemberian obat tabur dan obat minum. Ia pun harus dirawat selama beberapa bulan sementara kulit dan tulang hidungnya hancur. Tiga bulan lamanya, ia harus menahan luka yang masih basah ini.

Kabar Dhesta yang disiram air keras tersebar luas hampir ke seluruh wilayah OKU Timur. Para warga yang berempati dengan keadaan Dhesta berusaha mengumpulkan biaya pengobatan melalui gerakan Koin Peduli Dhesta.

Ketika keadaan wajah Dhesta semakin parah, dokter menganjurkan agar Dhesta dioperasi. Sebagai pertimbangan, keluarga mengirim foto wajah Dhesta dan menceritakan kondisinya kepada dokter di RS di Surabaya dan RS di Jakarta. Namun, untuk kasus Dhesta, operasi tak bisa maksimal di Indonesia dan mengusulkan untuk operasi di luar negeri.

Dengan biaya yang terkumpul dari Koin Peduli Dhesta, ia akhirnya mampu berangkat ke Thailand untuk menjalani operasi dan pengobatan di Yanhee Hospital. Dokter disana pun menyarankan Dhesta harus melewati 3 tahap operasi, yaitu operasi Face Off, operasi penarikan struktur kulit, dan operasi rekonstruksi hidung.

Pada Oktober 2017, Dhesta menjalani operasi Face Off dimana kulit bagian wajah diganti dengan kulit punggung Dhesta dengan biaya 200 Juta. Pasca operasi, Dhesta dirawat 4 bulan dan kontrol seminggu sekali.

a2287fb9-980e-45fe-81cd-d9cc656325c5.jpg

Dhesta pun dianjurkan untuk menunggu 8-12 bulan untuk melanjutkan operasi tahap kedua. Seharusnya, Dhesta dapat operasi pada Oktober 2018.

Namun, keadaan Dhesta sekarang memprihatinkan. Ia didiagnosa menderita TBC dan mata kanannya hampir tak bisa melihat karena tertutup selaput pulih. Ia belum boleh melanjutkan operasi.

1d3ab76b-ebe6-4553-ab85-638a5411238e.jpg

Sementara itu, ayah dan Dhesti, saudara kembar Dhesta, tetap bekerja keras di OKU Timur. Profesi ayah Dhesta adalah sopir angkot dengan penghasilan 50 ribu/hari. Sementara Dhesti bekerja sebagai pegawai minimarket.

Penghasilan yang terbatas membuat mereka sering kali terpaksa menjual harta benda dan berhutang. Namun, mengumpulkan biaya operasi Dhesta yang mencapai ratusan juta sangat berat untuk keluarganya.

Biaya yang dikumpulkan dari Koin Peduli Dhesta juga tak tersisa lagi untuk membantu Dhesta menjalani operasi penarikan struktur kulit dan rekonstruksi hidung yang masing-masing berkisar ratusan juta.

Keterbatasan biaya dan kesehatan Dhesta yang memburuk inilah yang membuat operasinya terus tertunda.

Dokter di Thailand pun memberi toleransi waktu operasi paling lambat bulan Januari. Kalau tidak, kulit Dhesta akan terus berubah sehingga operasi Face Off Dhesta akan sia-sia. Dhesta terancam harus mengulang operasi dari awal.

_____________________________________________________

Melihat kisah perjuangan dan semangat Dhesta untuk kembali bangkit dari keterpurukan, Tim MSR ACT berikhtiar menggalang dana untuk biaya operasi dan pengobatan Dhesta. Anda juga dapat membantu Dhesta dengan cara:

1. Klik "DONASI SEKARANG"

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih bank (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BNI/BNI Syariah/Mandiri/BCA/BRI/Kartu Kredit)

4. Dapatkan laporan via email

_______________________________________________________________

DISCLAIMER:

  1. Donasi yang terkumpul tidak hanya digunakan untuk biaya pengobatan Dhesta, tetapi juga disalurkan untuk membantu membiayai perawatan pasien MSR lain.
  2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR) ACT yang fokus dalam pendampingan pasien MSR.
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Mia (+62 852-6747-9333)
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2374)