Donasi Bibit untuk Petani Cimenyan Bandung
Donasi Bibit untuk Petani Cimenyan Bandung

Donasi Bibit untuk Petani Cimenyan Bandung

Rp 138.667.973
terkumpul dari Rp 600.000.000
3007 Donasi 1143 hari lagi


Cerita

#orangbaik

Bantu modal usaha tani pekarangan untuk keluarga miskin pinggir kota.

Sebelum munculnya pandemi covid-19, Yayasan Odesa Indonesia bergiat aktif menggerakkan petani menanam tanaman pangan sehat bergizi untuk mencegah erosi. Di perbukitan Cimenyan Kabupaten Bandung itu kita banyak menanam pohon buah dan jenis tanaman bergizi non buah seperti sorgum, kelor dan hanjeli.

8573b2b2-f725-401a-8caf-8b61610fe682.jpg

Bersamaan dengan munculnya pandemic Covid-19 bulan Maret, kegiatan menanam mulai berkurang. Tidak lagi menanam beramai-ramai. 

Sekarang situasi telah berubah. Dan harus ada inovasi dalam kegiatan di masa terjepit ini. Kebetulan selain program tani ladang, Yayasan Odesa Indonesia sudah memiliki gerakan Tani Pekarangan dengan Tujuan penghasil pangan sehat-bergizi. Jadi pada awal Mei ini program ini akan mulai dijalankan lagi.

2b594aa5-9a89-486f-8fd7-06da7878f69f.jpg

#dirumahaja berarti harus ada akti vitas. Tani pekarangan sangat cocok untuk kegiatan karena dengan kegiatan inilah akses pangan bisa didapatkan siapa saja yang memiliki pekarangan dan berniat hidup lebih sehat dan ekonomi lebih hemat.

Tani pekarangan adalah adalah program unggulan perserikatan Bangsa-Bangsa yang oleh pemerintah kita diabaikan tujuan dasarnya. Tani pekarangan yang sering dijalankan oleh pemerintah kebanyakan hanya untuk kegiatan seremoni menjelang agustusan dan menjadi lomba desa. Usai agustusan lantas menghilang.

da7bed6e-8fb9-4f90-aaf8-b5a0431a8bf7.jpg

Oleh Yayasan odesa Indonesia tani pekarangan dibangkitkan sebagai cara orang mengatasi 1) akses pangan, 2) sumber gizi keluarga, 3) sumber solidaritas sosial pangan, 4) sumber pola hidup sehat, 5) sumber peningkatan pendapatan ekonomi.

Kami memiliki program perluasan gerakan tani pekarangan untuk keluarga miskin pinggir kota yang memiliki pekarangan dan minat bergiat dalam usaha ini. 

Tani pekarangan untuk orang miskin dan korban pengangguran merupakan usaha yang sangat cocok dan bisa memperbaiki kehidupan di masa krisis yang akan panjang pemulihan ekonominya.

Pada program tani pekarangan ini ada tim yang harus bekerja. 1) Tim pembibitan (pembenihan) secara khusus yang bisa menjadi sumber akses tanaman bagi warga, 2) Tim mobilisasi gerakan, 3) tim pendamping keilmuwan pangan sehat bergizi dan kesehatan, 3) Tim kerja marketing pengumpulan hasil panen.

Mari terus berdonasi.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (3007)