Kitabisa! - Donasi Bibit untuk Petani Cimenyan Bandung
Donasi Bibit untuk Petani Cimenyan Bandung

Donasi Bibit untuk Petani Cimenyan Bandung

Rp 80.863.039
terkumpul dari Rp 600.000.000
825 Donasi 469 hari lagi
Amal Sosial Odesa
Akun telah terverifikasi

Cerita

“Lahan gundul jadinya banjir sampai menelan korban. Karena itu kita mau tanami kembali sekalian agar para petani lebih sejahtera.”

Banjir yang terjadi di kawasan Bandung Utara membuat warga sering terkena banjir. Alih Fungsi Bandung Utara Menyebabkan Banjir

Bahkan awal tahun 2019 lalu, banjir yang datang sampai menelan korban jiwa.

Banjir Bandung Utara Menyebabkan Korban Jiwa

Melihat kondisi tersebut, Yayasan Odesa Indonesia berinisiatif untuk mengembalikan tanaman yang ada di perbukitan. Mengajak para petani, bersama kami mulai melakukan penghijauan di kawasan perbukitan Cimenyan, Cilengkrang dan Cileunyi.

7gWtJhaCdVF7tAA9yy16Ek298fy2iEf3NHzvD8pEkPc3ai_SgwIykzPIY6QGdT8-65TsKPC4EckZwYGeXB83n-bUDaNgjNP52HRykxxsGpTu-TT7Mf-vDr3GBNTVjA1GMSyNe55L

Sejak 2016,  penghijauan yang dilakukan telah berhasil menyebar 120.000 pohon. Selain mengurangi dampak banjir, penghijauan yang dilakukan juga berhasil meningkatkan perekonomian para petani yang ikut serta.

Tanaman yang dipilih dalam program ini meliputi jenis yang memiliki nilai ekonomis serta gizi tinggi. Tidak hanya jenis sayur, beberapa tanaman yang dipilih antara lain pohon kopi, kelor, tanaman pangan sorgum dan hanjeli.

Selain meningkatkan pendapatan petani, jenis tanaman tersebut juga memiliki banyak manfaat seperti menjadi sumber pupuk kompos yang baik untuk tanah.

VFk8kkhKGTJxMUZEadKignuEVgUmo5lV0R0bDRh0tKm71Js2OH0kK09ZEmTh9sj1_zqI9PzTxFq82pfJSE3vWCRjezhQkfd1MfdFIVwTWv6JL6U9B5ch3CK7VIc_AasTWJhsorm8

“Menanam tanaman pangan membuat keadaan saya (dan keluarga) lebih baik. Selain mencari rumput untuk pakan ternak, saya juga dapat uang tambahan dari menjual hasil panen.” Toha, petani binaan Odesa

Melihat begitu besar dampak yang diterima oleh para petani, Odesa Indonesia terus semangat untuk melanjutkan program dengan memberikan edukasi dan pendampingan pada petani.

Kami juga berharap dapat membeli lebih banyak bibit tanaman sehingga kelak tidak ada lagi lahan gundul yang dapat menyebabkan banjir.

Melalui program ini kami juga berharap para petani dapat hidup lebih sejahtera, tingkat gizi masyarakat meningkat, dan tentunya kawasan pertanian lebih hijau.

QM3qQ_F6INjunSmRHVq_8dSafDaHhPFDAQW7pfbBfPWvC04ITjCudBQd0NkfVXKq1cnqDEmA-o7Lw7ek9J5lLp8fJEE75DPFiv2ygdo7iSrVov55rC0Ii0h_ERRJ-606aR-DOxOr

Bersama mari kita wujudkan petani hidup lebih sejahtera, berdaya, dan bebaskan kawasan Bandung dari banjir.

CARA BERDONASI:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit)

Info:

Yayasan Odesa Indonesia email [email protected]

Website http://odesa.id

Fanspage

Twitter Odesa

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (825)