Kitabisa! - Membangun Pliken, Membangun Negeri
Membangun Pliken, Membangun Negeri

Membangun Pliken, Membangun Negeri

Rp 98.776
terkumpul dari Rp 137.280.000
2 Donasi 0 hari lagi
Tim KKN-PPM UGM Pliken 2016
Akun belum terverifikasi

Cerita

Desa Pliken


Pliken merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Desa ini menyimpan berbagai potensi, salah satunya adalah potensinya di bidang pertanian. Sebagian besar penduduk Desa Pliken bermatapencaharian sebagai petani. Produksi padi dalam sekali panen di desa ini dapat mencapai 6,5 sampai dengan 7 ton per hektar. Desa Pliken merupakan desa yang mempunyai potensi hasil pertanian yang menjanjikan, apabila melihat sebagian besar penduduknya bermatapencaharian petani.

Masalah di Pliken


Namun, terdapat beberapa masalah yang dapat mengganggu produktivitas pertanian di desa tersebut. Salah satu masalah yang cukup serius adalah permasalahan penggunaan bahan kimia untuk pestisida. Dikarenakan hama tanaman yang sulit ditanggulangi, masyarakat setempat sering menggunakan bahan kimia sebagai pembasmi hama. Padahal, penggunaan bahan kimia tersebut dapat memberikan dampak negatif dalam berbagai aspek. Dari segi biaya, penggunaan pestisida menyebabkan pengeluaran petani membengkak sehingga keuntungan yang didapat tidak maksimal. Dari segi ekologi, penggunaan pestisida tersebut juga menyebabkan degradasi lahan yang berdampak pada turunnya kualitas produksi pertanian. Ditambah lagi, pestisida berbahan kimia dapat membahayakan kesehatan, baik petani maupun konsumen.

Selain bertanam padi, Desa Pliken juga terkenal sebagai produsen tempe terbesar di Kabupaten Banyumas. Produksi tempe per harinya tidak main-main, yaitu mencapai 20 ton. Akan tetapi, produksi tempe yang banyak juga telah menimbulkan permasalahan baru. Limbah dari pembuatan tempe tersebut langsung dialirkan ke sungai tanpa diolah menjadi biogas. Pengelolaan limbah di desa tersebut memang tidak terurus karena usaha tempe yang ada masih milik perorangan dan tidak ada imbauan khusus dari lembaga yang bersangkutan untuk mengelola limbah dengan baik agar tidak mencemari lingkungan. Limbah yang dibuang ke sungai tersebut menyebabkan tumpukan sampah yang menggenang sehingga tidak enak dipandang, ditambah lagi mengurangi persediaan air bersih bagi masyarakat.

Permasalahan lainnya yang dapat ditemui di Desa Pliken adalah masalah penerangan. Di Desa Pliken, masih terdapat beberapa wilayah yang belum memiliki penerangan jalan yang memadai. Penerangan jalan sangat penting untuk mencegah adanya tindak kejahatan dan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, apabila jalan tersebut mempunyai penerangan yang memadai maka mobilitas penduduk akan semakin lancar. Mobilitas yang lancar akan berdampak positif pada distribusi hasil pertanian dan akses orang dari luar desa untuk mengunjungi desa tersebut. Apalagi dengan adanya inisiasi pengembangan desa wisata berbasis pertanian di desa ini, penerangan menjadi fasilitas penunjang untuk mengakomodasi wisatawan yang berdatangan.


Solusi dari Kami


Dengan berbagai permasalahan yang ada, kami Tim KKN Desa Pliken merencanakan beberapa solusi. Di bidang pertanian, kami akan melakukan penyuluhan bahaya pestisida kepada petani dan masyarakat sekitar sekaligus pelatihan penggunaan biopestisida. Dengan adanya penyuluhan ini, masyarakat akan mengetahui bahaya penggunaan pestisida kimia dan diharapkan akan mengurangi penggunaannya. Program yang lainnya adalah penanaman bunga refugia yang yang dapat menarik serangga yang menjadi musuh alami hama tanaman. Selain merupakan biopestisida yang ramah lingkungan, bunga refugia yang dikelola dengan baik dapat menjadi daya tarik wisata bagi daerah ini.

Sementara itu, pengolahan limbah hasil produksi tempet menjadi pupuk merupakan salah satu program kami yang bertujuan mengatasi permasalahan limbah tempe di Desa Pliken. Selain mengurangi limbah yang dihasilkan dari produksi tempe, petani di Desa Pliken memiliki alternatif lain untuk memperoleh pupuk. Untuk mengatasi permasalahan penerangan, terdapat program penambahan lampu penerang jalan yang akan kami laksanakan.

Ayo, bersama kita membantu Desa Pliken menjadi lebih baik!

Tim KKN-PPM UGM Desa Pliken 2016
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2)