Kitabisa! - Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat
Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat

Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat

Rp 104.770.032
terkumpul dari Rp 150.000.000
681 Donasi 0 hari lagi
Remotivi
Akun telah terverifikasi

Cerita

Agustus ini akan menjadi tahun ke-8 buat Remotivi dalam kerjanya memantau media. Tapi karena isu keuangan, Remotivi terancam bubar sebelum ulang tahunnya nanti.


Kami, Remotivi, adalah sebuah lembaga studi dan pemantauan media, bersifat independen dan non-profit. Kami percaya bahwa media massa punya peran penting dalam kehidupan kita. Karena itu sejak 2010 kami bekerja memantau media dan melakukan kegiatan literasi media di Indonesia.

Komersialisasi dan politisasi gila-gilaan atas media telah membuat kebanyakan perusahaan media abai pada tanggung jawabnya melayani warga. Karena itu kami bekerja untuk mengoreksi praktik media yang bermasalah.

Kami melakukan penelitian, menerbitkan artikel, dan memproduksi video populer untuk menunjukkan masalahnya. Kami ingin agar kajian kami dapat menjadi bahan evaluasi bagi pekerja media sekaligus bahan pendidikan melek media bagi publik luas.

9393468652f87a2f426422da25ae02808ffe7928

Kritik kami pada 2010 atas tayangan “Primitive Runaway” di Trans TV adalah salah satu kerja pertama kami. Upaya ini berhasil membuat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memanggil pengelola tayangannya. Desakan publik yang ada kemudian berhasil membuat Trans TV memperbaiki tayangannya dengan mengubah sudut pandang dan judulnya menjadi “Ethnic Runaway”.

Dari kasus ini kami belajar, bahwa suara publik yang kuat dan terorganisir punya dampak dalam memengaruhi kerja media.

Dan dari kasus ini pulalah kami belajar bahwa upaya perbaikan kondisi media sangat terkait dengan problem struktural seperti kinerja lembaga pemerintahan, undang-undang, kurikulum pendidikan, hingga kondisi kerja pekerja media.

Kami pernah melakukan kampanye frekuensimilikpublik.org pada 2014. Kalau Anda pernah melihat video viral anak SD yang bernyanyi mengritik TV, itu adalah bagian dari kampanye kami. Ini adalah salah satu cara kami untuk membumikan isu-isu televisi pada masyarakat luas.


Kemudian, selain mengadakan pelatihan literasi media di sekolah, kampus, dan komunitas orangtua, pada 2015 kami meluncurkan aplikasi Android bernama Rapotivi. Rapotivi dirancang untuk membantu menyampaikan keluhan warga atas isi televisi kepada Komisi Penyiaran Indonesia.

Kondisi Remotivi Hari Ini

Beberapa bulan lalu kami memutuskan untuk menghentikan Rapotivi. Ini adalah sebuah keputusan yang berat dan menyedihkan buat kami. Tapi apa daya, kondisi keuangan kami tak memungkinkan mengongkosi operasional Rapotivi.

Kami tak ingin Remotivi seperti Rapotivi. Maka penggalangan dana ini kami lakukan. Kami ingin agar kerja-kerja kami didukung oleh Anda.

Selama ini, kerja Remotivi sangat mengandalkan bantuan dana dari organisasi donor dalam dan luar negeri. Kekurangan dana yang ada kami tutup dengan hasil usaha dan dana pribadi para pekerja.

"Kami ingin bisa terus bekerja membantu publik lebih kritis terhadap media. Kalau Anda berpendapat bahwa kerja-kerja semacam ini diperlukan di Indonesia, dukunglah kami dengan berdonasi."

4d9958a97c0183a46d8dff380ff2cfe61fb732e0

Saat ini kami sedang membangun kemandirian ekonomi organisasi melalui sebuah badan usaha bernama Remotivi Inc.. Divisi ini bertanggung jawab untuk menciptakan model bisnis sosial yang berkelanjutan demi keberlangsungan Remotivi.

Pada kampanye ini, kami menargetkan penggalangan dana sebesar Rp. 150 juta sebagai modal kami bertahan hidup beberapa bulan. Karena itu, donasi yang Anda berikan akan membantu kami menyiapkan diri lebih berdikari secara ekonomi.

Kami tunggu dukungan Anda agar kami bisa terus mendorong iklim media yang sehat!

1. Klik "Donasi Sekarang"

2. Masukan data diri dan pilih metode pembayaran

3. Transfer sesuai kode unik

4. Share kitabisa.com/dukungremotivi ke teman-teman di media sosial kamu!


#DukungRemotivi

Silakan sapa dan tanya kami di [email protected] atau akun media sosial kami (Twitter, Facebook, Instagram, dan Line: @remotivi)

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (681)