Kitabisa! - Bantu Fatimah Pejuang OI untuk operasi
Bantu Fatimah Pejuang OI untuk operasi

Bantu Fatimah Pejuang OI untuk operasi

Rp 272.441.853
terkumpul dari Rp 650.000.000
2477 Donasi 71 hari lagi
Wahyu Widayati
Akun telah terverifikasi

Cerita

“Fatimah anak yang periang dan aktif serta selalu bersemangat menjalani semua perawatan dan pengobatan. Itulah yang membuat kami sebagai orang tua akan terus berikhtiar melakukan yang terbaik untuk Fatimah.” - Mama Fatimah

7955aef0-ccee-4b44-857f-2c27f8b17437.jpg

Halo #OrangBaik semua di seluruh dunia.

Perkenalkan nama saya Wahyu Widayati, seorang ibu dari anak spesial bernama Fatimah, pejuang 
Osteogenesis Imperfecta dan Subdural Hygroma.

Fatimah telah berjuang begitu hebatnya sejak dia baru dilahirkan. Kata dokter, Fatimah mengalami 6 deformitas tulang (patah tulang di dalam kandungan) dan 5 patah tulang baru.

Dokter mengatakan bahwa OI tidak dapat disembuhkan dan patah tulang dapat terjadi hanya karena sebab sepele.

Dari Fatimah bayi sampai usia 3 tahun, Fatimah masih mengalami 15 kali patah tulang dan dilakukan operasi;

1. Usia 2 bulan: patah tulang pada lengan atas kanan.

2. Usia 1 tahun 10 bulan: retakan pada tulang dahi karena benturan ringan. Kemudian didiagnosa Subdural Hygroma (penumpukan cairan di luar otak/diantara selaput tipis dan selaput tebal otak). Kemudian, operasi urgent Subdural Drainase dan pemasangan Subdural-Peritoneal Shunt (selang dipasang dari rongga kepala sebelah kiri sampai ke rongga perut sebelah kanan). Dan sampai saat ini selang tersebut masih ada di tubuh Fatimah.

3. Usia 2 tahun 10 bulan patah tulang paha kiri.

4. Usia 3 tahun 7 bulan, saat sedang berjalan merambat berpegangan tembok kemudian mau duduk, tiba-tiba terjadi patah tulang paha kanan.

3ae3ca60-3601-4bb1-980a-fe5efd904da8.jpg

Ciri lain OI pada Fatimah adalah blue sklera (bagian putih bola mata berwarna kebiru-biruan). Selain diagnosa utama tersebut, Fatimah juga didiagnosa dengan BBLR (berat badan bayi rendah), anemia, hiperbilirubin, hypocalcemia, hypoalbuminemia, sepsis dan juga sempat mengalami neonatal seizure (kejang) sekali.

Setiap kali pasca patah tulang, Fatimah harus belajar berjalan dari awal kembali. Fatimah berjalan merambat berpegangan atau dengan bantuan Walker hanya 3-5 langkah saja. Untuk berdiri sendiri tanpa berpegangan dan berjalan tanpa berpegangan belum bisa hingga harus dibantu kursi roda.

Kondisi itu disebabkan karena tulang-tulang kaki yang bowing/melengkung dan derajat kelengkungan semakin bertambah dari waktu ke waktu serta adanya resiko patah berulang yang besar.

Perawatan yang selama ini telah dilakukan adalah pemberian obat zoledronate acid (zometa) melalui infus setiap 4-6 bulan sekali. Selain itu, Fatimah juga terapi wicara dan fisioterapi

Operasi Fassier-Duval Rod di Kanada

Kemudian saya mencari informasi dari OI Support Group di Amerika dan mendapatkan informasi bahwa ada operasi gratis di Shriners Hospital For Childrens di Montreal Canada.

Rumah sakit ini paling banyak menangani anak dari berbagai negara dengan OI. Mereka melakukan operasi Fassier-Duval Rod yang belum ada di Indonesia

Operasi ini untuk meluruskan dan menguatkan tulang-tulang yang bengkok dengan memasukkan implan berbentuk batang yang dapat bertumbuh mengikuti pertumbuhan tulang anak.

869d8606-3a6c-4f30-8df2-6eb1c91f0685.jpg

Dengan operasi tersebut, diharapkan Fatimah akan bisa berjalan dan resiko patah tulang berulang dapat diminimalisir. Disana juga akan dilakukan genetic testing untuk mengetahui mutasi atau perubahan susunan gen sehingga akan diketahui tipe OI untuk optimalisasi perawatan.

Setelah mendapatkan cukup informasi, pada bulan Juli 2018 saya mengirimkan email permohonan untuk kedua tindakan tersebut. Kami pun melengkapi semua persyaratan yang diperlukan dan menunggu beberapa bulan, kami mendapatkan email persetujuan atas permohonan kami.

Adapun semua tindakan di Shriners Hospital gratis. Sedangkan untuk biaya akomodasi harus ditanggung sendiri oleh keluarga. Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa kami akan berada disana selama 6 bulan untuk serangkaian pemeriksaan dan operasi (lama karena ada antrian waktu tunggu jadwal operasi).

Oleh sebab itu kami membutuhkan bantuan untuk keperluan persiapan keberangkatan (pengurusan paspor, visa, kebutuhan keberangkatan, tiket pesawat), pemeriksaan beberapa dokter spesialis sebelum keberangkatan dan biaya hidup kami selama disana.

Maka dari itu,jika #OrangBaik semua ingin membantu perjuangan Fatimah untuk sembuh,bisa berdonasi dengan cara :

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY, transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Para #OrangBaik juga bisa bantu untuk menyebarkan link halaman galang dana ini ke semua kerabat agar semakin tersebar luas. Terima kasih #OrangBaik semua. Semoga kebaikan kalian dibalas oleh Tuhan dengan kebaikan yang berlipat. Amin.

Jika ada pertanyaan,bisa hubungi saya di :0857-3310-2616

Salam,

Wahyu Widayati

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2477)