Kitabisa! - Gerakan Masyarakat Bebas Pelita (GEMA BETA)
Gerakan Masyarakat Bebas Pelita (GEMA BETA)

Gerakan Masyarakat Bebas Pelita (GEMA BETA)

Rp 3.800.874
terkumpul dari Rp 18.200.000
15 Donasi 0 hari lagi
kunto nurcahyoko
Akun telah terverifikasi

Cerita

GEMABETA adalah gerakan sosial skala kecil yang bertujuan untuk membebaskan masyarakat dari penggunaan pelita berbahan bakar minyak tanah di Kampung Sangke, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Gerakan sosial ini diinisiasi oleh sekelompok pemuda yang ingin melihat masyarakat menggunakan sumber energi surya yang terjangkau sebagai pengganti pelita berbahan bakar miyak tanah.

Target utama dari gerakan ini adalah kampung Sangke yang berjumlah sekitar 90 kepala keluarga. Masyarakat disana masih bergantung pada penggunaan pelita untuk penerangan di malam hari. Kampung Sangke dipilih karena infrastruktur listrik PLN belum mencapai daerah tersebut. Hal ini terjadi karena berbagai tantangan pemasangan listrik, misalnya medan yang jauh dan darahnya yang terpencil. Oleh sebab itu, membantu mereka untuk mengakhir penggunaan pelita merupakan suatu gerakan sosial yang sangat penting.

Untuk menyelesaikan permasalahan energi di Kampung Sangke, GEMABETA menawarkan solusi dengan mengganti pelita berbahan bakar minyak tanah dengan menggunakan panel surya yang terjangkau. Panel surya ini dapat menghidupkan 3 lampu berdaya 1 Watt yang tahan hidup selama 8-12 Jam. GEMABETA juga akan menyediakan bantuan teknis pemasangan dan pelatihan dalam penggunaan panel tenaga surya.

Pemasangan panel tenaga surya di Kampung Sangke ini akan dijadwalkan tanggal 21 Juli 2018.

GEMABETA bertekad menghimpun dana skitar Rp.18.200.000 untuk memasang 26 Panel Tenaga Surya di Kampung Sangke. Setiap Panel Tenaga Surya memakan biaya Rp. 700.000 per rumah yang terdiri dari, 1 Panel Tenaga Surya berukuran 40X40 cm, 3 buah lampu LED berdaya 1 Watt dan sebuah Solar Charger.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kontak di bawah ini:

Emilius Pangalajo Sudirjo Renewable energy expert
and field technician (085252368585)

Christian Rinyuank Bagayo Education support in promoting
the social movement (085752006009)

Kunto Nurcahyoko Education support in
promoting the social movement (082311757545)


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (15)