Bantu Korban Gempa Lombok Juli 2018
Bantu Korban Gempa Lombok Juli 2018

Bantu Korban Gempa Lombok Juli 2018

Rp 101.462.903
terkumpul dari Rp 100.000.000
69 Donasi 0 hari lagi


Cerita


a526ad46c8d088377f3f649c478d2b61f0fc5764

Gempa tektonik berkekuatan 7.0 SR telah terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Utara dengan kedalaman 15 Km pada 5 Agustus 2018 pukul 19.46 WITA. Jumlah korban meninggal dunia sebanyak 98 orang yang mayoritas berada di wilayah Lombok Utara, sedangkan luka-luka sebanyak 236 orang. Perkiraan pengungsi sekitar 20.000 orang tersebar di beberapa titik. Gempa ini merupakan gempa utama (main shock) dari rangkaian gempa-gempa sebelumnya yang dipicu oleh aktivitas sesar naik flores.

Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram. Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi NTB, Dari 91 orang meninggal dunia terdapat di Kabupaten Lombok Utara 72 orang, Kota Mataram 4 orang, Lombok Timur 2 orang, Lombok Tengah 2 orang, Lombok Barat 9 orang dan Bali 2 orang. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Semua korban meninggal dunia adalah warga negara Indonesia. Belum adanya laporan wisatawan yang menjadi korban akibat gempa.

*Sutopo Purwo Nugroho*
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB


Kondisi Di Lapangan

Foto di bawah menunjukan kondisi rumah masyarakat yang hancur akibat gempa di Lombok Utara (Dusun Sambik Jengkel Barat, Desa Selengen, Kecamatan Kayangan) yang diambil oleh koresponden IDEP - Shirley Argasetya:

91feded20414d9c62fca1e619ce3a490fc9e7cba


Dan ini adalah kondisi pengungsian di Lombok Utara:

Posko_Pengungsian_Sukadana_Kec_Bayan_Lom


Kami Butuh Bantuan Anda

Yayasan IDEP akan membantu pengungsi yang berada di Kabupaten Bayan, Lombok Utara (wilayah dampingan Yayasan IDEP sejak 2015). Masyarakat di Kabupaten Lombok Utara khususnya Kecamatan Bayan, berada pada area terbuka untuk mengungsi karena gempa susulan yang terus terjadi sehingga masyarakat lebih memilih untuk berada di luar ruangan.

Siapa Yang Kita Bantu?

Masyarakat Kabupaten Lombok Utara terutama yang berada di sekitaran Kecamatan Bayan, yang merupakan wilayah terdampak dengan korban jiwa terbanyak. Banyak desa di wilayah ini yang kehilangan akses jalan karena rusak sehingga sulit untuk dijangkau bantuan atau hilang komunikasi

Apa Yang Dapat Kita Bantu?

Yayasan IDEP akan mendampingi 3 posko pengungsian dengan membagikan Ember Keluarga untuk setiap KK yang ada di pengungsian. Silahkan simak informasi terkait Ember Keluarga IDEP yang merupakan sistematika pemberian bantuan paling efisien selama pengalaman IDEP melakukan tanggap darurat di bawah ini:

34531346fa5ac637bc3ba383b88f5e75553c1132


Bantuan akan kami salurkan langsung melalui staff lapangan kami di Mataram untuk dikumpulkan dan membeli semua kebutuhan di atas, serta langsung disalurkan ke posko-posko dampingan IDEP.

Semua kebutuhan di atas akan dibeli dari toko-toko yang berada di Kabupaten Bayan untuk mendukung ekonomi lokal.

Berikut adalah Ember Keluarga (contoh) yang dibagikan ke pengungsi Gunung Agung:


Tentang Yayasan IDEP Selaras Alam

Yayasan IDEP Selaras Alam adalah lembaga non-pemerintah berdiri sejak tahun 1999. Bergerak di bidang pengurangan risiko bencana dan tanggap darurat serta konservasi lingkungan dengan pendekatan permakultur. IDEP telah banyak membantu masyarakat di wilayah terdampak bencana seperti Aceh, Mentawai, Padang, Merapi, Jogjakarta, Bali, Kupang dan Flores Timur.

Kunjungi www.idepfoundation.org

Follow IDEP di: https://www.instagram.com/idepfoundation/


Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (69)