Kitabisa! - GERAKAN MENANAM 1JUTA POHON UNTUK MASA DEPAN
GERAKAN MENANAM 1JUTA POHON UNTUK MASA DEPAN

GERAKAN MENANAM 1JUTA POHON UNTUK MASA DEPAN

Rp 17.891.565
terkumpul dari Rp 100.000.000
13 Donasi 0 hari lagi
muhammad syaefudin
Akun belum terverifikasi

Cerita

rakan 1 juta pohon adalah gerakan menanam untuk masa depan karena setiap 1 pohon yang kita tanam akan berdampak besar pada kelangsungan hidup anak cucu kita gerakan ini biasa di peringati pada 10 januari setiap tahunnya,untuk itu saya ingin mengajak setiap lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam program ini.

168f9c836929edfc2cd3fd0ecc37c990329be135

Mengapa Harus Menanam Pohon?

"Kalau hanya mengandalkan program pemerintah, meskipun Departemen Kehutanan merancang mulai tahun ini 500 ribu hektar pertahun, tapi itu belum cukup. Oleh karena itu saya mengajak seluruh rakyat Indonesia, seluruh komponen bangsa untuk melengkapi, memperkuat, menmperlebar, memperluas apa yang dilakukan Departemen Kehutanan itu dengan Gerakan Nasional Menanam dan memelihara 1 juta Pohon,"

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada acara pengarahan program 1 Milyar Pohon di Istana Negara, Jakarta, 13 Januari 2010

  • Pemerintah SBY-Boediono melalui Kementerian Kehutanan pada tahun 2010 ini meluncurkan program bertajuk "Satu Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia" atau "One Billion Indonesian Trees for the World". Selain itu, juga meneruskan program sebelumnya yang dinilai berhasil, yakni One Man One Tree tahun 2009. Selain mengandalkan DIPA 2010, Program "Satu Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia" juga mengandalkan dukungan dari pihak swasta, BUMN, LSM, Pemda dan lembaga donor.
  • Gerakan 1Juta Pohon menjadi krusial karena laju kerusakan hutan Indonesia masih terus berlangsung, meski tidak separah waktu-waktu sebelumnya. Jika pada 1985-1997 laju kerusakan tersebut tercatat 1,6 juta hektar per tahun, pada periode 1997-2000 melonjak menjadi 3,8 juta hektar per tahun. Data terbaru yang dilansir Kementerian Lingkungan Hidup (2010) menyebutkan bahwa laju kerusakan hutan Indonesia per tahunnya mencapai 1,1 juta hektar. Kerusakan hutan ini pada level global turut memberikan andil bagi produksi emisi gas karbon. Secara domestik, kerusakan hutan memberi andil terhadap makin besar dan kerapnya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir terjadi di berbagai daerah di tanah air. Kerusakan ini juga memberikan andil menyusutnya jumlah vegetasi dan species yang bahkan sebagian di antaranya belum terdata dan terpelajari dengan baik. Pada saat yang sama, kesadaran akan kelestarian alam juga semakin menguat di kalangan masyarakat luas. Tidak mengherankan jika berbagai perusahaan yang dinilai “memiliki risiko lingkungan yang tinggi” berlomba-lomba menunjukkan komitmennya terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan. Sebagai perusahaan yang termasuk dalam kategori seperti ini, Pertamina EP perlu menunjukkan langkah-langkah konkritnya sebagai bagian dari kontribusinya dalam memperkuat pembentukan reputasi perusahaan induk.
  • Program penanaman pohon juga dapat menjadi medium untuk membangun goodwill dengan dengan pemerintah daerah dan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan beroperasi. Karena itu, program penanaman pohon ini bisa dikembangkan sedemikian rupa hingga mencapai banyak sasaran sekaligus. Dalam hal ini, program penanaman pohon yang bertajuk “Menanam untuk Masa Depan” merupakan bagian dari upaya perusahaan menjalin hubungan baik yang pada gilirannya diharapkan akan membantu kelancaran operasi perusahaan.

Dari pemaparan diatas saya Muhammad Syaefudin ingin mengajak setiap lapisan masyarakat yang peduli untuk ikut andil menanam pohon,saya bukan seorang artis atau tokoh dan lembaga apapun, saya disini sebagai pribadi menjadi salah seorang dari sekian juta rakyat indonesia yang masih peduli dengan lingkungan di sekitar kita.

Pada kesempatan ini saya sebagai anak muda yang peduli terhadap lingkungan disekitar saya tinggal saat ini yaitu di bantul ingin mengajukan proposal kepada seluruh rakyat indonesia yang masih peduli terhadap lingkungan dan sosial kemasyarakatan , lewat gerakan ini untuk membantu para kelompok tani di beberapa desa di bantul yang sedang membutuhkan bibit pohon untuk ditanam sebagai proyek masa depan anak cucu kita sekaligus sebagai jembatan perbaikan ekonomi para kelompok tani tersebut yang dimana kami selaku pengelola kelompok tidak mungkin hanya megandalkan bantuan dari pemerintah daerah saja.

Dibutuhkan peran serta seluruh lapisan ,masyarakat untuk membantu mewujutkan program penanaman 7000 bibit pohon produktif di wilayah kami tinggal saat ini ,melalui hari menanam 1 juta pohon ini kami ingin mengajak semua unsur masyarakat di seluruh indonesia untuk membantu , karena manfaat dari gerakan ini sangat banyak selain untuk paru-paru indonesia kelak juga dapat memperbaiki ekonomi banyak kelompok masyarakat tersebut , kami bukan tidak meminta bantuan pemerintah ,karena kami sudah meminta bantuan tersebut namun tidak cukup untuk mengakomodir kebutuhan dari bibit pohon tersebut berikut surat permohonan bantuan yang kami ajukan :

983ab160d648f480c238aee2dc544e3c7f9eff79

bd5bdd9207313a7cf99045347ee0d3fca1ec517c

ea017302c943e7fc2e55d3782e1d23aff29e6630

Dengan banyaknya bibit yang kami butuhkan tidak mungkin bisa dicover semua oleh pemerintah untuk itu kami meminta bantuan dari banyak pihak untuk memberikan bantuan bibit pohon tersebut satu pohon yang anda sumbang akan sangat berarti bagi kami semua dan bagi indonesia di kemudian hari.

Lahan penanaman pohon tersebut kurang lebih 16, 3 hektar yang terbagi di beberapa wilayah di bantul :

0636ced8e1f61df4fa8cda04a5dd01636bcf685f

80d09275f105f846281d02e3f02397c474b7fab2

Dari sebegitu luas lahan yang siap tanam kami sangat banyak sekali membutuhkan bibit pohon unggulan selain untuk paru-paru indonesia kelak juga dapat bernilai lebih untuk kesejahteraan masyarakat sekitar kelak karena kelak akan menjadi kebun milik rakyat ,ditambah lagi kelak hutan buah yang akan melindungi kami semua dari Musibah banjir Yogyakarta seperti kemarin karena pohon-pohon yang besar kelak akan menjadi penahan air hujan agar tidak membanjiri desa kami.

Jenis tanaman dan Jumlah Bibit .

Program penanaman pohon ini didasarkan pada bibit pohon yang dapat ditanam di wilayah kami, yakni:

  • Durian
  • Jambu Air
  • Jambu Biji
  • Mangga
  • Sirsak
  • Rambutan
  • Sukun
  • Pala

yang masing-masing telah kami hitung jenisnya

  • Durian = 900 Batang
  • Jambu Air = 900 Batang
  • Jambu Biji = 850 Batang
  • Mangga = 2450 Batang
  • Sirsak = 350 Batang
  • Rambutan = 850 Batang
  • Sukun =300 Batang
  • Pala = 400 Batang

Bilamana ditotal semua kami membutuhkan lebih dari Rp 100.000.000 untuk membeli bibit tersebut dan untuk penanaman dan pemupukan kelompok kami siap berswadaya untuk mewujudkannya dan bila mana bantuan yang kami terima terwujud kami akan mengadakan syukuran untuk prosesi penanaman yang akan dilakukan di desa kami dengan mengundang berbagai tokoh pemerintahan.

Untuk anda yang perduli dan ingin berpastisipasi untuk menanam pohon silakan klik tombol " DONASI SEKARANG" Isi nominal donasi Lalu pilih metode pembayaran dan jadilah bagian rakyat indonesia yang peduli dengan lingkungan kita.

Untuk anda yang peduli dan ikut andil dalam program ini kami sangat menghargai dan sangat berterimakasih kepada anda semua , untuk itu bagi anda yang berdonasi dengan nominal tertentu kami akan memberikan anda kenang-kenangan yaitu :

"Menanam Untuk Masa Depan " adalah kearifan kita untuk generasi selanjutnya agar tetap bisa merasakan udara indonesia yang terbaik kalau bukan kita siapa lagi yang peduli kalau bukan sekarang kapan lagi kita akan pedui dengan nasip generasi penerus kita kelak.

Sekertariat :

Jakarta dan Bekasi : Jln taruma jaya rt02 / 12 No 141 Kecamatan Medan satria Bekasi .

Cp : Ahmad 089623352715 .

Yogyakarta : Jl Pringmayang No 44 A banguntapan bantul yogyakarta

CP : zamzami 0888 0835-9442



Wasallam

Muhammad Syaefudin
kordinator event
089623352715




Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (13)