Kitabisa! - Asupan Pangan Bergizi bagi 800 Anak Marginal
Asupan Pangan Bergizi bagi 800 Anak Marginal

Asupan Pangan Bergizi bagi 800 Anak Marginal

Rp 64.386.467
terkumpul dari Rp 100.000.000
706 Donasi 0 hari lagi
Bagian dari TaniHub

Cerita

Sahabat Anak adalah lembaga perlindungan anak berbasis volunter yang konsisten dalam memperjuangkan perlindungan dan terpenuhinya hak-hak anak, khususnya anak marginal.

Marginal sendiri merupakan anak yang mengalami diskriminasi dalam pemenuhan hak-hak normatif dan memiliki keterbatasan dalam mengakses sumber daya, sumber ekonomi, pengetahuan, dan layanan publik.

Mereka mengalami ketidakberdayaan dalam hal ekonomi, status sosial, pendidikan, bahkan terkadang fisik. Termasuk di sini adalah anak dari komunitas pemulung, manusia gerobak, keluarga miskin, dan kaum urban kota besar.

Sasaran penerima manfaat program Gerakan Sahabat Anak antara lain:

*Children of the Street

Anak jalanan murni yang menghabiskan waktunya 24 jam di jalanan: makan, tidur, bekerja, tinggal. Tidak bersekolah, tidak memiliki keluarga dan tempat tinggal atau kabur dari keluarga dan tidak kembali ke rumah.

*Children on the Street

Anak yang terpaksa bekerja di jalan karena membantu ekonomi keluarga. Anak jalanan kelompok kedua ini sebagian ada yang bersekolah, dan masih tinggal atau kembali ke keluarga/rumah.

*Children Vulnerable to be on the Street

Anak yang bergaul dengan dua kelompok di atas, yang rentan turun ke jalan oleh karena kekerasan, keinginan memiliki uang sendiri, atau ingin hidup bebas.

Perkenalkan, namanya Dwi, salah satu anak binaan Sahabat Anak

Ayah Dwi merupakan seorang supir truk. Sebelumnya, ia pun sempat ikut almarhumah ibunya mencari uang di jalanan.

Semua berubah setelah Dwi yang memiliki hobi masak ini belajar di Sahabat Anak dan mengikuti program sekolah non formal. Hingga ia menyadari bahwa pendidikan itu penting untuk masa depannya.

Dwi sangat senang menjadi binaan Sahabat Anak, karena menurutnya kakak-kakak volunter sangat peduli dan mendukung, juga teman-teman yang asik dan menyenangkan. Saat ini Dwi sedang magang di salah satu restoran yang ada di Jakarta dan berharap bisa mewujudkan cita-citanya, yakni membuka restoran.

4fe66537-ddd1-40a0-88e9-d520596e8b86.jpg

Volunter dan Program Yayasan Sahabat Anak

Sebagian besar program - seperti pendidikan nonformal, advokasi, dan kesehatan - digerakkan oleh volunter. Kampanye hak anak digaungkan setiap tahunnya melalui aneka kegiatan, metode, dan media.

Sebagian dari anak-anak yang terbina sudah kembali ke sekolah formal hingga bangku kuliah, menjadi sarjana, bekerja, dan menjadi pemimpin di komunitasnya. Mereka menduplikasi apa yang telah mereka dapatkan ke anak-anak lain yang bernasib serupa.

Sahabat Anak digerakkan oleh ratusan volunter yang dengan setia mengorbankan waktu tenaga, pikiran hingga dana pribadi. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang, pendidikan, dan ketrampilan; mulai dari siswa SMA, mahasiswa, kaum profesional, hingga ibu rumah tangga dan pensiunan.

Mereka berperan sebagai pengajar di Bimbingan Belajar atau PKA atau PAUD, membimbing dan mengkonseling adik, menggalang dana, menggelar event, menangani media sosial, melakukan sosialisasi (kesehatan dan akta lahir), mendampingi adik saat mengalami masalah hukum atau perlu penanganan di rumah sakit atau saat menjadi korban kekerasan.

Untuk memperingati Hari Perlindungan Anak Sedunia pada 1 Juni 2019, Tanihub berkolaborasi dengan Kitabisa.com akan memberikan persediaan sayur dan buah-buahan bagi 800 anak marginal dari Yayasan Sahabat Anak. Karena, semua anak berhak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. 

Kami percaya bahwa semua anak berhak mendapatkan gizi dan asupan nutrisi yang cukup dalam menunjang aktivitas untuk mewujudkan cita - citanya (hasil konvensi PBB mengenai Hak - Hak Anakーhak mendapatkan makanan bergizi.)

Begitu juga dengan Kampanye Semangat (Semarakkan Gema Tani). Lewat program kampanye #SemangatBerbagiDariHati di bulan Ramadan ini, TaniHub berharap kolaborasi ini dapat memberikan dampak sosial yang nyata kepada masyarakat dan petani lokal.

Setiap donasi Anda dapat membantu petani menyalurkan hasil pertaniannya sekaligus memberikan nutrisi yang lebih baik bagi 800 adik-adik kita di Yayasan Sahabat Anak.

Semoga gema karya petani kita dapat menjadi kebaikan bagi anak - anak Indonesia untuk mewujudkan kebaikan - kebaikan lainnya di saat ini dan nanti.

Ayo dukung bersama untuk kemandirian petani kita dan juga anak-anak Indonesia yang tercukupi gizinya!

7313b18c-6c27-4ae2-be07-8954f458dd34.jpg

Syarat dan Ketentuan Klik di sini

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (706)