Gowes Ultah Untuk Pulih
Gowes Ultah Untuk Pulih

Gowes Ultah Untuk Pulih

Rp 17.099.450
terkumpul dari Rp 26.000.000
129 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Halo, saya Akbar dan akan merayakan ulangtahun yang ke-26 tanggal 29 Desember nanti. Ketika saya kecil, saya berkespektasi bahwa menjadi dewasa adalah hal yang menyenangkan – dimana saya bebas melakukan apapun. Akan tetapi, kenyataannya sangat berbeda. Dalam setiap kebebasan yang saya dapatkan, banyak masalah pula yang ditemui.

Anda juga mungkin tak asing dengan masalah. Ada yang mudah untuk diselesaikan dan ada yang menguras energi, waktu, kesehatan, materi, dan hubungan dengan orang-orang terdekat untuk bisa dilewati. Bercermin pada pengalaman pribadi, saya merasa tahun ini merupakan salah satu fase yang menyulitkan dimana banyak hal berharga yang harus dikorbankan sebagai solusi untuk masalah yang saya hadapi. Terkadang hal ini membuat saya berharap bisa kembali ke masa kecil saja; ketika hidup hanya tentang bermain dan belajar, tidak banyak beban. 

Namun saya bersyukur bisa melalui berbagai masalah yang muncul dalam hidup saya salah satunya dengan bantuan teman-teman dan juga psikolog. Dari psikolog saya mengetahui bahwa saya mengidap ADHD. Memang sejauh ini saya memiliki kesulitan untuk bisa fokus. Saya mudah terdistraksi oleh sesuatu yang ada disekitar saya, namun ternyata hal ini justru menyelamatkan dari masalah yang berlarut. Pengalihan dari teman-teman terdekat saya membuat saya tidak terlalu berlarut dalam satu masalah.Tak terbayang rasanya jika saya tidak memiliki dukungan yang baik dan harus berkutat dengan depresi akibat berbagai masalah yang tak tuntas. 

Oleh karena itu, pada ulang tahun kali ini saya akan merayakannya dengan cara yang berbeda. Saya akan bersepeda sejauh kurang lebih 600 km dari Jakarta menuju Yogyakarta (melewati tempat dimana saya dilahirkan). Awalnya perjalanan ini hanya sebagai terapi dimana saya bisa merenung dan merefleksikan apa saja yang terjadi pada diri selama 26 tahun ini sembari bersepeda. Akan tetapi, suatu saat ketika sedang berfikir dan merenung sepanjang Depok-Ciledug menuju ke kantor, saya berpapasan dengan sebuah pemikiran. 

Pemikiran tersebut mengarah kepada berapa banyak banyaknya teman-teman yang tidak baik baik saja?, berapa banyak teman-teman diluar sana yang terbelenggu dari peliknya masalah namun tidak punya kesempatan atau belum bisa memberanikan diri untuk mengkonsultasikannya kepada psikolog. Dari sana saya rasa penasaran saya berlanjut ke pencarian data.

Menurut dokter spesialis kedokteran jiwa Teddy Hidayat (kompas.com, 2019), usia 15-29 tahun adalah usia rentan terjerat depresi. Sedihnya, hanya sekitar 9 persen atau 1.018.395 dari 10.297.105 penderita depresi yang diketahui mendapatkan pengobatan medis. Akibatnya, tak sedikit berakhir menderita depresi kronis, menjadi tidak produktif, dan tak jarang menyakiti diri sendiri bahkan berakhir bunuh diri. Masalah sekecil apapun, nyatanya, dapat menjadi momok jika tidak ditanggulangi dengan tepat. Oleh sebab itu, terbersit niat untuk mendedikasikan perjalanan ini untuk para pahlawan kesehatan mental di Yayasan Pulih.


Yayasan Pulih

Sejak tahun 2002 yayasan ini telah memberikan layanan penguatan psikososial dan pemulihan trauma . Pada mulanya pulih fokus kepada penyintas untuk mengatasi trauma dan masalah-masalah psikososial yang tengah dialami. Pendekatan yang dipakai tidak hanya pendekatan klinis tetapi juga berbasis komunitas yang tidak hanya memasukan aspek individual saja tetapi juga sosial, politik dan budaya. 

06728d1c-e04d-4fcb-a08d-d18f79a22c42.jpg

Hari ini, layanan yang disediakan Yayasan Pulih telah meluas hingga penguatan dan pemulihan trauma akibat kekerasan, konflik, bencana, dan gangguan-gangguan lainnya seperti permasalahan relasi dalam rumah tangga, tumbuh kembang anak, dan pemeriksaan psikologi secara klinis. Yayasan Pulih istimewa bagi saya karena memiliki pelayanan-pelayanan khusus bagi masyarakat tidak mampu serta perempuan dan anak yang mengalami trauma kekerasan. Di Yayasan Pulih, klien diperbolehkan membayar secara sukarela sesuai kemampuan, termasuk tidak membayar sama sekali.

Nyatanya, kerja teman-teman di Yayasan Pulih sangatlah mulia, namun juga perlu dukungan dari kita semua. Seluruh dana yang teman-teman donasikan akan menjadi hadiah ulang tahun paling berkesan bagi saya untuk mendukung operasional dan konseling gratis Yayasan Pulih. Setiap donasi yang teman-teman kirimkan juga akan menjadi tambahan energi besar bagi saya untuk terus #Gowesuntukpulih hingga sampai di Yogyakarta.
Untuk ikut berpartisipasi caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1.Klik "DONASI SEKARANG"

2.Masukan nominal donasi

3.Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Kartu Kredit)

4.Tungggu laporannya via email

sebagai apresiasi setiap donasi diatas Rp300.000 akan mendapatkan 1 buah tote bag yang saya design.

810bedf1-08fa-4785-8ae9-e37531862b37.jpg

(Tolong berikan aku nama dan alamat apabila ingin dikirimkan totebag tersebut). 

Segala pertanyaan dan update mengenai perjalanan ini dapat diakses melalui:
Instagram: @nameless_one1 dan @Yayasanpulih #Gowesuntukpulih

Akhir kata saya ingin mengucapkan banyak terimakasih bagi teman teman yang mendonasikan sebagian hartanya untuk mendukung perjalanan ini. Besar harapan saya setelah perjelanan ini selesai, semakin banyak orang terbantu oleh Yayasan Pulih dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.


Salam Hangat

Akbar Darmansyah

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (129)