Kitabisa! - Hadiah Ulang Tahun Devin untuk Hutan Indonesia
Hadiah Ulang Tahun Devin untuk Hutan Indonesia

Hadiah Ulang Tahun Devin untuk Hutan Indonesia

Rp 10.686.828
terkumpul dari Rp 10.000.000
14 Donasi 0 hari lagi
Devin Maeztri
Akun telah terverifikasi

Cerita

Bersama "Hutan Itu Indonesia" dan "KKI Warsi", mari kita #JagaHutan Indonesia, dengan cara Adopsi Pohon atau Pohon Asuh.


Saya terinspirasi oleh seorang teman, Kak Didie Diah N untuk mengadakan Birthday Fundraising. Semakin bertambah umur, semakin saya ingin memanfaatkan waktu untuk melakukan sesuatu yang bermakna. Semoga banyak teman-teman yang mendukung dan ikut menjaga hutan.

Dalam rangka mensyukuri hari lahir saya di tahun ini, bersama dengan Hutan Itu Indonesia dan KKI Warsi, saya ingin mengajak teman-teman untuk mensyukuri dan menjaga hutan Indonesia, dengan cara Adopsi Pohon atau Pohon Asuh.

Saat ini sedang viral di media sosial yaitu video tentang seekor orangutan yang melawan buldoser di Kalimantan. Orangutan tersebut seperti berusaha melindungi habitatnya dari kehancuran. Sebagai sesama mahluk hidup yang memiliki kemampuan menjaga hutan, sudah saatnya kita melakukan sesuatu untuk melindungi hutan Indonesia, rumah dari berbagai satwa langka dan asli Indonesia. Hutan tidak hanya menjadi rumah bagi orangutan tetapi juga fauna dan flora lain. Maka jika kita menjaga hutan, artinya kita juga menjaga biodiversitas di dalamnya.

Hutan di Indonesia juga berfungsi sebagai paru-paru dunia dan dapat menyerap karbon di atmosfer. Sayangnya hutan yang hancur ditebang dan diubah peruntukannya tidak hanya akan kehilangan fungsinya sebagai penyerap karbon, tetapi sebaliknya hutan akan melepaskan karbon yang tersimpan di dalam tanah dan tumbuh-tumbuhan.

Karbon yang terjebak di atmosfer tersebut akan menyebabkan pemanasan global dan selanjutnya mengakibatkan perubahan iklim. Oleh karena itu, Adopsi Pohon atau Pohon Asuh adalah salah satu cara untuk menjaga hutan tetap pada kondisi alaminya sehingga dapat menurunkan kadar karbon di atmosfer dan mengurangi dampak perubahan iklim.

29ae63f0b99e9118cab554fc8d24c302bcb9e8fc

(Hutan Adat Rantau Kermas. Doc: KKI Warsi)

Adopsi Pohon atau Pohon Asuh adalah upaya kita untuk menjaga pohon yang sudah ada. Dengan mengadopsi pohon, kita mendonasikan sejumlah uang untuk membantu masyarakat yang tinggal di sekitar hutan dalam menjaga hutan. Dana yang didonasikan antara lain untuk membiayai patroli penjaga hutan dan mendukung usaha non kayu. Melalui dukungan tersebut, diharapkan hutan dapat dikelola dengan lestari sehingga keseimbangan ekosistem dan fungsi hutan dapat terjaga dengan baik.

c2183a32f9ef7582fda66daed5811916e12d641f











(Salah satu pohon yang diadopsi di Desa Rantau Kermas Jambi, diberi penanda. Doc: KKI Warsi)

Pohon yang akan diadopsi adalah pohon sehat dengan diameter di atas 60 cm dan berada di hutan yang masih sangat lebat (primer). Berlokasi di Hutan Adat Rantau Kermas di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Hutan ini berdampingan langsung dengan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) dan merupakan habitat Harimau Sumatera. Hutan ini akan dijaga oleh Masyarakat Adat Marga Serampas.

Masyarakat Adat Serampas adalah masyarakat yang menggantungkan hidup dari kelestarian hutan. Hutan menjadi sumber kehidupan. Keberadaan hutan juga sangat penting bagi ketersediaan listrik bagi masyarakat, karena masyarakat mengandalkan listrik dari PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro). Agar aliran air di sungai tetap baik, maka keberadaan hutan adat di wilayah hulu yang menjadi penyangganya perlu dilindungi.

Upaya masyarakat adat mendapatkan listrik dari energi air adalah salah satu bentuk solusi perubahan iklim yang dapat menurunkan kadar karbon di atmosfer. Dengan menjaga hutan artinya kita membantu menjaga fungsi hutan sebagai penyedia air agar masyarakat adat dapat memanfaatkan sumber energi ramah lingkungan dan menghindari pembakaran energi fosil (batu bara, minyak dan gas bumi).

Secara turun temurun, masyarakat menjaga hutan dari para perambah yang merusak dan ingin mengubah fungsi hutan. Denda adat sudah diberlakukan. Warga yang menebang satu pohon di hutan adat, diwajibkan mengganti dengan menanam lima pohon, ditambah dengan satu ekor ayam dan beras satu gantang. Setelah ada kerjasama dengan KKI Warsi untuk program adopsi pohon, denda menjadi lebih berat, yaitu sebanyak 20 gantang dan kambing satu ekor.

51cb5e3a060cacf18cbbffd7e6f4909a55f3e547(Harimau Sumatera. Doc: KKI Warsi)

Ruang hidup harimau berkurang karena habitatnya semakin rusak. Pihak TNKS menyebutkan populasi Harimau Sumatera di dalam kawasan konservasi itu diperkirakan tinggal 150 ekor di tahun 2016. Harimau Sumatera terancam punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah mangsa, perburuan, dan pemasangan jerat. Kehadiran satwa seperti harimau, orangutan dan burung-burung sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem.


Teman-teman dapat berdonasi berapa saja dengan sukarela. Namun, fundraising ini memiliki Reward. Setiap donasi sebesar Rp 200.000, teman-teman akan mendapat 1 pohon yang akan terdata menjadi pohon adopsi (berlaku kelipatannya) selama 1 tahun. KKI Warsi akan menandai pohon yang diadopsi dan melaporkan hasil pemantauan pohon.


Target penggalangan dana ini sebesar Rp 10.000.000.

Oleh karena itu, semakin banyak dana yang terkumpul, maka semakin banyak pohon yang diadopsi. Itu artinya Hutan Adat Rantau Kermas akan lestari dan dapat menyokong hidup Masyarakat Adat Serampas, harimau beserta flora dan fauna yang ada di dalamnya, dan juga menjaga iklim untuk seluruh kehidupan di atas bumi.


Batas waktu fundraising ini adalah 10 Juli 2018.


Cara donasi sangat mudah:

  1. Klik tombol "Donasi Sekarang"
  2. Masukkan nilai donasi dan data diri
  3. Pilih metode pembayaran dan transfer

Kontak saya:
E-mail: [email protected] | Website: devinmaeztri.com


Kontak Hutan Itu Indonesia:
Website: hutanitu.id | Facebook: Hutan Itu Indonesia | Instagram: @hutanituid | Twitter: @hutanituid


Kontak Komunitas Konservasi Indonesia WARSI:
Jl. Inu Kertapati No. 12 RT 10 Kel. Pematang Sulur
Kecamatan Telanaipura Jambi 36124
Phone: +62 741 66678 / +62 741 66695
Fax: +62 741 670509
Website: www.warsi.or.id | www.pohonasuh.org
Facebook: @kkiwarsi | Twitter: @kkiwarsi | YouTube: kki warsi


Semoga teman-teman dapat berdonasi dan menyebarluaskan informasi ini atau mengajak lebih banyak orang untuk berbagi dengan hutan Indonesia. Semoga apa yang kita donasikan dapat menjadikan hutan lestari, masyarakat sejahtera, dan bumi berseri.

Mohon juga dukung Petisi #JagaHutan dan Petisi #BebasEnergiFosil.

Salam #jagahutan dan terima kasih!

Devin

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (14)