Kitabisa! - Bantu Sekolah Pengungsi di Jakarta!
Bantu Sekolah Pengungsi di Jakarta!

Bantu Sekolah Pengungsi di Jakarta!

Rp 29.502.390
terkumpul dari Rp 15.000.000
83 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Halo! Saya Shaffira, sukarelawan di HELP (Health, Education, and Learning Program) for Refugees Indonesia. HELP for Refugees adalah rumah belajar yang diinisiasi oleh dua pengungsi asal Afghanistan, Mohammad Baqir Bayani dan Kalsoom Jaffari, dan dijalankan secara mandiri oleh tim sukarelawan yang mayoritas berasal dari komunitas pengungsi, di bawah pengawasan Yayasan HELP Indonesia.

d1375d21-78ce-480c-97ac-a0ac3fdafd02.jpg

Terdapat sekitar 13.800 pengungsi dan pencari suaka di Indonesia yang terpaksa lari dari negara-negara perang dan konflik, seperti Afghanistan, Somalia, Sudan, Iraq, dan Myanmar. 

Meskipun di Indonesia para pencari suaka dan pengungsi hanya "transit" menunggu penempatan suaka dari UNHCR (Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi) di negara lain, namun mayoritas para pengungsi sudah menunggu sekitar 4-5 tahun di Indonesia tanpa kepastian dari negara yang dapat menerima mereka.

Di Indonesia, para pencari suaka dan pengungsi tidak boleh bekerja, tidak diperbolehkan menetap, tidak mendapatkan bantuan pemerintah, dan umumnya tidak dapat mengakses pendidikan formal seperti sekolah dan universitas.

Selama di Indonesia, para pengungsi dan pencari suaka yang masih usia produktif dan anak-anak hidup tanpa kepastian akan masa depan mereka, menyebabkan rasa keputusasaan dan depresi. 

Pengungsi dan pencari suaka adalah korban persekusi, konflik berdarah, dan perang 

sehingga umumnya TIDAK BISA pulang ke negara asal mereka dengan aman.

ef427483-1fe6-412e-ba22-8ce9da853b81.jpg

Dalam waktu setahun sejak didirikan pada bulan September 2017, HELP for Refugees telah memberikan harapan kepada lebih dari 150 pengungsi dari sekitar 12 negara yang bermukim di Jakarta. 

Rumah belajar HELP memberikan pendidikan informal secara gratis kepada pengungsi anak-anak, remaja, dan dewasa, untuk membantu mereka bertahan selama di Indonesia. Namun HELP for Refugees yang seluruhnya dibiayai oleh donasi individual dan lembaga, saat ini tengah menghadapi kesulitan finansial dan mengharapkan bantuan dari teman-teman agar dapat bertahan memberikan layanan pendidikan.

Per bulannya, HELP for Refugees membutuhkan biaya sekitar Rp 15.000.000 untuk biaya sewa bangunan, materi & kurikulum pendidikan, alat tulis, dan transportasi. 

Yuk dukung akses pendidikan para pengungsi di Jakarta dengan membantu keberlanjutan rumah belajar HELP for Refugees! Berapapun bantuan Anda akan sangat berarti!

e22f4198-a55b-4e02-805a-f61ec2cef81f.jpg

Untuk informasi lebih lanjut tentang HELP for Refugees, silakan mengakses:

Website www.help4refugees.or.id
Facebook facebook.com/@helpforrefugees.id
Instagram @helpforrefugees

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (83)