Kitabisa! - Renovasi Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea - Bogor
Renovasi Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea - Bogor

Renovasi Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea - Bogor

Rp 28.980.418
terkumpul dari Rp 2.000.000.000
107 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Salam kebajikan, Wei De Dong Tian

Zhu Ni Hao

Sudah berdiri sejak tahun 182, Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Ciampea Bogor merupakan salah satu kelenteng tertua di Indonesia.

Kelenteng sejatinya berfungsi sebagai tempat penghormatan kepada para leluhur dan Shin Beng bagi masyarakat Tionghoa. Namun demikian, pada perkembangannya kelenteng tidak hanya menjadi tempat ibadah saja, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya bagi masyarakat Tionghoa.

Sebagai tempat ibadah, kelenteng merupakan tempat ibadah bagi pemeluk ajaran Tridharma, yakni Khonghucu, Budha, dan Tao.

Pada masa orde baru, tepatnya sejak 1967, masyarakat Tionghoa banyak mengalami tekanan. Salah satunya dengan dilarangnya adat istiadat Tionghoa. Hal ini berakibat mati surinya beragam kegiatan baik kegiatan keagamaan mau pun kegiatan sosial yang seharusnya terselenggara di lingkungan kelenteng.

Tekanan tersebut baru hilang ketika Presiden Gus Dur mencabut Inpres 14/1967 dan menghilangkan tindakan diskriminatif yang banyak dikenakan pada masyarakat Tionghoa selama orde baru.

Masyarakat Tionghoa, kembali bersemangat dalam melaksanakan beragam aktivitas. Sejak diakui hak-hak sipilnya, masyarakat Tionghoa Indonesia segera berbenah diri agar fungsi kelenteng dapat kembali melayani umat lebih baik.

Di Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea Bogor, memiliki unat berjumlah lebih dari 2000 orang, yang datang untuk beribadah dan menjalankan ritual keagamaan dan budaya.

Berdasarkan perkembangan tersebut, kini Kelenteng Hok Tek Bio merasa sangat perlu untuk mengembangkan fasilitas yang ada. Gedung MAKIN kini dirasa sudah kurang memadai karena kondisinya yang memang sudah semakin dimakan usia.

Karena itulah, para pengurus Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea memiliki rencana untuk merenovasi bangunan tersebut.

Rencananya, bangunan tersebut akan ditingkatkan menjadi dua lantai. Lantai 1 akan digunakan sebagai ruang serba guna yang dapat digunakan baik oleh umat Buddha, Khonghucu dan Tao mau pun umat Tionghoa dari agama lainnya untuk berbagai kegiatan seperti resepsi pernikahan, seminar, penyuluhan, dll.

Sedangkan lantai 2 akan digunakan untuk tempat belajar agama, tempat ibadah, dan juga akan diadakan sebuah perpustakaan.

Dibutuhkan biaya sekitar Rp. 2 Milyar untuk memenuhi harapan tersebut.

Untuk itu Pengurus Keleteng Hok Tek Bio Ciampea Bogor, mengajak bapak, ibu, para koko, cici, teman-teman, hopeng dan masyarakat yang peduli dan sepaham dengan cita-cita tersebut, untuk dapat berpartisipasi dengan memberikan donasi.

Berapapun nilai donasi anda akan sangat berharga sekali. Tidak ada jumlah minimal untuk sumbangan yang dapat diberikan. Namun demikian, kami menyediakan reward khusus sebagai berikut:

Untuk sumbangan sebesar Rp. 1.000.000, kami akan ukir nama donatur di atas granit yang akan kami tempelkan di dinding sisi sebelah kanan di dalam ruang serba guna (lantai 1).

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut, anda dapat mengirmkan sms/WA ke: 0819 320 58580 atau ke email [email protected]

Terimakasih atas dukungan bapak, ibu, para koko, cici, dan teman-teman donatur dimanapun anda berada.

Semoga jasa dan kebajikan yang diberikan akan segera membuahkan keberkahan dari Shang Di, Tian Ti Kong, para Shen Ming, dan para leluluhur. Shanzai.

Salam Kebajikan,

Pengurus Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Ciampea, Bogor

https://kitabisa.com/hoktekbio

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (107)