Peduli Narapidana Hamil dan Anak Dalam Penjara
Peduli Narapidana Hamil dan Anak Dalam Penjara

Peduli Narapidana Hamil dan Anak Dalam Penjara

Rp 13.934.195
terkumpul dari Rp 1.534.600.000
260 Donasi 49 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

Bangun lihat jeruji besi, tidur lihat jeruji besi, bermain dalam jeruji besi, hidup terkekang, diperlakukan sama seperti narapidana.

aa4befb8-91cc-453e-9c16-e2ea0da23630.jpg

Pernahkah terfikir oleh kita bahwa banyak anak-anak yang menjadi korban terselubung dalam penjara? Ya, anak-anak yang lahir dari seorang ibu narapidana dan terpaksa dibesarkan dalam penjara karena tidak ada keluarga diluar penjara yang mampu atau tidak bersedia untuk membesarkan anak-anak tersebut selama Ibunya menjalani masa hukuman dalam penjara.  

Setiap tahun diperkiran sedikitnya 2% dari jumlah perempuan masuk penjara di Indonesia adalah perempuan hamil. Pada tahun 2018 jumlah narapidana perempuan adalah 14.300 orang, diperkirakan sedikitnya sekitar 300 orang dalam keadaan hamil. 

Para narapidana hamil ini  mengalami berbagai penderitaan selama menjalani masa kehamilan. Kondisi sel yang kurang layak,  asupan gizi yang kurang, akses kesehatan yang terbatas, hak kesehatan reproduksi yang terabaikan, ditambah stress menjalani proses hukum dan  masa hukuman. Sebagian besar para perempuan ini tidak mendapatkan dukungan materi dan moril dari  keluarga diluar penjara, mereka harus berjuang sendiri untuk membiayai hidup mereka dalam penjara yang pada mumnya dengan menjadi buruh cuci pakaian. 

Anak-anak yang lahir dalam penjara diperbolehkan tinggal bersama dengan Ibunya hingga usia dua tahun. Namun Lapas maupun Rutan belum menyediakan fasilitas khusus untuk perawatan dan tumbuh kembang anak-anak ini. Ibu mereka harus berjuang sendiri menyediakan kebutuhan mereka. Anak-anak ini diperlakukan seperti narapidana yang harus tinggal dalam sel, kehilangan kebebasan sebagai seorang anak, merasakan stress  yang dialami oleh Ibunya. Pergaulan mereka sehari-hari adalah dengan para narapidana dan melihat perilaku yang tidak baik untuk anak se-usia mereka. Hampir 90% anak-anak ini menjadi korban kekerasan.

Oleh karena itu kami dari Lam Horas Production berfikir bahwa penting untuk membuat film tentang mereka. Hal ini sangat penting supaya masyarakat mengetahui tentang keberadaan mereka yang memprihatinkan.  Melalui film ini diharapkan meningkatkan kepedulian, membuka diskusi baru, mengagitasi penonton untuk mencari solusi yang lebih baik terhadap permasalahan ini, dan yang lebih penting lagi adalah diharapkan dapat membawa harapan baru bagi anak-anak yang terpaksa lahir dan dibesarkan dalam penjara. Melalui film ini diharapkan ada perhatian yang lebih baik dari Negara. Film ini tidak bertujuan untuk menyalahkan pihak manapun.

Selain itu dana yang kami dapatkan juga akan dipakai untuk membantu menyediakan kebutuhan para narapidana hamil dan anak-anak yang terpaksa lahir dan dibesarkan dalam penjara berupa popok, susu formula untuk bayi dan ibu hamil, makanan bayi, pakaian, dan mainan anak-anak.

Lam Horas Production adalah sebuah komunitas pekerja film yang menyumbangkan tenaga dan pemikiran mereka untuk membuat film dengan tujuan kemanusiaan bukan untuk komersil. Film yang telah dan akan dibuat berfokus pada isu dan  cerita yang berhubungan dengan kaum minoritas terutama perempuan, anak dan disabilitas. Sumber pendanaan pembuatan film adalah secara independent.

Kami sudah menyelesaikan proses produksi ( shooting selama enam bulan di empat penjara), namun kami masih kekurangan dana untuk menyelesaikan proses paska produksi (editing)  dan outreach. Kami ingin melakukan outreach keseluruh Indonesia untuk meningkatkan kepedulian (raising awareness).

3140a723-6b83-4a38-92e7-a46bc496bc74.jpg

Kami akan sangat berterimakasih jika ada orang baik yang tergerak hati untuk membantu kami. Oleh karena itu ucapan terimakasih kami akan diberikan dalam bentuk mencantumkan nama pendonasi di credit title film dengan kriteria sebagai berikut :

Rp 100,000 - Rp 900,000

Credit title di film sebagai “Terimakasih kepada” baik untuk personal maupun lembaga / organisasai / perusahaan. 

Rp 1,000,000 - Rp 9,900,000

Personal : credit title di film sebagai “Terimakasih kepada" , mendapatkan merchandise, di undang saat premier film. 

Lembaga : credit title "Terimakasih kepada (nama lembaga / organisasi / perusahaan)“, mendapatkan merchandise, di undang pada saat premier film. 

Rp 10,000,000 - Rp 25,000,000

Personal : credit title di film sebagai "Produser", diundang pada saat premier flm dan mendapatkan merchandise. 

Lembaga : credit title " supported by (nama lembaga/organisasi / perusahaan), di undang pada saat premier film dan mendapatkan merchandise. 

Rp 26,000,000 - Rp 50,000,000

Personal : credit title di film sebagai “ Associate Producer", di undang pada saat premier film dan mendapatkan merchandise.

Lembaga : credit title " supported by (nama lembaga/organisasi / perusahaan), di undang pada saat premier film dan mendapatkan merchandise. 

Rp 51,000,000 – 99,000,000

Personal : credit title di film sebagai “Associate Producer", dibuatkan video durasi 2 menit (ucapan selamat ulang tahun, happy anniversary, dll dari donatur kepada orang lain), di undang pada saat premier film, dan mendapatkan merchandise). 

Lembaga : credit title "supported by (logo lembaga/ organisasi / perusahaan)", di undang pada saat premier film dan mendapatkan merchandise

Rp 100,000,000 – tak terhingga

Personal : credit title di film sebagai “Associate Producer", dibuatkan video durasi 5 menit (ucapan selamat ulang tahun, happy anniversary, dll dari donatur kepada orang lain), di undang pada saat premier film, dan mendapatkan merchandise). 

 Lembaga : credit title "supported by (logo lembaga/ organisasi / perusahaan)", mencantumkan nama dan logo lembaga pada backdrop screen saat  premier, di undang pada saat premier film dan mendapatkan merchandise . 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui telp, WA dan akun sosial media :

Telp / WA    : 0821 2279 1242

Facebook / Instagram : @Lamhorasproduction

Jika ingin membantu bisa dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut peduli.

TERIMAKASIH :)

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (260)


Fundraiser