Kitabisa! - Jamban dan TPA untuk Desa Mekarmanik
Jamban dan TPA untuk Desa Mekarmanik

Jamban dan TPA untuk Desa Mekarmanik

Rp 5.059.176
terkumpul dari Rp 10.000.000
27 Donasi 0 hari lagi

Cerita

[Jamban dan TPA untuk Desa Mekarmanik]

Desa Mekarmanik, merupakan salah satu Desa di Kabupaten Lebak, Banten, yang belum banyak tersentuh oleh pemerintah. Jauhnya letak desa dari pusat kota membuat desa ini memiliki keadaan jalan dan akses yang sulit. Selain sulitnya jalan dan akses, kesulitan yang dihadapi warga Desa Mekarmanik adalah tidak bisa merasakan kehidupan dengan lingkungan yang bersih dan sehat. Tidak adanya tempat pembuangan sampah menyebabkan sungai menjadi rumah terakhir bagi sampah-sampah yang dihasilkan oleh warga di desa ini. Sungai juga menjadi pilihan warga untuk membuang air besar karena tidak adanya jamban.

Lalu bagaimanakah cara mereka melakukan kegiatan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) jika tidak memiliki jamban atau kamar mandi? Air sungai yang tercemar oleh sampah menjadi jawabannya. Aktifitas warga yang dilakukan di sungai menyebabkan berbagai penyakit seperti diare mudah dijumpai di Desa ini. Hingga saat ini, tidak adanya jamban dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) membuat warga menjadikan sungai sebagai tempat membuang air besar serta tempat pembuangan sampah.

Kami tim K2N UI 2017 yang ditempatkan di Desa Mekarmanik, mengajak #orangbaik untuk mewujudkan pembangunan Jamban dan TPA di Desa Mekarmanik agar warga Desa Mekarmanik dapat merasakan kehidupan dengan lingkungan yang bersih dan sehat.


Tim Desa Mekarmanik, Lebak, Banten

K2N UI 2017

Bersama Masyarakat Memberi Manfaat

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (27)