Javan Rhino Expedition
Javan Rhino Expedition

Javan Rhino Expedition

Rp 4.201.624
terkumpul dari Rp 352.384.000
52 Donasi 0 hari lagi


Cerita

deebf5b8-e3b9-40ac-bab0-6e6298d591b4.jpg


The Story 

Badak Jawa saat ini merupakan salah satu mamalia terrestrial terbesar dan paling terancam keberadaannya di dunia. Tidak ada Badak Jawa di kebun binatang manapun. 

Menurut data terakhir dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon, populasi badak Jawa saat ini hanya berjumlah 68 ekor dengan rasio 31 ekor betina dan 37 ekor jantan.

Terlepas dari telah majunya teknologi yang ada, kondisi kehidupan badak jawa hingga saat ini masih menyimpan banyak pertanyaan. Banyaknya ancaman mulai dari Natural disaster seperti Tsunami yang terjadi tahun 2018 hingga dinamika populasi serta ancaman External yaitu aktivitas manusia seperti perburuan dan perambahan, masih membayangi eksistensi Badak Jawa sampai pada hari ini.

Javan Rhino Expedition “Surviving in Silence” adalah sebuah perjalanan untuk menelusuri dan merekam kehidupan Badak Jawa di habitat terakhirnya, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). 


Tak hanya menghimpun cerita tentang spesies endemik yang eksotis ini, kisah-kisah menarik dan inspiratif dari masyarakat lokal dan manusia-manusia konservasi yang menjadi penyangga kehidupan kawasan di ujung barat pulau Jawa ini pun turut dikumpulkan.Ekspedisi ini diharapkan dapat menyuarakan hal-hal yang mungkin selama ini kurang terdengar—tentang mereka yang bertahan dalam kesunyian.

016b2273-6f5c-468a-b6e1-225965e771d1.jpg

[VIDEO TEASER]

Tonton Teaser Video Javan Rhino Expedition di halaman Youtube Kami :

atau dengan klik link  [Teaser] Javan Rhino Expedition 2019 !

Project Goal 

  1. Mengadakan Ekspedisi ke Taman Nasional Ujung Kulon, Indonesia, untuk melakukan pendokumentasian kehidupan mamalia terlangka Badak Jawa di alam liar, berupa foto dan video high resolution dan membagikan cerita perjalanan serta usaha inspiratif tentang konservasi dari masyarakat Indonesia di dalamnya kepada dunia untuk menggalang penyadartahuan tentang bagaimana kondisi dan keberadaan badak jawa dari berbagai ancaman yang ada.
  2. Melakukan Pameran karya audio visual yang diciptakan pada proyek ini di Jakarta, untuk mendukung aksi konservasi Badak Jawa di Dunia. Pameran Pertama akan diadakan pada tanggal 28 Maret 2020 saat Earth Hour sebagai bagian dari issue konservasi dunia. Kami akan memberikan update lebih lanjut mengenai waktu dan tempat pelaksanaan acara. 
  3. Meyebarkan issue second habitat sebagai upaya konservasi Badak Jawa yang sampai saat ini belum teralisasi.
  4. Memberikan opsi kepada para pendukung untuk mendapatkan cetakan foto High Quality dari Badak Jawa.

Mengapa Badak Jawa Terancam Punah ?

cc191f2b-14eb-4606-9e00-14cf3bdd5880.jpg

Rencana Kegiatan 

  1. Produksi - Taman Nasional Ujung Kulon merupakan banteng terakhir dari keberadaan 68 Individu badak jawa. Tim Ekspedisi akan melakukan perjalanan kedalam zona Inti taman nasional selama 15 hari, melakukan
    pemasangan camera trap
    yang telah dimodifikasi dan menggunakan beberapa metode untuk dapat berjumpa dengan badak jawa. Kaidah kaidah pendokumentasian dilakukan dengan baik untuk menjaga alam serta tidak tergangunya badak jawa di rumahnya. Selepasnya dari dalam hutan, tim akan
    melakukan pendokumentasian cerita inspiratif di daerah zona penyangga yaitu di desa desa sekitar Taman Nasional Ujung Kulon, untuk memperkenalkan upaya konservasi dari masyarakat dan pemerintah.
  2. Post - Productuon - Tim JRE akan mengemas karya yang dihasilkan menjadi 2 output yaitu Buku Foto Perjalanan dan Film Dokumenter. 871ce8ea-b768-461a-ba98-6545a0332ff9.jpg
  3. Pameran - Pameran dilakukan bukan hanya sebagai bentuk pertanggungjawaban dari creator kepada masayarakat
    luas, namun juga upaya untuk menyuarakan kembali issue konservasi Badak Jawa. Pameran karya foto dan video akan dilakukan di daerah perkotaan seperti Jakarta, untuk mengarah pada penyadartahuan masyarakat urban yang aktif dalam penggunaan teknologi media social dan
    diharapakan dapat menjadi jangkauan lebih jauh tentang issue ini kepada dunia. 
    Diisi dengan berbagai sektor budaya masyarakat asli ujung kulon dari kuliner hingga entertain, menjadi pendekatan yang cukup tepat untuk mengkomunikasikan issue Badak Jawa.

Kami Yang Terlibat 

913dfac1-9f46-468d-906f-fc7d8be50a78.jpg


  • David Hermanjaya - (Videographer & Coordinator Program)
  • Gita Alvernita - (Veterinarian & Copyrwriter)
  • Anjani Mutter - (Creative Digital Content & Marketing) 

Resiko dan Tantangan 

  1. Cuaca – resiko musim hujan akan terjadi di lapangan sehingga akan membuat pergerakan dan proses pendokumentasian membutuhkan treatment khusus untuk tetap bergerak dalam parameter normal, dan tidak diharapkan berubah.
  2. Cedera – berkegiatan di alam liar memeiliki resiko cedera yang tinggi. Baik dari medan perjalanan, penyakit yang mengintai, maupun serangan hewan liar dalam menjaga territorial. Oleh Karena itu semua, kami akan membawa P3k dan memastikan semua crew mendapatkan
    vaksinasi yang diperlukan.
  3. Peralatan – Hutan Ujung Kulon merupakan hutan hujan tropis Indonesia, oleh karena itu resiko kerusakan pada fungsi peralatan menjadi focus kami. Dari kelembaban yang tinggi hingga kerusakan yang akan ditimbulkan oleh badak sendiri , secara keseluruhan segala perlatan akan dikemas dengan aman, hal ini dilakukan guna meminimalisir resiko kerusakan alat sebanyak mungkin.
1d474264-0d2a-4abc-97be-b937dbbfae88.jpg

Cost 

Untuk mendapatkan gambar dan cerita yang terbaik akan muncul berbagai tantangan salah satunya dengan biaya kegiatan. Berikut adalah rincian biaya projek, sehingga anda dapat ,melihat kontribusi dari apa yang anda biayai.

1922f75c-aeaa-4892-8168-89e97e79a948.jpg

REWARD!

Ayo berperan serta ! dengan memberi dukungan kepada kami dalam kegiatan pelestarian Badak Jawa, berikut adalah beragam penghargaan yang dapat kami berikan kepada kalian manusia konervasi : 

  • Menuliskan nama anda pada Film dan buku foto yang kami produksi, serta pada ruang pameran. ( berlaku untuk semua pendukung )
  • Memberikan update kegiatan pada pendukung setiap bulan selama proyek ini berlangsung. (berlaku untuk semua pendukung )
  • Memberikan Souvenir berupa miniature Badak Jawa, hasil dari kerajinan masyarakat local Ujung Kulon. mohon konfirmasikan pada kami untuk proses pengiriman. ( berlaku untuk semua pendukung )

SPECIAL REWARD!

  • Dengan memberikan dukungan senilai Rp. 500.000 ( Lima Ratus Ribu Rupiah ) anda telah menyediakan 20 bibit tanaman pakan Badak Jawa yang siap ditanam dalam program restorasi Taman Nasional Ujung Kulon.
  • Menerima cetakan High Quality foto Badak Jawa , Berlaku bagi para pendukung yang memberikan dukungan senilai Rp. 3.000.000 ( Tiga Juta Rupiah ) keatas. Ukuran Foto A2 (42.0 x 59.4cm, 16.53
    x 23.39 inches).
  • Menerima cetakan gambar eksklusif dari Behind The Scene Ekspedisi untuk para pendukung yang memberikan dukungan senilai Rp. 1.500.000 ( Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) Ukuran Foto A2
    (42.0 x 59.4cm, 16.53 x 23.39 inches)

AKHIR KATA DAN TURUN TANGAN SECARA FREE!

Terimakasih telah menyediakan perhatian untuk melihat video dan membaca ulasan projek ini. Apabila anda tidak merasa cukup mampu untuk meyumbang secara materi terhadap kegiatan ini, kami akan sangat menghargai upaya anda untuk membagikan link page ini ke dalam media social yang anda miliki.
Ini adalah cara terbaik untuk memberikan support kepada kami agar proyek konservasi ini dapat berjalan.

Karena kita tidak diam. Bergerak untuk Badak Jawa di Indonesia.

Jumpai kami di : 

@Javan_Rhino_Expedition
Javanrhinoexpedition@gmail.com
Rhino Team
+62 856-8112-944
+62 857-1984-9496 (Anjani Mutter)

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler

Maaf terjadi kesalahan. Cobalah beberapa saat lagi. Coba lagi


Donasi (52)


Fundraiser