Peduli bersama membantu UMKM pasca Covid-19
Peduli bersama membantu UMKM pasca Covid-19

Peduli bersama membantu UMKM pasca Covid-19

Rp 16.400.853
terkumpul dari Rp 500.000.000
42 Donasi 27 hari lagi


Cerita

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap semua kehidupan, termasuk sektor UMKM. Akibat Pembatasan Sosial Besar-besaran (PSBB) sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19, banyak UMKM yang terkena dampaknya. Pendapatan menurun drastis, tidak adanya pesanan, tidak dapat membayar gaji pegawai, hingga tidak mampu melanjutkan produksi karena sudah tidak memiliki modal usaha. Para pelaku UMKM ini harus menghadapi tantangan bagaimana tetap menjalankan usahanya dan mencari nafkah untuk keluarga. 

Salah seorang pelaku UMKM yang berjuang di tengah pandemi adalah Pak Dani, pemilik usaha seprei dan bed cover di Soreang Bandung. Pandemi Covid-19 mengakibatkan drastisnya penurunan pesanan dan penjualan. Sementara beliau masih tetap harus memberikan pekerjaan bagi penjahit-penjahitnya yang merupakan penduduk setempat di wilayah kampung Soreang. Pak Dani pun beradaptasi dengan kondisi saat ini dan beralih memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas Kesehatan. 

Ibu Santi Sugiarti pemilik usaha kaos jersey di Bandung memiliki kisah yang mirip dengan Pak Dani. Beliau terpaksa menghentikan produksi kaos jerseynya dan beralih menjahit masker kain. Hal serupa juga terjadi pada Pak Radianto, pemilik usaha sweater yang biasanya menjadi pemasok untuk toko-toko di Pasar Tanah Abang Jakarta, Pasar Kapasan Surabaya, dan beberapa pasar lainnya. Saat ini Pak Radianto mau tidak mau menutup usahanya karena tidak adanya pesanan, akibatnya pendapatannya pun menurun. 

Bukan hanya UMKM di bidang garmen yang terkena dampak pandemi Covid-19. Sektor makanan pun terkena imbasnya.  Kondisi inilah yang dialami Pak Dede, produsen Kizz Tempe, penurunan omset beliau alami selama pandemi. Masih banyak pelaku UMKM di tanah air yang saat ini terus berjuang mempertahankan usahanya di tengah wabah Covid-19. 

Sekarang saatnya kita berpartisipasi membantu pelaku UMKM di Indonesia terus berkarya. Berikan donasi terbaikmu agar kita dapat memesan hasil produksi pelaku UMKM berupa APD, masker kain, pakaian, atau makanan. Hasil produksi UMKM ini nantinya akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat berarti untuk mereka. 

Program penggalangan dana agar UMKM terus berkarya ini merupakan hasil kerja sama kitabisa.com dengan Kaya.ID, sebuah bisnis inkubator yang memiliki visi mengembangkan UMKM di Indonesia.  

Salurkan bantuanmu demi berikan bantuan untuk sesama dengan cara:

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GOPAY/LinkAja/JeniusPay/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran
Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (42)