Kitabisa! - Kebebasan Ratusan Orangutan
Kebebasan Ratusan Orangutan

Kebebasan Ratusan Orangutan

Rp 23.196.119
204 Donasi hari lagi
Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation
Akun telah terverifikasi

Cerita

Misi Kebebasan Ratusan Orangutan masih berlanjut

Setelah berhasil melepasliarkan 75 orangutan di tahun 2017,tahun ini kami kembali mentargetkan untuk melepasliarkan 100 orangutan agar dapat meraih kebebasan mereka di alam liar. Salah satunya adalah memindahkan Alba dan ketiga sahabatnya ke pulau pelepasliaran.

94e230ca1ac62155224237ea0f1e9334b5c17e9d

Alba, satu-satunya orangutan albino diselamatkan oleh BOS Foundation dengan kondisi yang menyedihkan. Ia mengalami stres, dehidrasi, lemah, menderita infeksi parasit, dan tidak menunjukkan nafsu makan yang sehat. Selama beberapa hari pertama tinggal di Pusat Reintroduksi Orangutan kami di Nyaru Menteng, ia hanya mau makan tebu. Saat kedatangan, orangutan yang sangat langka ini segera ditempatkan di bawah pengawasan penuh dan diberikan perawatan intensif dari tim medis kami selama 24-jam sehari di dalam fasilitas karantina yang remang-remang, karena ia sangat sensitif terhadap cahaya matahari.

Setelah beberapa hari perawatan khusus dari tim medis kami, Alba mulai menerima lebih banyak variasi makanan, seperti buah-buahan dan susu. Kondisinya berangsur membaik dan setelah sepuluh hari perawatan, berat badannya telah bertambah 4,5 kilogram.

fa0eac76327af2ef712766b66504dce2002d593a

Alba akan dilepasliarkan bersama dengan 3 orangutan lain di sebuah areal berhutan seluas 10 hektar. Adapun orangutan lainnya, yaitu Radmala (betina, usia 4 tahun), Kika (betina, 6), dan Unyu (jantan, 4). Mereka semuanya telah dikondisikan untuk bergaul dengan Alba dan sejauh ini menunjukkan penerimaan yang baik. Ketiganya juga menunjukkan perilaku liar dan kami kategorikan sebagai semi-liar.

Kelak di areal tersebut, Alba dan teman-temannya ini akan dipantau dan dijaga sepanjang waktu oleh staf yang akan melakukan patroli teratur keliling pulau sekaligus mengumpulkan data kesehatan dan perilaku ketiganya. Selain itu, staff kami akan mencatat para orangutan yang mendatangi panggung tempat pemberian pakan (feeding platform) yang menyediakan asupan makanan tambahan, dua kali dalam sehari.

02d1ddae006cdf06167e4cbb73eef406bf982cf9

Proyek pengerjaan di pulau tersebut saat ini berlangsung cepat dan hampir selesai. Kanal yang berfungsi sebagai pembatas alam telah kami rampungkan di akhir 2017 lalu (lihat gambar di atas). Sementara fasilitas keamanan dan monitoring saat ini tengah dikerjakan, yang kami harapkan bisa selesai di akhir Februari mendatang. Bagaimanapun, masih ada kesempatan untuk memberi donasi bagi pembangunan pulau Alba. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk konstruksi feeding platform dan pos-pos keamanan serta pengadaan kebutuhan sehari-hari Alba dan teman-temannya di sana. Dengan bantuan kalian semua, Alba dan teman-temannya akan bisa mengembangkan sisi liarnya di pulau suaka tersebut. Kami berharap untuk bisa memindahkan Alba selambat-lambatnya di bulan Juni 2018.

Masih ada ratusan orangutan harus kita bebaskan!

Saatnya Anda berpartisipasi dan dukung secara langsung kebebasan Orangutan.

Karena dengan membebaskan orangutan berarti kita telah memberikan kesempatan satwa ini untuk melanjutkan fungsi ekosistemnya dalam menjaga hutan untuk kehidupan manusia dan spesies-spesies lain didalamnya


Untuk informasi lebih lanjut:

Website: www.orangutan.or.id

Telepon: 0251-8314468

Email: [email protected]

Alamat: Jl.Kumbang No. 31 Bogor 16128, Jawa Barat, Indonesia

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (204)