Kemah Literasi Pertama Anak Pedalaman Kalimantan
Kemah Literasi Pertama Anak Pedalaman Kalimantan

Kemah Literasi Pertama Anak Pedalaman Kalimantan

Rp 2.254.877
terkumpul dari Rp 25.160.000
10 Donasi 0 hari lagi


Cerita

“…anak-anak yang tidak terdidik di Republik ini adalah "dosa" setiap orang terdidik yang dimiliki di Republik ini. ”. -  Anies Baswedan

Halo #OrangBaik,

Perkenalkan, Saya Muhammad Jumani, pemuda biasa yang lahir dan tumbuh besar di Handil Bakti, desa yang dulunya miskin dan sunyi tetapi kini sudah menjadi sebuah kelurahan maju dan ramai di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Tuhan sepertinya belum siap meluluskan mata pelajaran kehidupan saya dan memutuskan memberikan “remedial”. Sehingga di tahun 2014 Ia menempatkan saya di sebuah desa terpencil di pedalaman Kalimantan, 400 kilometer jauhnya. Tidak hanya memisahkan saya dari orang tua dan tempat kelahiran, takdir ini juga seolah memutuskan saya dari peradaban.

9dd917de-c686-4edf-bd6d-da14e835188f.jpg

Akses Jalan Yang Sulit, Tanpa Sinyal dan Listrik.

Meninggalkan segala kenyamanan, berada di tengah masyarakat Dayak di pedalaman Kalimantan Tengah tepatnya di Desa Tumbang Baraoi seolah mengembalikan ingatan saya pada masa lalu, masa-masa sulit kehidupan seorang Muhammad Jumani kecil. Tanpa listrik dan sinyal serta jauh dari hiruk pikuk dunia luar membuat kami saat itu benar-benar hidup dalam “kegelapan”.

Saat itulah saya sadar, Tuhan barangkali ingin mengingatkan diri ini agar bersyukur dengan cara tidak melupakan mereka, anak-anak yang ada di sini dan saat ini sama nasibnya. “Orang sukses sesungguhnya adalah orang yang mampu mensukseskan orang lain”, mungkin itulah pesan-Nya.

6d83a0f9-0a67-43bf-950f-871f64630fa5.jpg

Para Pejuang Aksara Anak Pedalaman

Ingatan akan masa lampau hanyalah satu di antara beberapa alasan yang akhirnya membuat hati saya terpanggil untuk mendirikan Taman Baca Baraoi. Sebagai pemuda yang berasal dari anak petani miskin yang akhirnya juga mampu mengecap pendidikan di perguruan tinggi saya juga merasa punya tanggung jawab, sebagaimana quote mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Pak Anies Baswedan :

“Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdididik”.

Tidak terasa tahun ini telah memasuki tahun ke 5 saya bersama tim Taman Baca Baraoi Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) mengabdi untuk masyarakat melalui kegiatan literasi. Menghadirkan ribuan buku dan berbagi ilmu pengetahuan bagi tidak hanya di Desa Tumbang Baraoi tetapi juga desa-desa lainnya di Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan.

59e11203-4c18-4e38-8ad7-119a9f58563d.jpg

Membangun Semangat Literasi

Saya dan tim ingin menjaga semangat literasi itu tetap melangit, tidak hanya pada diri para relawan tetapi juga anak-anak di seluruh desa di Kecamatan Petak Malai yang telah merasakan pengaruh positif kegiatan Taman Baca Baraoi. Maka dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 dan HUT Taman Baca Baraoi yang ke 5 pada Agustus nanti, Kami ingin mempertemukan mereka, anak-anak terpilih dari seluruh desa di Kecamantan Petak Malai berkumpul dan berbagi keceriaan dan pengetahuan dalam sebuah pesta kecil yang kami namakan “Kemah Bakti Literasi”.  

e80fcad7-bc97-48f1-935e-95bef57b97e1.jpg

Mari Jadi Pejuang pendidikan dan bersama Kami bantu wujudkan Kemah Bakti Literasi pertama bagi anak-anak pedalaman di Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Donasi yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk;

1. Kegiatan Literasi Selama Perkemahan

2. Bakti Sosial dan Tanam Pohon

3. Hadiah dan sertifikat lomba

Untuk teman-teman yang ingin membantu silahkan berdonasi dengan cara:           
1. Klik tombol “DONASI SEKARANG
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Note : Bagi teman-teman yang memilih metode pembayaran menggunakan GO-PAY dan dompet kebaikan dapat berdonasi mulai dari Rp 1000,- (seribu rupiah).


Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Pertanyaan mengenai penggalangan dana ini bisa ditanyakan dengan menghubungi Saya di 082255313036 (WA/SMS/Tlp). Terimakasih atas doa, dukungan dan bantuannya, semoga Tuhan membalas semua kebaikan teman-teman #OrangBaik.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (10)