Kitabisa! - Ulang Tahun @liamarta untuk Khitan Anak Autis
Ulang Tahun @liamarta untuk Khitan Anak Autis

Ulang Tahun @liamarta untuk Khitan Anak Autis

Rp 15.439.680
terkumpul dari Rp 25.000.000
21 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Hai, teman-teman!

Saya Lianda Marta, atau biar lebih akrab, panggil saja saya Lia. Saya adalah seorang blogger dan juga aktif di media sosial. Silakan intip blog saya di liandamarta.com dan akun media sosial saya @liamarta.

Bulan September adalah bulan yang sangat penting bagi saya. Di bulan ini saya dilahirkan ke dunia. Di bulan ini juga, 3 tahun lalu, saya menikah dengan pria pilihan saya, yang biasa saya panggil Abang. Meski ternyata pernikahan kami tidak berlangsung lama karena Allah lebih sayang dengan Abang dan memanggilnya lebih dulu setahun yang lalu, tapi ada banyak hal yang saya pelajari dari Abang, dalam perjalanan 2 tahun pernikahan kami.

Salah satunya adalah pelajaran tentang kepedulian pada sesama. Tentang rasa ingin berbagi kepada orang-orang di sekitar saya. Tentang menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain dan lingkungan di sekitar saya.

Karena itu, di hari ulang tahun saya yang jatuh tanggal 27 September, saya ingin giving back to society. Ingin berbagi. Ingin membantu mereka yang membutuhkan.

***

Tentang Autisme

Semua orang mungkin familiar dengan kata ini. Salah satu gangguan tumbuh kembang yang semakin hari semakin banyak dialami oleh anak-anak Indonesia.

Sayangnya, tidak semua anak dengan gangguan autisme, terlahir dari keluarga yang berkecukupan. Sebagian di antara mereka, berada di keluarga yang kesulitan secara finansial. Yang orang tuanya butuh effort lebih dalam mencari penghasilan, selain untuk kebutuhan sehari-hari, juga untuk membantu anak mereka yang mengalami autisme agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Salah satu yang paling sering ‘terabaikan’ adalah perkara khitan/sunat pada anak laki-laki yang mengalami autisme. Terabaikan di sini bukan karena orang tua tidak tau pentingnya khitan, tetapi lebih kepada sulitnya kondisi finansial sehingga belum memungkinkan untuk mengkhitankan anaknya.

Khitan yang dilakukan pada anak autis, berbeda dengan anak normal lainnya. Mengkhitankan anak autis yang umumnya mengalami gangguan pada perilaku, interaksi sosial, serta komunikasi & bahasa ini, butuh penanganan khusus. Salah satunya adalah dengan bius total. Yang mana, biaya yang dibutuhkan tentu jauh lebih besar dari proses khitan biasa.

Dari hasil survey saya ke salah satu rumah sakit swasta di kota Batam (yang telah beberapa kali melayani proses khitan anak autis), perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk mengkhitankan 1 (satu) orang anak adalah sebesar Rp5.000.000,- dengan rincian sebagai berikut:

  • Operasi urologi (khitan) : Rp1.950.000
  • Bius total : Rp1.000.000
  • Rawat inap (estimasi 2 malam, tergantung kondisi anak) : Rp800.000
  • Jasa dokter spesialis : Rp250.000
  • Biaya pendaftaran dan kontrol pertama : Rp250.000
  • Obat-obatan (estimasi) : Rp500.000
  • Biaya tak terduga lainnya : Rp250.000

Dengan nominal sebesar itu, tentu hal ini menjadi berat bagi sebagian orang tua yang memiliki anak autis, terutama yang berasal dari keluarga menengah ke bawah. Padahal kita semua tau, bahwa khitan wajib dilakukan (terutama dalam syariat Islam), untuk mencegah munculnya berbagai penyakit.

Karena itu, di momen ulang tahun saya tahun ini, saya berniat untuk meringankan beban orang tua yang memiliki anak autis di kota Batam. Dengan cara mengumpulkan donasi yang nantinya akan digunakan untuk mengkhitankan anak-anak autis dari keluarga yang tidak mampu.

Untuk menjalankan niat ini, saya dibantu oleh Ibu Husna, sekretaris Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Kota Batam. Beliau mempertemukan saya dengan beberapa anak autis laki-laki dari keluarga menengah ke bawah yang belum dikhitan. Target kami, akan ada 5 anak laki-laki dari keluarga tidak mampu yang akan dikhitan dengan dana donasi ini.

Selain bantuan Ibu Husna, saya juga butuh bantuan kalian semua. Karena saya tau, saya tidak bisa bergerak sendiri. Saya butuh kalian untuk ikut berbagi dan menyisihkan sebagian rezeki. Saya butuh kalian untuk ikut bergerak bersama saya.

Caranya dengan ikut berdonasi di laman ini. Dan juga menyebarkan informasi ini seluas-luasnya, agar lebih banyak masyarakat yang tergerak untuk ikut membantu.

Berapa pun jumlah donasi yang terkumpul, semuanya akan disalurkan untuk mengkhitankan anak autis ini. Jika donasi yang terkumpul hanya cukup untuk 1 orang anak, maka bersama Ibu Husna, kami akan memilih 1 orang anak yang benar-benar butuh bantuan. Namun saya sangat berharap, donasi ini bisa terkumpul sesuai target, agar kelima anak ini bisa segera dikhitan.

Semua pengeluaran dan laporan terupdate terkait donasi ini, nantinya akan saya update di laman ini dan juga di blog pribadi saya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan hubungi saya melalui whatsapp ke nomor 082120709957 atau email ke [email protected]

***

Terima kasih banyak teman-teman, untuk bantuan dan supportnya. Allah yang akan membalas kebaikan teman-teman semua.

Yuk, kita bantu adik-adik ini agar dapat segera dikhitan!

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (21)