Kitabisa! - Bantu Konservasi Bima untuk Bangkit Paska Banjir
Bantu Konservasi Bima untuk Bangkit Paska Banjir

Bantu Konservasi Bima untuk Bangkit Paska Banjir

Rp 1.191.548
terkumpul dari Rp 260.000.000
13 Donasi 0 hari lagi
Greeneration Foundation
Akun telah terverifikasi
Bagian dari #BikinJadiNyata

Cerita

Desember 2016 lalu, Bima dilanda banjir bandang hingga merendam hampir seluruh kecamatan di Bima, Nusa Tenggara Barat. Empat wilayah yang terkena dampak cukup parah antara lain Tolotongga, BTN Tolotongga, Tambana, dan Gindi, yang mengakibatkan empat wilayah tersebut terendam air dan lumpur, rusaknya infrastruktur, dan krisis makanan akibat terputusnya akses transportasi.

befc58095811d45c218b903000ed3e8d66435698

Banjir bandang di Bima terjadi salah satunya dipengaruhi akibat terjadinya badai tropis atau Tropical Cyclone Yvette yang bergerak cepat di selatan Bali serta didukung dengan rusaknya kawasan perbukitan salah satunya, So Tampela.

Dampak banjir bandang yang terjadi rupanya masih menyisakan masalah bagi Masyarakat di Bima, khusunya pada lingkungan. Kawasan perbukitan yang gundul seperti di So Tampela dikhawatirkan akan menyebabkan banjir kembali saat hujan. Seperti yang terjadi pada Maret 2017 lalu contoh kecilnya, hujan hanya turun sekitar 3 jam saja di kawasan Wawo, Bima. Namun langsung mengakibatkan banjir hampir di separuh wilayah Kota. Hal itu menjadi indikasi rentannya Bima terendam banjir.

Tidak hanya itu, sampah-sampah sisa banjir menumpuk di beberapa lokasi, seperi tiga pantai utama di kawasan Kota Bima. Yaitu Pantai Kalaki, Pantai Lawata, dan Pantai So Numbe yang merupakan salah satu area konservasi terumbu karang di Bima.

e154d0384cec57dcefdb9c3e92b6fa11643e2430

Keinginan Masyarakat Bima untuk melakukan konservasi terhadap lingkungannya sangat besar. Salah satu upaya yang sudah dilakukan pada awal Mei 2017 adalah penanaman 1.400 pohon dalam rangka pelaksanaan Program Bima Darurat Pohon di So Tampela atas inisiasi Greeneration Foundation dan Panggita Mbojo Bima, namun beberapa jenis pohon harus ditunda penanamannya karena membutuhkan debit air yang cukup banyak, 2 buah tangki air yang disediakan bahkan tidak cukup, sehingga masyarkat memutuskan melanjutkan penanaman pada awal musim hujan.

25421210d5065b1c2f51d351cb36f65a944f9204

Selain itu sebagian masyarakat saat ini sedang gencar membuat Prototype Composter dari drum, karena Sentra Kompos Bima yang sebelumnya ada rusak parah akibat banjir.

Sementara tumpukan sampah sisa banjir di Pantai Kalaki, Pantai Lawata, dan Pantai So Numbe masih menumpuk dan belum terselesaikan hingga sekarang.

ddb08455de399051a98249ce570fb116db43f9e8

Ayo Saatnya Kita Bantu Masyarakat Bima Bangkit dan Memperbaiki Lingkungannya!

Melalui donasi yang teman-teman berikan ayo kita bantu #BikinJadiNyata keinginan masyarakat Bima untuk melakukan konservasi lingkungan di sana. Diantaranya membersihkan beberapa lokasi yang saat ini menjadi “penampungan sampah sisa banjir” seperti di Pantai Kalaki, Pantai Lawata, dan Pantai So Numbe, pengadaan fasilitas kebersihan permanen seperti tong sampah beton, pengadaan tangki air untuk melanjutkan penanaman pohon di kawasan perbukitan tanpa harus menunggu musim hujan tiba, dan perbaikan fasilitas Sentra Komposter Bima yang saat ini rusak parah akibat banjir.

Donasi teman-teman adalah jalan mewujudkan harapan masyarakat Bima. Yuk donasi sekarang!


Tentang Greeneration Foundation

Greeneration Foundation atau dalam Akta Pendirian serta Surat Keputusan Kementrian Hukum dan HAM (SK Kemenkumham), terdaftar atas nama Yayasan Greeneration Indonesia, merupakan bagian dari Perkumpulan Greeneration Indonesia (Greeneration Indonesia Association) yang merupakan wirausaha sosial di bidang lingkungan dibentuk sejak tahun 2008.

Greeneration Foundation atau disingkat GF terdaftar oleh Notaris Ir. Sari Wahjuni, MSc.,SH.,MH.,MKn, dengan Akta 22 Agustus 2014 Nomor 4 .

Greeneration Foundation dibentuk sebagai bagian pencapaian misi besar Perkumpulan Greeneration Indonesia, yakni membantu Dunia untuk mencapai Green Attitude (perilaku hijau) dan Green Environment (konservasi lingkungan).

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (13)