Kitabisa! - Ulang tahun Miriam untuk bantu konservasi Penyu
Ulang tahun Miriam untuk bantu konservasi Penyu

Ulang tahun Miriam untuk bantu konservasi Penyu

Rp 1.585.526
terkumpul dari Rp 2.000.000
22 Donasi 0 hari lagi
Miriam Bahagijo
Akun belum terverifikasi

Cerita

Halo teman-teman yang baik!

Perkenalkan, nama saya Miriam, mahasiswi Sastra Inggris Universitas Indonesia yang akan memasuki tahun keempat kuliah.

Pada tanggal 1 Juni 2017 yang lalu, usia saya bertambah menjadi 21 tahun, dan selama 20 tahun saya hidup, alhamdulillah saya selalu diberikan kesempatan untuk merayakan ulang tahun saya dengan keluarga dan teman-teman. Pun tak lupa disertai dengan hadiah dan kue ulang tahun, tipikal orang-orang pada umumnya.

Meski begitu, tahun ini saya menemukan cara untuk membuat ulang tahun saya jauh lebih bermakna. Sejauh yang bisa saya ingat, hewan dan lingkungan selalu punya tempat tersendiri di hati saya, dan hal itulah yang membuat saya selalu ingin menjaga dan melestarikan keduanya dengan cara apapun yang bisa saya lakukan, termasuk menjadi suara mereka.

Karena itu, saya hendak memanfaatkan momentum ulang tahun saya dengan cara menggalang dana untuk membantu upaya pelestarian penyu di Indonesia.


9957cb992d0ea69395f6c60c18ac59c8a7a205db

Kenapa Penyu Laut?

Dulu, saat saya mudik Lebaran ke kampung halaman papa di Jawa Timur, saya melihat seekor penyu berukuran sangat besar dipajang di pinggir jalan, sepertinya hendak dijual. Ketika saya perhatikan lebih jauh, sirip dari penyu itu berdarah, dan matanya basah seperti sedang menitikkan air mata. Saya masih ingat betapa panasnya hari itu, dan bukannya berenang bebas di lautan, penyu itu malah harus berdiri di atas aspal di siang hari yang terik. Saat itu saya masih kelas 1 SMP, dan passion saya terhadap lingkungan belum sebesar sekarang. Meskipun demikian, saya tidak butuh jadi aktivis lingkungan untuk merasa iba pada penyu itu.

Saya sungguh berharap bahwa saya bisa membeli penyu tersebut untuk kemudian saya lepaskan kembali ke lautan. Sayangnya, saya hanyalah seorang murid SMP yang tidak memiliki cukup uang untuk mengembalikan penyu itu ke rumahnya.

Penggalangan donasi ini menjadi salah satu cara saya untuk 'menebus dosa' saya waktu itu, untuk memastikan bahwa tidak ada penyu lain yang bernasib sama, atau bahkan lebih buruk, dari yang saya lihat dulu.

Faktanya, penyu laut masuk dalam Red List of Threatened Species (Daftar Merah Spesies yang Terancam) oleh IUCN. Sebagai spesies yang daur hidupnya secara alamiah sudah rentan, kelangsungan populasi Penyu Laut makin terancam dengan meningkatnya aktivitas manusia. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain:

  • hancurnya habitat dan tempat bersarang penyu,
  • tangkapan sampingan (bycatch),
  • pencurian telur,
  • perdagangan ilegal produk penyu, dll

Penyu merupakan satwa payung yang memiliki daerah jelajah yang sangat luas, sehingga menyelamatkan penyu laut beserta habitatnya berarti turut menyelamatkan spesies lain.

Nantinya, donasi yang terkumpul dari teman-teman semua akan saya salurkan melalui WWF Indonesia, salah satu organisasi konservasi independen terbesar di Indonesia. Selain itu, sejak 1984, WWF-Indonesia terlibat dalam beberapa proyek dan program konservasi Penyu Laut. Di antaranya:

  • mempromosikan dan memfasilitasi pembentukan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) berbasis Penyu Laut
  • pembentukan Kebijakan “Konsesi Penolakan Telur”
  • pembentukan kesepakatan dengan masyarakat terhadap perburuan Penyu Belimbing
  • implementasi alat tangkap ramah Penyu Laut dan penanganan terhadap Penyu Laut sebagai bycatch langsung di atas kapal nelayan,
  • penandatanganan sejumlah nota kesepahaman dalam rangka perlindungan dan komitmen dari berbagai pihak terkait untuk kelangsungan hidup Penyu Laut di Indonesia

Target donasi saya adalah sebesar Rp 2.000.000,00 dalam waktu dua minggu. Jika kemudian jumlah donasi yang terkumpul melebihi target, maka alhamdulillah usaha konservasi penyu laut di Indonesia akan semakin terbantu.

Cara donasinya sangat sederhana,
1. Klik tombol "Donasi Sekarang"
2. Masukkan nominal donasi dan data diri
3. Pilih metode pembayaran dan transfer

Sebelumnya, izinkan saya mengucapkan banyak terima kasih atas "hadiah" dari teman-teman semua, terima kasih karena Anda sudah berpartisipasi dalam melestarikan salah satu spesies penting di Indonesia. Semoga Allah membalas kebaikan kalian dengan berlipat ganda, dan semoga rantai kebaikan ini tidak berhenti sampai disini :)

Jika teman-teman punya pertanyaan, saran atau masukkan, silahkan menghubungi saya di
085693624567 (WA) atau line: mirimiriam.

Salam lestari!

7c49dbce3a984d3a4b9b9fb7cb9bd48be28be038


Data diambil dari website WWF indonesia.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (22)