Bantu Kuatkan Guru
Bantu Kuatkan Guru

Bantu Kuatkan Guru

Rp 87.345.613
terkumpul dari Rp 100.000.000
816 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Ayo #BantuKuatkanGuru

Guru Kuat, Murid Berdaya!


Tidak pernah terbayangkan dunia mengalami pandemi yang dampaknya kita rasakan saat ini di setiap aspek kehidupan kita. Penyebaran virus yang begitu masive melalui kontak antar manusia, membuat para pemangku regulasi menerapkan kebijakan pembatasan interaksi sosial guna memutus mata rantai penyebaran virus yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya.  

Pembatasan interaksi sosial berdampak besar terhadap melambatnya pergerakan ekonomi, yang secara langsung akan berdampak pula pada ketidakstabilan ekonomi keluarga, yang mana salah satunya pada pemenuhan kebutuhan pendidikan.

Ibarat sebuah benang yang saling terhubung, penurunan kemampuan keluarga  sangat berpengaruh terhadap kemampuan pembayaran iuran siswa (SPP), padahal bagi sekolah swasta dana dari pembayaran iuran tersebut merupakan sumber pendanaan operasional sekolah. Dampaknya sekolah menjadi kesulitan dalam pembayaran gaji guru, pembiayaan operasional pembelajaran yang tetap harus dilakukan meskipun melalui media daring dan biaya-biaya lainnya. Tak ayal jika ada beberapa sekolah swasta yang menerapkan pemotongan gaji gurunya bahkan ada juga yang memutuskan untuk tidak menggaji gurunya.

Tantangan buat guru tidak hanya sampai di situ. Guru-guru honorer juga sangat merasakan dampak dari situasi pandemi ini. Pembayaran gaji guru honorer dibayarkan berdasarkan jumlah jam mengajar, namun di situasi seperti ini kesempatan guru honorer untuk mendapatkan jam mengajar menjadi semakin kecil dan bahkan nyaris tidak ada. Karena alasan ekonomis sekolah akan mengutamakan guru non honorer untuk terlibat dalam pembelajaran.

f07f5c99-84ac-4bf3-a473-98df2daf34c1.jpg

Dampak lain yang dapat dirasakan dari pandemi ini dalam lingkup pendidikan tidak berhenti di masalah ekonomi semata. Pola perubahan proses belajar dari tatap muka menjadi daring juga membawa tantangan tersendiri. Kegagapan teknologi dan ketidakmampuan guru dalam melaksanakan program belajar jarak jauh patut mendapatkan perhatian. Adapun kabar dari Sekolah Swasta di Bali berupa Hasil Survei Dampak Pandemi Bagi Sekolah Swasta di Bali

Hal ini diperkuat dengan adanya hasil survei dari Kemdikbud yang menyatakan bahwa selama masa pandemi ini sebagian besar guru mengalami kendala terkait dengan kemampuan mengoperasikan perangkat digital serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang optimal.

4db65e1f-0a22-4f2a-8615-6276dbaad617.jpg

Berangkat dari kondisi tersebut, dapat dirumuskan persoalan bahwa:

  1. Guru swasta dan honorer terancam keberlangsungan pemenuhan kebutuhan hidupnya yang berdampak pada kesempatan belajar murid.
  2. Banyak guru yang belum menguasai penggunaan perangkat digital untuk pembelajaran jarak jauh.

Oleh karena itu, Sekolah Lawan Corona sebuah program hasil kolaborasi antara Kampus Guru Cikal, Keluarga Kita, Sekolahmu, Semua Murid Semua Guru, Komunitas Guru Belajar dan Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan mengajak anda terlibat dalam kampanye #BantuKuatkanGuru dengan memberikan dukungan kepada guru swasta dan honorer, serta dukungan untuk sekolah tempat mereka mengajar.

Bentuk dukungan yang kami berikan akan terbagi menjadi tiga, yakni:

66af6004-66ab-4eb2-9302-aecb73d955de.jpg e5f63ae1-8b35-4560-abee-3b6e763e8260.jpg e4f431fc-aa85-46dd-8c6d-db17c8770c8f.jpg

Harapannya, kampanye #BantuKuatkanGuru dapat membantu guru dan sekolah, yang berarti kita membantu memastikan terselenggaranya kualitas belajar yang baik bagi seluruh murid Indonesia. 

Untuk teman-teman yang ingin membantu silahkan berdonasi dengan cara:


1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Jika ada pertanyaan mengenai penggalangan dana ini, teman-teman bisa menghubungi kami di Rizky Satria: 0857-7111-1087

Terimakasih atas doa, dukungan dan bantuannya, semoga Tuhan membalas semua kebaikan teman-teman #OrangBaik.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (816)