Tebar Cinta Kasih Untuk Pembersih Kuburan Tionghoa
Tebar Cinta Kasih Untuk Pembersih Kuburan Tionghoa

Tebar Cinta Kasih Untuk Pembersih Kuburan Tionghoa

Rp 401.000
terkumpul dari Rp 100.000.000
8 Donasi 30 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

Keberadaan Bong/Sentiong/Kuburuan Tionghoa di Ciampea, Bogor tidak asing lagi bagi para peziarah. Setiap hari raya Cheng Beng dan upacara persembahyangan Tionghoa lainnya para peziarah baik dari dalam maupun luar kota banyak berkunjung ke tempat ini. Namun dengan adanya wabah virus corona tempat ini pun sepi pengunjung termasuk peziarah lokal.

Adalah Kong Bule (Suhanda), salah satu pembersih kuburan yang merasakan dampak nyata dari sepinya pengunjung kuburan Tionghoa. 

Langkahnya begitu perlahan ketika mulai memasuki area sentiong/kuburan Tionghoa yang berlokasi dekat dengan rumahnya. Setiap harinya Kong Bule selalu memastikan area pemakaman bersih.

Sudah bertahun-tahun Kong Bule bekerja sebagai pembersih kuburan, meski kini hatinya ikut sedih melihat banyak makam yang tak lagi dikunjungi sejak pandemi merebak.

Seringnya saya dari pagi di sini. Memang pas lagi Covid gini, pada jarang datang ke sini. Saya enggak tega lihat tempat ini kotor. Ya… semoga saja ini bisa jadi karma baik untuk saya,” ucap Kong Bule.

Kondisi perekonomian Kong Bule kian mencekik, terlebih karena sepinya pengunjung sejak pandemi merebak. Padahal, banyak kebutuhan keluarga yang harus ia penuhi, termasuk untuk dirinya yang seringkali mengalami sakit.

Kisah miris ini pun ikut dirasakan Lim Peng In, seorang kakek yang sebelumnya bekerja sebagai pembersih kuburan, kini tak lagi dapat mengabdikan diri di sana sejak penyakit stroke merenggut setengah tubuhnya.

b6eea642-5672-49d5-b2fd-36cf755d967d.jpg

Selama ini penghasilan mereka tidak tentu semua hanya berdasarkan pemberian keluarga yang kuburannya dibersihkan, tidak ada gaji tetap ataupun pemasukan yang pasti bagi mereka.

Para daoqin terkasih, melihat kondisi ini kami tergerak untuk membantu meringankan beban mereka. Saat ini Kong Bule, Lim Peng In, dan para pembersih kuburan Tionghoa lainnya membutuhkan uluran tangan dari kita. Jika berkenan, mari membantu kehidupan mereka dengan cara:
1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Bantuan kita juga sebagian akan menjadi berkah bagi kita sendiri untuk membantu yang sedang membutuhkan dan jarang terjamah oleh orang lain pada umumnya.

Disclaimer : Informasi, opini dan foto yang ada di halaman galang dana ini adalah milik dan tanggung jawab penggalang dana. Jika ada masalah/kecurigaan silakan lapor kepada kami disini.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (8)


Fundraiser