Kitabisa! - Selamatkan Generasi Muda dengan Kearifan Nusantara
Selamatkan Generasi Muda dengan Kearifan Nusantara

Selamatkan Generasi Muda dengan Kearifan Nusantara

Rp 1.645.134
24 Donasi hari lagi
Lamrimnesia
Akun telah terverifikasi

Cerita

Beberapa tahun terakhir ini pemberitaan mengenai pergeseran gaya hidup remaja semakin marak. Baik dan buruknya sesuatu ditentukan oleh popularitas, bukan oleh manfaat. Akibatnya banyak perilaku negatif seperti menggunakan kata-kata kasar, bersikap tidak sopan pada orang tua, mabuk-mabukan, menyontek dan sebagainya dianggap wajar.

Hal ini dapat terjadi karena cepatnya arus informasi menyebar melalui jejaring sosial yang dapat diakses dengan mudah. Informasi ini dapat datang dari mana pun dan tidak semuanya mengandung konten-konten yang membangun. Hal ini diperparah oleh kecenderungan media yang menggembar-gemborkan berita negatif demi jumlah klik sebanyak-banyaknya.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan:

  1. Mengumpulkan ajaran-ajaran yang bersumber dari kearifan Nusantara yang diwariskan turun-temurun secara lisan maupun tertulis, mengabadikannya dalam media penyimpanan yang tahan lama agar tetap utuh dari generasi ke generasi.
  2. Membuka akses terhadap ajaran-ajaran tersebut ke seluruh Indonesia, khususnya generasi muda, dengan membagikannya dalam bentuk fisik kepada pengajar, sekolah, perpustakaan, dan lain-lain.
  3. Memenuhi jejaring sosial dengan konten-konten yang mempromosikan nilai-nilai yang sejalan dengan kepribadian bangsa dalam visual yang menarik guna meningkatkan minat generasi muda untuk mempraktikkannya dan mempelajarinya lebih jauh.
  4. Mengadakan kegiatan yang relevan dengan penanaman nilai-nilai tersebut untuk mempertemukan generasi muda yang sama-sama berusaha menerapkan budaya yang baik agar bisa saling menyemangati dan bersama-sama membuat perubahan dalam skala yang lebih besar.

Nilai moral bangsa yang harus disebarkan ini dapat ditelusuri hingga zaman kerajaan Hindu-Buddha ratusan tahun silam. Banyak kebiasaan-kebiasaan positif dan prinsip-prinsip yang hidup di masyarakat diturunkan dari filsafat Buddha Dharma yang pernah berkembang pesat di Nusantara.

Salah satu contohnya adalah semboyan negeri ini, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” atau “Berbeda-beda tapi Tetap Satu” yang diambil dari Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular, sebuah kitab Buddhis yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Kerajaan-kerajaan ini sempat hancur, namun ajarannya masih tersisa secara subtil dalam keseharian bangsa Indonesia. Baru pada tahun 1920-an, Buddha Dharma kembali bangkit dan secara eksplisit menggaungkan ajaran cinta kasih dan mengajak semua orang untuk bermanfaat bagi sesama,

LAMRIMNESIA mengemban misi untuk melestarikan ajaran yang sangat baik ini haruslah kita lestarikan agar dapat diwariskan ke generasi muda Nusantara. Kegiatan-kegiatan LAMRIMNESIA antara lain:

  • Ananda Project

Dalam Ananda Project, LAMRIMNESIA mengumpulkan kearifan Nusantara yang ada dalam rekaman ceramah Dharma, khususnya dari guru-guru yang memiliki kedekatan dengan Nusantara seperti:

- YM Biksu Ashin Jinarakkhita

- YM Dagpo Rinpoche,

- dan guru-guru besar lainnya.

Rekaman ini didigitalisasi dan disimpan dalam bentuk mp3, kemudian diterjemahkan dan disebarkan ke seluruh Nusantara dalam bentuk CD, podcast, maupun buku. Penyimpanan dalam bentuk digital ini mencegah kemungkinan ajaran ini hilang akibat kerusakan media penyimpanan.

  • Berbagi Dharma

LAMRIMNESIA mengajak semua orang untuk berbagi Dharma dengan mendanai pengadaan buku-buku Dharma gratis ke seluruh Indonesia. Hingga sekarang, kami secara rutin mengirimkan buku Dharma gratis ke 318 orang di xx kota.

Selain itu, LAMRIMNESIA juga mengadakan kegiatan berbagi buku Dharma gratis ke sekolah-sekolah dan vihara di Nusantara. Kegiatan berbagi Dharma yang telah diselenggarakan antara lain:

1. Roadshow @ Festival Waisak Indonesia, 28 April-29 Mei 2016

2. Jataka Mala Goes to School @ Sekolah Dharma Bangsa, 24 Mei-2 Juni 2016

3. Roadshow Jataka Mala @ Sekolah Candra Naya, 11-12 Agustus 2016

Dengan adanya buku-buku Dharma di sekolah dan perpustakaan beserta dorongan dari tenaga pengajar, generasi muda akan bertemu dengan kearifan Nusantara dan menjadi insan yang lebih baik.

  • Social Media Campaign

Selain kegiatan pelestarian Dharma secara fisik, LAMRIMNESIA juga melakukan kampanye di dunia maya untuk memperkenalkan nilai-nilai positif dari Buddha Dharma. Lewat situs dan akun-akun sosial media milik LAMRIMNESIA, kami membagikan Dharma yang penuh cinta kasih dalam bentuk artikel maupun infografik yang kekinian.

Tampilan visual yang menarik dan penggunaan bahasa yang gaul dapat menimbulkan minat generasi muda untuk ikut membagikan ke teman-teman dan keluarganya serta mencari tahu lebih jauh tentang Dharma.

  • Penyelenggaraan event Dharma

LAMRIMNESIA menyalurkan dukungan untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Dharma seperti retret, seminar, dan lain-lain. Dukungan yang diberikan berupa dukungan tenaga dan/atau bantuan dana.

seminar dengan tajuk "Karma menurut 4 Pandangan Filosofis Buddhis" dan "Berlindung" oleh Drepung Tripa Khenzur Lobsang Tenpa Rinpoche, 12-13 dan 26-27 Maret 2016

Lewat acara-acara ini, orang-orang dapat bertemu dengan ‘teman seperjuangan’ dalam hidup sesuai dengan kearifan Nusantara dan dapat menjadi permulaan untuk bersama-sama membuat perubahan positif yang lebih luas dan bermanfaat bagi orang banyak.

Dengan cara-cara di atas, LAMRIMNESIA ingin memperbanyak penyebaran nilai-nilai moral dan cinta kasih agar dapat mengembalikan tradisi baik ini kepada generasi muda Indonesia. Setiap rupiah yang Anda donasikan akan membantu melestarikan nilai-nilai Dharma yang merupakan akar dari kearifan Nusantara dan membentuk bangsa ini menjadi penuh cinta kasih kepada sesama.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (24)