Kitabisa! - Bantu Kehidupan Mak Oyoh si Pengemis Buta
Bantu Kehidupan Mak Oyoh si Pengemis Buta

Bantu Kehidupan Mak Oyoh si Pengemis Buta

Rp 12.016.126
terkumpul dari Rp 15.000.000
93 Donasi 0 hari lagi
Bagian dari Family for Family

Cerita

Family For Family adalah program keluarga asuh dimana keluarga yang mampu membantu keluarga yang kurang mampu di Kota Bandung.

Program yang diinisiasi oleh Ridwan Kamil dan kitabisa ini adalah program sosial yang bertujuan untuk mempertemukan agar keluarga yang kurang mampu menjadi berdaya dan mandiri.

Mak Oyoh (80 tahun) tidak memiliki identitas apapun semenjak kebakaran rumahnya di daerah Padalarang. Ia pindah dan tinggal bersama anak lelakinya yaitu Endang Sopandi di Bandung tepatnya di Jl. Gegerkalong Girang Gang Bongkaran Rt 7 Rw 1 Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari.

2bd50b5b2a0c48d534263924ee2bbc3641a7a118

Kondisi Rumah Mak Oyoh dan Pak Endang, terlihat istri dan anaknya Bapak Endang

Endang Sopandi tidak memiliki pekerjaan tetap, tekadang ia menjadi buruh atau menjadi pemulung. Sedangkan Ia harus menafkahi istri dan kedua anaknya yang masih duduk di bangku SMP. Apalagi sekarang kondisi sekolah anaknya yang memiliki tunggakan sebesar Rp 2.775.000 untuk spp dan biaya pembangunan sekolah.

Hal ini yang membuat Mak Oyoh memilih jalan untuk mengemis agar ia tidak bergantung dan menambah beban anaknya.

79010ae883d9af8f4cd0e31fdef31d13f4e7c401

Mak Oyoh yang sedang bercerita di depan rumahnya

Kondisi Mak Oyoh sangat memprihatinkan, selain hidupnya bergantung pada mengemis, ia juga memiliki kebutaan akibat katarak yang dideritanya. Dikarenakan Mak Oyoh tidak memiliki identitas KTP dan KK, membuat dirinya tidak mendapatkan bantuan apapun termasuk bantuan program pemerintah seperti PKH, BPNT, BPJS, KIS, dll.

Meskipun demikian, Mak Oyoh dan keluarganya mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat berupa tanah untuk tempat tinggal. Diatas tanah tersebut dibangun rumah dengan tembok terbuat dari triplek dan kayu beratapkan genteng namun sudah rusak. Kamar yang ditempati Mak Oyoh adalah rumah tetangganya dengan luas 1m x 1m tanpa pintu yang hanya ditutup triplek. Tidak terdapat kamar mandi di dalam rumah tersebut.

38211f35f238510e8874cb199a426ca4ebb96dad

Kamar Mak Oyoh yang berukuran 1m x 1m

Walau usianya tak lagi muda, ia tetap ingin melihat agar bisa mencuci bajunya sendiri, menyapu halaman depan rumah yang dihibahkannya, mengambil air meski jarak yang jauh dan curam, bahkan akan berhenti mengemis jika ia sudah bisa melihat. Mak Oyoh sangat membutuhkan dana untuk mengobati matanya, ia ingin melihat anaknya memiliki usaha warung dirumahnya dan ia ingin melihat kedua cucunya bersekolah dengan tenang tanpa cibiran karena tertunggaknya pembayaran dana SPP dan bangunan disekolahnya.

Sekecil apapun donasi yang disalurkan akan membantu pengobatan katarak Mak Oyoh dan pengadaan modal untuk usaha anaknya. Salurkan donasi anda melalui Kitabisa.

Family For Family :

Instagram : family.for.family

No.Telpn : 081395068729

CARA BERDONASI:

Klik tombol “DONASI SEKARANG”

Masukan nominal donasi

Pilih metode pembayaran (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit)

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (93)