Kitabisa! - Tanam Kembali Hutan Mangrove di Pesisir Surabaya
Tanam Kembali Hutan Mangrove di Pesisir Surabaya

Tanam Kembali Hutan Mangrove di Pesisir Surabaya

Rp 1.354.130
terkumpul dari Rp 15.000.000
14 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Earth Hour Surabaya adalah bagian dari Earth Hour Indonesia yang terbentuk pada tahun 2011. Tidak hanya fokus pada AKSI switch off, EH Surabaya juga berkomitmen #HijaukanHutan Surabaya melalui Konservasi Mangrove di Wonorejo dengan total hingga saat ini sudah melakukan penanaman 2000 bibit mangrove.

Kawasan Hutan Mangrove di Kota Surabaya terus menyusut akibat terdesak pengembangan permukiman. Pada 1978, luas hutan mangrove di Surabaya masih 3.300 hektare. Namun, tahun 1985 sudah menyusut menjadi 2.500 hektare. Berdasarkan data yang diperoleh dari Ecoton, pada tahun 2002 luas hutan mangrove Pamurbaya sekitar 3.200 Ha. Namun, adanya berbagai aktivitas di sekitar ekosistem mangrove, maka pada tahun 2008 luasnya menurun menjadi 1.180 Ha. Ekosistem mangrove di Pamurbaya, meliputi Kecamatan Rungkut (daerah Kenjeran, Keputih Tambak, Wonorejo, Medokan) dan Gunung Anyar.

Padahal, hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar sebagai penyangga kota Surabaya. Antara lain, menjaga garis pantai agar tetap stabil dan kokoh dari abrasi air laut, sebagai pengolah bahan-bahan limbah hasil pencemaran industri dan kapal di laut, tempat berlindung, bersarang serta berkembangbiak bagi berbagai burung termasuk burung migran dan burung yang dilindungi seperti Bubut Jawa, Raja Udang, Kuntul, dan sebagainya.

Kami, komunitas Earth Hour Surabaya merasa bahwa area hutan mangrove Wonorejo wajib untuk dilestarikan terus menerus. Atas dasar itulah kegiatan konservasi ini akan kami selenggarakan.

Dana yang terkumpul akan kami gunakan untuk membiayai kegiatan penanaman mangrove, antara lain pembelian bibit, biaya penanaman, serta pemantauan yang juga dibantu oleh kelompok petani desa Wonorejo

kegiatan penanaman akan dilaksanakan di area hutan mangrove Wonorejo, Surabaya pada hari Minggu, 24 April 2016, pukul 07.00-10.00 WIB.

 

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (14)