Kitabisa! - Bantu Kami Mewujudkan Masjid Seribu Pintu Tobat
Bantu Kami Mewujudkan Masjid Seribu Pintu Tobat

Bantu Kami Mewujudkan Masjid Seribu Pintu Tobat

Rp 38.007.744
terkumpul dari Rp 1.370.000.000
284 Donasi 102 hari lagi

Cerita

Dakwah ke kalangan millenial dan generasi muda menjadi salah satu tantangan sulit yang harus dipecahkan saat ini. Statistik menunjukkan bahwa penduduk muslim Indonesia hampir 20% (52 juta orang) didominasi oleh kaum millenial. Akan tetapi belum banyak lembaga dakwah yang mengkhususkan diri menangani generasi muda. Apalagi persepsi sebagian besar generasi muda bahwa belajar agama itu sulit dan tidak menarik membuat generasi muda semakin antipati dan malas dalam belajar agama Islam.

4877bbcb-c8ea-4f8f-b8b7-7caa6b77f435.jpg


MENGENAI SANTRENDELIK
Santrendelik adalah nama untuk "PESANTREN KONTEMPORER" kami yang berlokasi Semarang. Santrendelik hadir dan didirikan dengan tujuan untuk menghadirkan dakwah dengan cara kekinian di kalangan generasi muda dan millenial. Kami ingin menebarkan virus kebaikan yang kami namakan "Virus Tobat".

Seperti halnya musik, kami berdakwah dengan genre "Pop Kontemporer". Kami memadukan antara seni dan budaya sebagai unsur pendukung dakwah sesuai dengan trend kekinian, selain juga ditunjang dengan materi yang ringan, berisi dan membumi. Santrendelik memposisikan diri sebagai gerbang pembuka anak muda untuk semakin jatuh hati kepada Islam. Kami ingin menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang indah, tidak kaku serta kajian keislaman bisa disampaikan dengan fun.

Bermula dari diskusi kecil beberapa pemuda tentang Islam di sebuah cafe di Semarang, saat ini kami telah mempunyai lokasi dakwah sendiri yang merupakan lahan wakaf seluas 6.500 M2. Setiap minggu lebih dari 300 orang yang didominasi generasi millenial datang dan menimba ilmu di pesantren kami. Mereka menamakan diri "Tobaters Santrendelik". 

8b8215bc-2604-4ef9-aa05-3db23d3aeae2.jpg


Selain materi kajian yang fun dan membumi kami juga membuat nama-nama yang unik untuk semua kegiatan di pesantren kami. Mulai dari Nongkrong Tobat, Club Malam, Fiqh Anak Muda, Taman Lentera adalah beberapa nama kegiatan yang kami adakan rutin di Santrendelik. 

64c7de58-4127-4b17-b2eb-979a6666a0a6.jpg

Beberapa ustad, ilmuan, artis muslim dan tokoh masyarakat juga datang silih berganti memberikan pengetahuan dan inspirasi untuk para Tobaters. Mereka antara lain Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Dik Doank, Ustad Derry Sulaiman, Budayawan Prie G.S, Gus Chandra Malik, Walikota Semarang Hendi Hendrar Prihadi, Peggy Melati Sukma, Mantan Menteri ESDM Sudirman Said, dll. Selain itu kami juga dibimbing oleh beberapa ustad yang mayoritas merupakan dosen di UIN Walisongo Semarang, antara lain : Ustad Fachrurozy M.A, Ustad Dr. Fachrudin Aziz, Ustad Dr. Awaludin Pimay, Ustad Dr. Ali Murtadho dan beberapa ustad lain berkompeten baik lulusan dalam maupun luar negeri. Mereka semua adalah guru kami yang rutin memberikan pengajaran baik secara temporer maupun berkala. 

83f21066-c126-42a6-8d73-4a2772c780d0.jpg



MASJID SERIBU PINTU TOBAT

Proyek terbesar sekaligus mimpi kami saat ini adalah membangun sebuah masjid yang akan menjadi Icon dan Prasasti bersama para Tobaters Santrendelik.

Dengan arsitektur kontemporer atau orang menyebut kekinian yang memadukan unsur tropical, recycle dan natural. Dirancang untuk bisa mewakili konsep Santrendelik yang sejak awal konsen memposisikan sebagai tempat bertaubatnya (perbaikan diri secara religi) bagi generasi muda khususnya.

Masjid Seribu Pintu Tobat adalah nama yang disepakati bersama para Tobaters
. Dirancang sebagai simbol pintu gerbang perbaikan diri para tobaters dalam hal ibadah, mental dan spiritual. Masjid ini dibangun dengan konsep berkembang dan menyatu dengan bagian luar. Gazebo yang mengelilingi masjid dan kolam ikan dengan suara gemercik air diharapkan akan membuat para Tobaters betah. Bagian serambi didesain untuk mudah dikembangkan dan diperluas. Masjid ini dibuat 2 lantai dengan menyesuaikan lingkungan yang berada di kebun jati. Material kayu akan mendominasi bangunan ini, sehingga terlihat natural dan kontemporer.

Masjid juga akan menerapkan konsep energi dengan lebih terbuka. Diharapkan akan terjadi sirkulasi angin dan cahaya yang optimal tanpa perlu tambahan AC dan lampu berlebih, sehingga akan menghemat energi.

Masjid ini juga akan terbuka 24 jam, memiliki kajian harian yang akan bisa diakses dengan metode live streaming, penuh dengan spot foto yang menarik dan tentu saja akan membuat semua pengunjung yang datang nyaman untuk beribadah.


Harapannya adalah bangunan masjid ini akan menjadi pintu gerbang tobat bagi anak muda di Semarang pada khususnya dan indonesia pada umurnya. Sekaligus menjadi pusat penyebaran virus tobat dan semoga akan menjadi inspirasi bagi anak muda lain untuk gencar mengembangkan gerakan tobat.

7ec7cfa0-fa39-40a0-baa8-c22ae42b264d.jpg


Saat ini, pembangunan masjid baru mencapai 30%. Bangunan ini baru berupa bangunan dengan 12 tiang yang beralaskan keramik putih dengan atap genting yang keseluruhannya masih amat sederhana. Belum ada tembok yang mengitari bangunan ini. 

3df7957b-8501-4ee5-8e60-fa832bfbfdff.jpg


Oleh karena itu, kami masih membutuhkan banyak bantuan dari berbagai pihak. Sebab kami sadar, bahwa kami tak akan mampu mewujudkan mimpi besar ini hanya dengan mengandalkan kaki kami sendiri. Sampai saat ini dana yang kami butuhkan sebesar Rp. 1.370.000.000 (Satu Milyar Tiga Ratus Tujuh Puluh Juta Rupiah)

CARA BERDONASI

Bantu kami untuk melangkah menggapai mimpi kami dengan menyumbang melalui akun ini dengan cara :

  1. Klik tombol DONASI SEKARANG
  2. Masukkan nilai donasi dan data diri
  3. Pilih metode pembayaran dan transfer
  4. Anda akan mendapatkan laporan via email.

Mohon bantuan untuk membagikan informasi ini kepada yang lain dengan mengklik Link Share.

Apabila anda memiliki pertanyaan atau hendak melakukan donasi secara langsung, silakan hubungi atau kunjungi kami di :

Alamat : Jl. Kalialang Lama IX No 44, Kel. Sukorejo, Kec. Gunungpati, Kota Semarang
Info :
0813 2867 0099
Email :
[email protected]

Informasi lengkap, laporan donasi dan progress pembangunan masjid bisa diakses di http://1000pintutobat.santrendelik.org

Untuk mengetahui lebih detail tentang Santrendelik bisa juga membuka website kami di http://www.santrendelik.org atau Facebook/Instagram kami di @santrendelik

Partisipasi apapun akan kami terima. Meskipun itu hanya doa atau membantu menyebarkan informasi ini kepada yang lain. Semoga semua itu bisa menjadi ibadah bagi kita semua. Aamiin.


DOWNLOAD PROPOSAL MASJID FORMAT PDF

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (284)