Kitabisa! - #SedekahMasjid Baiturrahman, Ngawi Jawa Timur
#SedekahMasjid Baiturrahman, Ngawi Jawa Timur

#SedekahMasjid Baiturrahman, Ngawi Jawa Timur

Rp 30.136.556
terkumpul dari Rp 125.000.000
154 Donasi 0 hari lagi
Bagian dari #SedekahMasjid

Cerita

Masjid bukan hanya sebagai tempat untuk melaksanan Ibadah Sholat lima waktu, tetapi masih banyak fungsinya yang belum diketahui oleh ummat. Masjid juga dapat menjadi pusat kekuatan ekonomi, kekuatan ahlaq dan akidah ummat, pusat pendidikan agama dan kekuatan persatuan umat Islam. Bahkan salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT dan Rasulullaah Muhammad SAW adalah sholat tepat waktu dan dilaksanakan di masjid secara berjamaah (HR. Bukhari).

Banyak umat islam yang melupakan fungsi masjid selain hanya untuk beribadah. Tak jarang, masjid berdiri megah pada awalnya saja, namun lambat laun mulai sepi ditinggal jamaahnya dan akhirnya kondisi bangunan masjid pun memprihatinkan.

Masjid Baiturahman yang terletak di Dkh. Cumpleng, Dkh. Munggur, Ds. Gayam, Kec. Kendal Kab. Ngawi Jawa Timur ini pun bernasib seperti itu. Bangunannya yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini menjadi satu-satunya masjid yang menjadi harapan dan kebangaan warga sekitar dalam membangun ahlak dan karakter generasi muda, karena di masjid ini juga dilaksanakan kegiatan pendidikan syiar islam seperti TPA (Taman Pendidikan Anak) Al Qur’an, kegiatan sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan ekonomi umat di sekitarnya. Banyak sudah warga di sekitar lingkungan yang merasakan dampak positif dari kehadiran masjid ini.

Namun seiring berjalannya waktu, kondisi bangunan masjid yang telah berumur 30 tahun lebih itu mulai dimakan usia. Bangunan perlahan-lahan mulai berubah, material kayu yang terpasang megah di masjid juga perlahan-lahan mulai keropos. Kondisi ini membuat masjid menjadi bocor ketika hujan dan bisa menyebabkan atap masjid bisa runtuh. Selain itu, anak-anak di TPA ini merasa khawatir ketika belajar dalam kondisi hujan.

Atas dasar kondisi bangunan yang sudah memprihatinkan dan juga kondisi penduduk sekitar masjid yang mulai bertambah, sekitar 2 tahun lalu dilakukan renovasi total masjid. Mengingat mata pencaharian penduduk sekitar masjid mayoritas sebagai buruh tani yang mempunyai pengasilan yang pas-pasan, akibatnya penggalangan dana dari masyarakat sekitar sedikit mendapat kendala sehingga pembangunan dan renovasi total masjid ini terhenti. Otomatis aktivitas ibadah dan belajar-mengajar bagi anak-anak TPA tersebut terganggu.

Mari berinvestasi akhirat membantu mendanai renovasi total masjid Baiturrahman, agar dapat menjadi berjaya kembali menjadi pusat aktivitas dakwah, kekuatan ekonomi dan pemberdayaan ummat untuk warga sekitarnya.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (154)