Kitabisa! - Masjid di Jepang
Masjid di Jepang

Masjid di Jepang

Rp 3.189.965.980
terkumpul dari Rp 3.000.000.000
7316 Donasi 0 hari lagi
Chiba Islamic Cultural Center
Akun belum terverifikasi

Cerita

“Whoever builds a house for Allah then Allah will build for him a house in paradise”

Sahih Al Bukhari

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kami adalah komunitas muslim di Chiba, Jepang atau dikenal dengan Chiba Islamic Cultural Center (CICC). Chiba adalah kota yang terletak sekitar 40 km dari ibukota Jepang, Tokyo. Komunitas muslim ini terdiri dari ratusan orang dari berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Pakistan, Uyghur, dan Arab dan berprofesi sebagai mahasiswa (S1- S3), karyawan, ibu rumah tangga, dll.

Contact person dari muslim Indonesia terdiri atas mahasiswa pascasarjana Chiba University yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Chiba. Untuk laki- laki dapat menghubungi saudara Imam Albania, Febry Pandu Wijaya, Farohaji Kurniawan, Marlin Ramadhan Baidillah dan Fedri R. Rinawan. Untuk perempuan dapat menghubungi saudari Mulki Angela maupun perwakilan Pengajian Muslimah Chiba (Indah Fajarwati dan Riyanti S.H. Pranoto).

Rencana pembelian gedung Masjid Nishi Chiba telah direncanakan oleh CICC sejak beberapa tahun lalu.

Selama ini warga muslim di kota Chiba dan sekitarnya menyewa ruang lantai 3 dari gedung ini sebagai mushola dan toko makanan halal (halal shop), dengan membayar uang sewa bulanan sekitar 10 juta rupiah per bulan dari donasi warga dan hasil penjualan toko.

Setiap hari, kami menyelenggarakan sholat berjamaah di masjid dengan imam dari Pakistan. Selain itu, kami juga melakukan beberapa kegiatan keagamaan, seperti pengajian bapak-bapak/ laki-laki (ikhwan) dan ibu-ibu/ perempuan (akhwat), belajar iqra untuk anak-anak dan sebagainya.

226f58665700686e52a57e504f06b639e9b0ed3a

Kini kebutuhan umat muslim di sini semakin meningkat untuk melakukan aktivitas keagamaan. Kami beranikan diri untuk bayar uang muka sebagai tanda jadi.

Ke depannya kami berencana untuk memperluas kegiatan masjid sebagai bentuk syiar Islam di Jepang, seperti penyediaan tempat khusus untuk perpustakaan Islam untuk berdiskusi dengan orang Jepang yang berkunjung, tempat tersendiri untuk sholat ibu-ibu, tempat untuk pembinaan anak-anak, maka kami berencana untuk membeli bangunan sebagai masjid Nishi Chiba (menggantikan fungsi mushola selama ini).

Masjid di Jepang jumlahnya terhitung sedikit, di kota Chiba pun hanya 1 mushola ini yang selama ini dipakai untuk kegiatan keagamaan (sementara itu di perfektur/ propinsi Chiba ada masjid/mushola yang letaknya di kota lain).

Bangunan yang akan dibeli adalah bangunan 5 lantai dengan harga sekitar 5.5 milyar rupiah. Harga ini terhitung murah karena hanya 1 menit dari stasiun Nishi Chiba (stasiun pada jalur kereta JR Sobu Line, penghubung Tokyo dengan Narita International Airport) dan 5 menit dari kampus Chiba University.

623507dc17d06ee87078de82ec5585417409204f

Sejak beberapa tahun yang lalu, donasi yang kami kumpulkan baru mencapai 700 juta rupiah. Pada bulan Februari 2016 kami memberanikan diri untuk menandatangani kontrak untuk pembelian gedung dengan membayar uang muka sebagai tanda jadi. Selanjutnya pelunasan harus dilakukan hingga bulan Juli 2016. Total dana yang harus dibayarkan adalah 52 juta yen. Dengan donasi yang tercatat hingga 2 Mei 2016, kami masih mengalami kekurangan dana sebesar 44 juta yen.

Oleh sebab itu, kami ingin mengajak saudara-saudara semuanya untuk berdonasi dalam pembelian masjid ini. Karena sesungguhnya "Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga (HR Bukhari dan Muslim)". Sedikit saja yang kita infakkan di jalan Allah, insya Allah akan banyak manfaatnya untuk kita di dunia dan di akhirat

Semoga Allah memberkahi rezeki para saudara-saudara donatur semuanya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Note:
Kami mohon perhatian para donatur yang budiman. Kami beritahukan bahwa pada akhir masa campaign akan ada potongan sampai maksimal 5 juta rupiah dari jumlah total donasi untuk kepentingan biaya administrasi campaign, marketing, dll. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih banyak. Update per 29 Juni 2016: Donasi yang masuk setelah tanggal ini akan dikenakan potongan sebesar 10 persen terkait dengan biaya marketing.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (7316)