Kitabisa! - Donasi pembangunan Masjid Kitakyushu Jepang
Donasi pembangunan Masjid Kitakyushu Jepang

Donasi pembangunan Masjid Kitakyushu Jepang

Rp 103.674.656
terkumpul dari Rp 800.000.000
282 Donasi 448 hari lagi
Didit Novianto
Akun telah terverifikasi

Cerita

Bismillahirohmannirohim,

Pembelian gedung untuk menjadi Masjid Kitakyushu telah direncanakan oleh Muslim Association of Kitakyushu (MAKITA) lebih dari sepuluh tahun lalu. MAKITA dibentuk oleh warga muslim pendatang yang terdiri dari akademisi, pengusaha, dan mahasiswa luar negeri. Selama ini warga muslim di Kota Kitakyushu dan sekitarnya yang masih terpisah-pisah memohon kepada pihak perusahaan/universitas masing-masing untuk bisa meminjamkan ruangan. Akan tetapi bila perusahaan sedang libur mereka kehilangan tempat untuk beribadah dengan tenang. Seringkali kami terpaksa solat di ruang terbuka karena tidak ada pilihan. Sehingga komplain dari warga sekitar atau petugas keamanan tidak bisa kami hindari. Selain itu, untuk muslim yg berstatus mahasiwa harus melakukan reservasi setiap bulan untuk menggunakan ruangan, namun jika ruangan tersebut dipakai mahasiwa Jepang kami harus mengalah.

Sejak 2011 kami berencana membeli sebuah bangunan sederhana terdekat dengan komunitas muslim paling banyak yang lokasi belum bisa kami tentukan. Hingga saat ini dana yang terkumpul dari usaha teman-teman pelajar luar negeri alhamdulillah sudah mencapai 1,3 milyar rupiah (gabungan dari wilayah Tobata dan Honjo. Akan tetapi, karena harga bangunan yang semakin mahal di area ini, untuk membeli sebuah bangunan sederhana bekas kami harus mempunyai paling sedikit 2 milyar rupiah, (update hingga hari ini 2019/04/12 KEKURANGAN DANA DONASI kami perkirakan sebesar 700-800 JUTA RUPIAH). Dengan ini kami memohon dukungan teman-teman sebangsa setanah air maupun dari luar negeri agar kami bisa menyediakan tempat ibadah bersama, dan mengenalkan kebaikan Islam di bagian utara pulau terpadat kedua di negeri sakura ini, Kyushu. Kami sudah cukup lama berpindah-pindah tempat untuk solat berjamaah, solat jumat, bahkan sempat menyewa ruangan di sebuah apartemen, tapi karena keterbatasan dana, kami hanya bisa menggunakannya saat bulan romadhon kemarin.

Panitia penggalangan dana terdiri dari muslim Kitakyushu dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Pakistan, Arab, Afganistan, Syiria, Palestina maupun Jepang. Sejak organisasi kami berdiri, semakin banyak orang Jepang yang tertarik mengikuti acara-acara yang kami selenggarakan, hingga akhirnya memutuskan untuk memeluk Islam sebagai jalan hidupnya. Sebagai gambaran kami menargetkan bangunan minimal 2 lantai yang kami targetkan bisa menampung 300-400 orang. Lantai pertama akan digunakan untuk Kitakyushu Islamic Cultural Center, toko makanan halal, dan kegiatan bersama. Sedangkan lantai kedua akan digunakan untuk tempat solat, pengajian, kelas alquran, dan kegiatan pengenalan/keagamaan lainnya. Kepengurusan masjid ini nantinya akan dipegang oleh warga muslim yang menetap di Kitakyushu baik orang Jepang maupun orang luar negeri.

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738)

Semoga bantuan dari saudara-saudaraku dibalas oleh Allah SWT. Terima kasih.

Kitakyushu, 6 Oktober 2016

Hormat kami mewakili teman-teman muslim di Kitakyushu,

Didit Novianto dan Fathin Saifur Rahman, Koordinator Tim Pembangunan Masjid Kitakyushu cab. Honjo dan Tobata, Kitakyushu

M. Husni Mubarok dan Ahmad Mudofar, Koordinator Tim Pembangunan Masjid Kitakyushu cab. Kanda Machi, Kitakyushu

email: [email protected]

Anggota Muslim Association of Kitakyushu untuk Masjid Kitakyushu dari Indonesia (2019):

Mukhamad Subkhan, Sugiyono, M. Lutfi, Treza, Didit Novianto, Dian Sekartaji, Fritz Akhmad Nuzir, Yoni Rahardi, Munawir Adam, Indriyani Rachman,  Icca Nur Azizah, Qiyam, Hadi, Aprinaldi, Bagaspati, Athina, Wahyu, Alfian Gozali, Ican, Hafiz, Merita, Peni, Wachida, dkk.

Untuk yang berada di Jepang bisa transfer ke rekening:



JP Bank 17430-73189071 a.n Didit Novianto (ディディット ノヴィアント)

Laporan keuangan akan diperbaharui setiap saat melalui FP kami di https://www.facebook.com/makitadonation

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (282)