Kitabisa! - Bantu Anak Mentawai Meraih Cita-Cita Tinggi
Bantu Anak Mentawai Meraih Cita-Cita Tinggi

Bantu Anak Mentawai Meraih Cita-Cita Tinggi

Rp 2.483.031
terkumpul dari Rp 10.000.000
13 Donasi 0 hari lagi
@sapamentawai
Akun belum terverifikasi

Cerita

MENTAWAI GEMAR MEMBACA, MENTAWAI PINTAR

Halo, namaku anak Mentawai. Supaya singkat, panggil saja aku Awai. Kedua orang tuaku asli Mentawai. Sejak lahir, aku pun sudah tinggal disini. Saat ini aku duduk di bangku kelas 3 SD. Temanku ada banyak, mulai dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 6 SD. Aku jarang bermain dengan kakak-kakak yang sudah SMP dan SMA, karena mereka harus merantau ke ibukota kecamatan untuk bersekolah. Jaraknya? Cukup jauh, bisa ditempuh selama 5 – 6 jam jalur darat dan dilanjutkan dengan naik sampan. Maklum, di desaku masih belum ada SMP dan SMA hehe. Di desa, kami hanya memiliki 1 buah SD, yang berada di puncak bukit, dengan bangunan gedungnya yang sangat sederhana dan bisa dikatakan kurang layak dipakai untuk kegiatan belajar mengajar. SD kami tadinya berada di tepi pantai, tetapi pasca tsunami, kami dipindahkan digunung.

Disini, aku dan teman-temanku tidak bisa menonton TV kapanpun kami mau. Selain karena di rumahku tidak ada TV, listrik disini tidak tersedia 24 jam. Hanya waktu-waktu tertentu saja kami bisa merasakan adanya listrik. Walaupun begitu kami tetap merasa senang, karena masih banyak jenis hiburan dan permainan yang tidak memerlukan listrik maupun TV.

Salah satu kesenangan kami adalah membaca. Membaca apapun. Rasanya dengan membaca, aku jadi bisa merasakan berada di dunia bagian manapun. Bapak dan Ibu guru sering membawakan kami buku bacaan saat di sekolah. Ketika mereka membawakan buku bacaan baru, kami makin semangat pergi ke sekolah.

Sayangnya, tidak setiap hari Bapak dan Ibu guru membawakan buku bacaan baru untuk kami. Kami harus memakluminya, karena mereka pun tidak bisa setiap hari pergi ke kota membeli buku bacaan baru. Ya, di desaku tidak ada toko buku. Jangankan toko buku, perpustakaan pun tidak ada. Pasti akan sangat menyenangkan kalau ada perpustakaan di desaku. Kami akan makin semangat membaca, membayangkan dan melihat dunia luar sana, seperti yang dinikmati kakak-kakak di kota. Kami tidak berharap bisa merasakan dan tinggal di kota besar, cukup membaca, melihat dari buku, dan membayangkannya saja sudah membuat kami bahagia. Aku harap semua yang membaca tulisan ini mau membagikan sedikit kebahagiaannya denganku :)

Seperti itulah keadaan mayoritas anak-anak di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Akses yang sulit menuju sekolah, terbatasnya fasilitas, minimnya sarana dan prasarana, makin membatasi anak-anak tersebut meraih cita-citanya.

Kami adalah komunitas berisi orang-orang yang mendapatkan penempatan kerja di dusun-dusun di Mentawai, sehingga setiap hari bisa melihat perjuangan anak-anak Mentawai mengejar cita-cita, Untuk memfasilitasi minat baca dan cita-cita anak-anak tersebut, kami bermaksud untuk membangun perpustakaan yang dapat diakses oleh semua anak. Perpustakaan ini akan didirikan di delapan desa yang tersebar di Kabupaten kepulauan Mentawai. Selain itu, kami juga mengharapkan partisipasi pembaca untuk merenovasi gedung sekolah yang masih belum layak, yang terletak di Dusun Korit Buah, Desa Sinaka.

Note:

Apabila pembaca berniat untuk berpartisipasi dalam bentuk sumbangan barang maupun buku, dapat menghubungi:

SMS / Whatsapp: Novie (081214991789) atau Febriyanza (081268761786)

Email: [email protected]


Thank you for your kind attention

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (13)