Lindungi Ribuan Pemulung Terdampak Pandemi
Lindungi Ribuan Pemulung Terdampak Pandemi

Lindungi Ribuan Pemulung Terdampak Pandemi

Rp 255.710.740
terkumpul dari Rp 250.000.000
2830 Donasi 2 hari lagi


Cerita


Tak banyak yang menyadari, selain tenaga kesehatan yang ada di garda terdepan, pemulung merupakan salah satu profesi dengan risiko tinggi terpapar Covid-19. Bukan hanya ancaman terjangkit virus, rasa cemas tak bisa menyambung hidup terus menghantui.

Bagaimana tidak, ketika pandemi tiba pendapatan mereka menurun drastis. Padahal tanggungjawab untuk menafkahi keluarga tetap harus dipenuhi.


Sekarang, semakin sedikit barang bekas yang bisa mereka tukarkan kepada pengepul. Harganya pun turun drastis. 

Seperti yang dialami Pak Wartiman, pemulung asal Bantargebang. Tiap hari, ia harus bekerja dari pukul 4 sore hingga 7 pagi. 15 jam ia mencari rezeki setiap hari, tapi penghasilannya justru berkurang drastis di kala pandemi. Biasanya mendapat Rp 70.000 per hari, sekarang bahkan tak sampai Rp 50.000.


Inilah dilema terbesar setiap pemulung. Di satu sisi ketakutan terpapar Covid-19, di sisi lain keluarga terancam tak bisa makan jika mereka tidak bekerja hari itu. Sungguh tak banyak yang mereka bisa lakukan. Belum lagi, sehari-harinya mereka kesulitan menjaga jarak dan tak bisa mengenakan perlindungan memadai.

Contohnya Ibu Sumi, yang hanya mengenakan secarik kain lusuh sebagai pengganti masker, ia pun tak menggunakan sarung tangan ketika memilah sampah. Ada pula pemulung lainnya yang tak bisa mengenakan sepatu boots karena tak mampu membeli. 

Risiko para pemulung untuk terpapar virus pun meningkat karena saat ini semakin banyak sampah masker maupun sarung tangan sekali pakai yang menumpuk di pemukiman warga.

Oleh karena itu, Pepsodent ingin mengajak setiap keluarga Indonesia untuk menjadi pahlawan senyum bagi para pejuang sampah di sekitar kita agar tetap merasa aman ketika menjalani aktivitas.

Untuk itu, tiap donasi yang kamu berikan, Pepsodent akan MENGGANDAKAN DONASIMU JADI 2X LIPAT untuk berbagi paket kesehatan dan kebersihan demi #MerdekakanSenyum mereka.

Bekerjasama dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), paket kesehatan dan kebersihan akan dibagikan kepada ribuan keluarga pemulung di 8 daerah di Pulau Jawa dan Sumatera.

Kamu juga bisa jadi pahlawan senyum, #MerdekakanSenyum mereka yang membutuhkan. Karena dalam kondisi sulit sekalipun, masih ada banyak cara untuk menularkan senyum bahagia ke sesama.

Berikan dukunganmu dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2830)