Berikan Kehidupan yang Layak untuk Sumba
Berikan Kehidupan yang Layak untuk Sumba

Berikan Kehidupan yang Layak untuk Sumba

Rp 38.448.268
terkumpul dari Rp 30.000.000
28 Donasi 0 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

MISI KAMI PEDULI

Misi Kami Peduli (MKP) adalah inisiatif sosial tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia di National University of Singapore. Indonesia adalah negara yang luas dengan 1.340 kelompok etnis. Namun, mayoritas kelompok etnis yang beragam tinggal di desa yang kurang berkembang di seluruh Indonesia. Sebagai mahasiswa Indonesia yang mendapat kesempatan studi di Singapura, kami melihat perlunya berkontribusi secara aktif untuk kemajuan dan perkembangan negara Indonesia, terutama di daerah terbelakang tersebut.

Sejak inisiatif pertama pada tahun 2009, MKP telah mengunjungi dan membantu desa-desa di Indonesia dalam berbagai bidang. Meskipun program MKP bervariasi dari tahun ke tahun, visi kami untuk setiap program adalah sama, yaitu untuk membangun hubungan, memberdayakan komunitas, dan meningkatkan kualitas hidup. MKP juga bertujuan untuk mengikutsertakan lembaga-lembaga lokal dalam program kami dan membantu meringankan beberapa masalah ekonomi dan sosial yang dihadapi masyarakat.

nfoID7gDIQCNf9BZ6NdBNNAPkzTiNfOIpL4pMtBZj4n4oT40wIhLaQ_ctPVW3_cvMTcCrUbPJu1i7ylCmDUr34PAX8Pk4J9HtRvIKtFiLWEE-UjP4z2oHGsEIOAtpVRAfLDsLxW0

MISI KAMI PEDULI 2019 : Sumba, Nusa Tenggara Timur

MKP 2019 akan berfokus pada tiga bidang, yaitu Pendidikan, Infrastruktur dan Teknologi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, MKP 2019 akan menjadi inisiatif pertama MKP dalam mengunjungi desa yang telah dikunjungi sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memastikan keberlangsungan program-program yang telah dilaksanakan di Desa Hombakaripit yang telah MKP kunjungi pada tahun 2017. Selain itu, MKP juga akan memulai projek baru di Desa Waitaru.

Pokok permasalahan yang akan kami tangani di Desa Waitaru adalah kelangkaan air bersih, ketidaktersediaan listrik, serta rendahnya tingkat pendidikan. Metode MKP dalam menangani permasalahan tersebut adalah melalui: 1) Pembangunan sistem pompa air tenaga surya (solar water pump) dan penampungan air. 2) Sistem pembangkit listrik tenaga surya. 3) Pendidikan bagi guru-guru dan orang tua. 4) Penyuluhan mengenai fasilitas yang akan diterapkan di desa.

MKP 2019 percaya bahwa usaha kami akan membantu Desa Waitaru dan Desa Hombakaripit dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik melalui pemberdayaan masyarakat yang menyeluruh dan berkelanjutan.


PROGRAM KAMI

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website kami di: www.misikamipeduli.org/our-programs

Pendidikan

OccXMtJhooqgLF-sYsOa9Q85L6tUANq8EoBFsvJ5E9UH5x1zWs0dh9sdVhC7Uuc62KikHoO-Bjvh-wZ7mDa9mlylNd24RBCZVU8_MvFT7U4dERIsiFrt_p7Kjdrd9UK63F6k4Bz9

Kami percaya bahwa untuk meningkatkan tingkat pendidikan di Sumba, sangat penting untuk meningkatkan tingkat motivasi dan antusiasme masyarakat (siswa maupun orang tua) terhadap pembelajaran. Divisi Pendidikan berencana untuk mencapainya dengan memberikan bantuan akademik kepada guru, membimbing orang tua tentang pentingnya pendidikan, serta melibatkan anak-anak muda di desa dalam berbagai program pendidikan interaktif kami.

Disamping itu, divisi pendidikan juga akan membantu mendukung divisi teknologi dan infrastruktur kami dalam mendidik penduduk desa tentang fasilitas yang akan diterapkan di desa. Ini untuk memastikan bahwa penduduk desa memahami pentingnya mereka dan juga cara merawat mereka.

Infrastruktur

YNAU0hUhNHDke1D_BJj7FkQwCPP51GQeGK9xzSUdQTN0GiN6L8H8kJJCw_xpTuKIeKm_y3LbseEAK2HdCVDrL_MxA8gafWT_hhY8KBKT3FDmPb2BPkhyBy7aZxx61iHn5TGzkEMX

Divisi infrastruktur bertujuan untuk menyediakan fasilitas air mandiri yang memungkinkan penduduk desa untuk dengan mudah mengakses air bahkan di musim kemarau. MKP akan bekerjasama dengan Yayasan Donders untuk membangun sistem pompa air tenaga surya. Sistem ini adalah sistem pompa listrik, di mana listrik akan disediakan oleh panel surya. 2 bak air akan dibangun, yang 1 dekat dengan pompa dan lainnya terletak di desa. Proyek ini akan menyediakan air bersih yang cukup untuk 200 orang setiap tahunnya.

Program lainnya yang akan dijalankan adalah pembangunan balai desa yang akan membantu dalam memfasilitasi divisi pendidikan dengan tempat pembelajaran.

Teknologi

5w403OwlABZH9JoFk6yy0MJB_Bdb594JaiUh2Ur5VbxFsI1Oew-hYc3Zc9vPdjs4Q3rJKDUdtKgNAuePQgfaELF71ExsNNHcSQ15Ud_L1z55LGa8nSk7pdLlP1qBlnpQPvNZffH5

Divisi teknologi bertujuan untuk mengatasi dua masalah di daerah pedesaan Sumba: akses ke listrik dan penyediaan air bersih.

Akses ke listrik bagi penduduk desa akan terpenuhi dengan implementasi panel surya. Lokasi terpusat di desa akan dipilih untuk memasang panel surya. Kapasitas panel surya akan ditentukan berdasarkan produktivitas serta kebutuhan penduduk desa. Ketersediaan listrik ini juga dapat membuka kesempatan untuk penggunaan penggiling padi yang digunakan dalam bidang pertanian.

Sistem penyaringan air akan diimplementasikan pada tangki air hujan sebagai kolaborasi dengan divisi Infrastruktur. Dengan pemasangan filter air, kebersihan dari air yang tersimpan dapat dipastikan sehingga aman untuk diminum ataupun digunakan untuk memasak.

PARTNER

Hivos

Hivos mencari solusi baru dan kreatif untuk masalah global yang persisten; solusi yang dibuat oleh orang yang menentukan hidup mereka dari tangan mereka sendiri. Kami menawarkan kekuatan penyeimbang positif terhadap diskriminasi, ketimpangan, penyalahgunaan kekuasaan, dan penggunaan sumber daya planet kita yang tidak berkelanjutan. Misi kami adalah berinovasi untuk perubahan sosial. Dengan proyek cerdas di tempat yang tepat, kami bekerja menuju masyarakat yang lebih terbuka dan hijau.

(https://www.hivos.org/)

Donders Foundation

Donders Foundation adalah yayasan sosial yang berfokus pada daerah Nusa Tenggara Timur. Donders Foundation bekerja dengan visi untuk terwujudnya masyarakat Indonesia – terutama kaum miskin dan tertindas yang terlupakan – yang semakin sejahtera, bermartabat dan berdaulat berdasarkan nilai-nilai solidaritas, keadilan dan cinta kasih.

(http://www.dondersfoundation.org/)

Alva Energi

Alva Energi didirikan dengan visi untuk memberdayakan masyarakat di Indonesia melalui energi dan teknologi terbarukan. Kami percaya, bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakang mereka, harus memiliki akses ke energi dan teknologi, telah mengarah ke proyek-proyek dari elektrifikasi pedesaan di pulau-pulau terpencil dan pemasangan ‘taman pintar’ untuk menurunkan persentase buta huruf dan menjembatani kesenjangan digital di daerah perkotaan.

(https://www.alvaenergi.com/)

DIDUKUNG OLEH

Kedutaan Besar Republik Indonesia Singapura dan Office of Student Affairs - National University of Singapore.

Hubungi Kami

Website : www.misikamipeduli.org

Facebook : fb.me/misikamipeduli
Instagram : @misikamipeduli

Disclaimer : Informasi, opini dan foto yang ada di halaman galang dana ini adalah milik dan tanggung jawab penggalang dana. Jika ada masalah/kecurigaan silakan lapor kepada kami disini.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (28)


Fundraiser