Wujudkan Mimpi Mang Toha Mengubah Nasib Petani
Wujudkan Mimpi Mang Toha Mengubah Nasib Petani

Wujudkan Mimpi Mang Toha Mengubah Nasib Petani

Rp 62.818.840
terkumpul dari Rp 300.000.000
1215 Donasi 1526 hari lagi


Cerita

946112a1-15ac-4677-8c5c-24abfaf4fa78.jpg

Toha, di luar urusan pertanian, dia sangat baik menjalankan kegiatan sosial, membangun sanitasi keluarga petani pra-sejahtera.

Hidup di pinggir hutan dengan situasi keterbelakangan tak menyurutkan tekadnya untuk mengubah keadaan. 

Dari kecil ia terbiasa hidup susah dan berjuang untuk pemenuhan hidupnya; tanpa asuhan orang tuanya. Kehidupannya yang serba kurang membuat ia hanya sekolah sampai kelas 2 SD.

Tapi ia punya kesadaran hidup harus berubah. Namanya Toha, seorang petani di Oray Tapa. Bertemu dengan pengurus Odesa Indonesia tahun 2016 lalu. Ia berbeda dengan kebanyakan petani yang telah kehilangan tanahnya karena menjual warisannya. Ia bahkan membuktikan dari tidak punya tanah dan rumah kini berhasil membuktikannya; seemua karena mentalitas kerja yang baik.

Maka Odesa Indonesia berkepentingan menjadikan toha sebagai teladan. Ketika krisis lingkungan pertanian merajalela, Toha bisa menjadi teladan perbaikan ekosistem dengan kesediaannya mengambil peran sebagai pemimpin gerakan agroforestry.

Toha

Petani yang bisa berpikir menghasilkan pangan bergizi dan bertani ramah lingkungan

Ketika banyak kaum papa di sekitarnya susah mendapatkan pertolongan bahan pangan, air, pakaian, benih, bibit dll, Toha bisa menjadi penyalur yang amanah untuk kegiatan sosial itu. 

Bersama pengurus Yayasan Odesa yang terdiri dari Para Dosen, Wartawan Senior dan sukarelawan lainnya, Toha sering menjadi jembatan yang baik untuk kegiatan-kegiatan perbaikan kualitas hidup keluarga Pra Sejahtera di Sekitar Mekarmanik, Cikadut, Bahkan di beberapa kampung di Cilengkrang.

0080e605-666b-4e07-b991-30129126dc77.jpg

Toha selalu butuh pengembangan. Ia tak mungkin berjalan sendiri, apalagi perintisan-perintisan usahanya senantiasa membutuhkan modal. Terkadang berupa barang seperti paranet untuk pembibitan dibutuhkan, selang untuk pengairan sangat diperlukan, dan bahkan sekarang ada kebutuhan pergudangan hasil panen sorgum, kelor, hanjeli, kopi, dan sejumlah sayuran dari petani agar lebih aman diurus. 

Tak rugi mendorong Toha karena ia bisa memainkan peran sebagai pemimpin pertanian, yang sangat berguna untuk menolong kaum papa serta menyelamatkan lingkungan Kawasan Bandung Utara dari krisis lingkungan yang mengancam jutaan nyawa manusia. 

http://odesa.id Kontak odesaindonesia@gmail.com

Kisah Menarik Lainnya Baca Mang Toha, Si Gila dari Oray Tapa

CARA BERDONASI:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit)

ea817607-7a00-484b-aca9-f6aa1d98f31f.jpg
Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler

Maaf terjadi kesalahan. Cobalah beberapa saat lagi. Coba lagi


Donasi (1215)


Fundraiser