Nusantara Foundation
Nusantara Foundation

Nusantara Foundation

Rp 2.511.311
terkumpul dari Rp 1.700.000.000
133 Donasi 26 hari lagi


Cerita

"...untuk pelunasan properti tersebut, Nusantara Foundation masih memerlukan dana sekitar USD 112,500, atau Rp 1,7 miliar"

- Imam Shamsi Ali, November 2019

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Shamsi Ali, lahir di Bulukumba Sulawesi Selatan pada 1967. Setelah lulus pesantren di Makassar, saya mulai merantau ke Pakistan dan Arab Saudi untuk menuntut ilmu dibidang tafsir. Hingga akhirnya 1997 saya pindah ke New York dan selama lebih dari 10 tahun mendapat amanah menjadi Imam di Islamic Cultural Centre of New York, yang berlokasi 96th street and 3rd Ave Manhattan.

Saat ini saya aktif sebagai Direktur dan Imam di Jamaica Muslim Center, komunitas muslim terbesar di kota New York, USA. Saya juga mendirikan Nusantara Foundation di Amerika Serikat di akhir tahun 2013, sebagai lembaga dakwah saya dan kawan-kawan di dunia barat.

Sejak 2017, kami dari Nusantara Foundation berikhtiar untuk membangun pesantren pertama di bumi Amerika di 613 Town St. Moodus, negara bagian Connecticut. Cukup dekat dari kota metropolitan New York.

____

Bersama ini kami sampaikan update singkat tentang proyek pembangunan Pondok Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Connecticut, AS. Semoga menjadi pengingat dan penyemangat untuk terus melangkah untuk mewujudkannya dengan izin Allah, Penguasa langit dan bumi. Aamiin!

1. Sejak ditanda tangani pembelian properti seluas 7.5 hektar di kota Moodus, CT ini pada April 2018 lalu, proses renovasi terus berjalan.

Alhamdulillah sekitar 70% dari pekerjaan renovasi telah selesai. Pembersihan lahan dan perubuhan (demolish) serta perbaikan (renovasi) gedung-gedung tua terus berjalan. Dari 10 gedung tua di lokasi, 5 dirubuhkan karena tidak layak pakai, 5 direnovasi (4 telah tuntas). Selain itu, renovasi lapangan basket, lapangan volley, lapangan bola kaki, dan juga kolam renang telah diselesaikan.

2. Dengan selesainya 70% renovasi gedung dan fasilitas lainnya, pesantren sejak tahun lalu mulai difungsikan untuk ragam kegiatan komunitas. Di antaranya pelatihan kepemimpinan, program Tahfidz Al-Quran, kegiatan komunitas dengan neighbors (tetangga), bahkan juga kegiatan 17 Agustusan (Kemerdekaan RI), dan banyak lagi.

3. Alhamdulillah, di akhir tahun lalu kami juga telah membeli alat pemotong rumput seharga USD 2000. Dengan pembelian alat ini mengurangi pengeluaran biaya pemotongan rumput sebesar USD 1050/bulan.

4. Untuk pembangunan fasilitas pemondokan sebagai tahap kedua dari proyek ini, Master Plan pesantren saat ini sedang dalam penyelesaian. Sebuah kehormatan bahwa yang menggambar (design) proyek pondok pesantren adalah Bapak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Selain Master Plan, Kang Emil juga sedang menyelesaikan design masjid pesantren. Jika Allah mudahkan, semoga peletakkan batu pertama masjid dapat dilaksanakan awal musim panas 2020. 

5. Saat ini Nusantara Foundation masih berjuang menyelesaikan pelunasan properti dengan angsuran bulanan (tanpa riba) sebesar USD 18,750 per bulan, yang seharusnya sudah diselesaikan pada bulan April 2020. Namun qadarullah dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia ini, proses fundraising untuk pelunasan pembayaran lahan pesantren harus tertunda.

6. Untuk pelunasan properti tersebut, Nusantara Foundation masih memerlukan dana sekitar USD 112,500, atau Rp 1,7 miliar

6. Pada saat yang sama Nusantara terus bergerak dengan ragam kegiatannya seperti pengenalan Islam ke universitas, membangun dialog dan hubungan antar pemeluk agama, pelatihan Imam dan kepemimpinan, program tahfidz, dan lain-lain. Proyek pesantren tidak menghalangi ragam aktititas dakwah Nusantara.

Demikian sekilas update dari kami untuk sekali lagi mengingatkan dan memotivasi semuanya untuk mengambil bagian dalam langkah juang dakwah ini. Terima kasih atas perhatian dan kontribusi semuanya. Semoga proyek ini diterima oleh semua sebagai bagian dari tanggung jawab bersama. Dan tentunya semoga diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

Jazakumullah khaer! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

CARA DONASI:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2. Pilih pembayaran via Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI & Credit card
3. Dapatkan laporan perkembangan via email


Berikut ini desain Masjid Nur Ismah - Pesantren Nur Inka Nusantara Madani yang diranang oleh Bapak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat:

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (133)