Bantu dan Selamatkan Orangutan Indonesia
Bantu dan Selamatkan Orangutan Indonesia

Bantu dan Selamatkan Orangutan Indonesia

Rp 157.262.236
2892 Donasi hari lagi


Cerita

Tahukah kamu populasi orangutan di alam terus menurun? Studi paling komprehensif tentang orangutan di Kalimantan memperkirakan jumlah populasi mereka merosot lebih dari 100.000 individu sejak tahun 1999. Indikator utama penurunan populasi tersebut adalah beralih fungsinya hutan, yang menjadi habitat orangutan sebagai lahan perkebunan dan industri skala perusahaan.

7b1a1926-51be-424c-af11-7ba243db9e1e.jpg

Padahal orangutan memiliki peran penting di alam yang dapat dirasakan langsung manfaatnya yaitu, sebagai penyebar benih alami, baik melalui kotorannya, juga dengan membawa dan membuang benih saat melewati pepohonan. Pola makannya itu memainkan peran kunci dalam ekologi dan meregenerasi hutan.

Saat ini, di Pusat Penyelamatan dan Konservasi Orangutan (PPKO) milik kami yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat menampung lebih dari 100 individu orangutan. Mereka memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari korban perdagangan dan peliharaan sejak bayi, korban kekejaman, hingga yang paling banyak adalah terusir dari habitatnya.

a98cba38-8b16-4ff7-bef9-f05fb3368e5b.jpg

Di lahan dengan luas ±200 hektare di PPKO kami, mereka menjalani perawatan, pemulihan, dan treatmen khusus untuk menstimulasi kemampuan alamiahnya. Selama menjalani proses rehabilitasi, mereka belajar hidup mandiri, bersosialisasi, memanjat, mencari makan, membuat sarang hingga bertahan hidup di pulau-pulau buatan yang kami siapkan mirip dengan habitat aslinya.

Untuk melepasliarkan kembali orangutan ke habitatnya tidaklah mudah. Proses panjang mulai dari rehabilitasi, penilaian lokasi pelepasliaran sampai dengan pengamatan pasca-pelepasliaran membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

6dc14334-bf74-4988-8031-cebc59cd262b.jpg

Hingga 2018 ini, sudah lebih dari 100 individu orangutan telah kami translokasi dan lepasliarkan ke habitatnya. Salah satu lokasi yang kami jadikan lokasi pelepasliaran orangutan adalah Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). TNBBBR yang berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah ini kami pilih berdasarkan survey pre-release yang telah kami lakukan beberapa tahun silam.

Hasil survey menunjukkan bahwa hutan didalam kawasan TNBBBR mempunyai cukup banyak jumlah dan jenis pakan orangutan. Selain itu, orangutan tidak lagi ditemukan di sana sejak 20-30 tahun yang lalu. Ditambah lagi dengan status kawasan taman nasional akan memjamin keamanan orangutan dari perambahan hutan.

caa39ed3-d5d8-40ef-9acd-815b8c5062b2.jpg

Bagaimana donasi ini akan dipergunakan?

Seluruh donasi yang terkumpul akan kami gunakan untuk program perlindungan dan pelestarian orangutan yang mencakup upaya penyelamatan, rehabilitasi, dan pelepasliaran (Rescue, Rehabilitation, & Release) + Monitoring.

Informasi lebih lanjut terkait penggalangan dana ini, bisa melalui

Email: informasi@internationalanimalrescue.org

Telp: 0856 753 6660

Instagram: @iar_indonesia

#SaveOrangutan #NoDeforestation #LindungiOrangutan #JagaHabitatOrangutan

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2892)