Kitabisa! - Asa untuk difabel, wyata guna-Bandung
Asa untuk difabel, wyata guna-Bandung

Asa untuk difabel, wyata guna-Bandung

Rp 2.321.301
terkumpul dari Rp 54.320.000
17 Donasi 0 hari lagi
FNM JJB ATHAR PROJECT
Akun belum terverifikasi

Cerita

#ASA UNTUK DIFABEL-TUNA NETRA WYTA GUNA

Kami dari organisasi Forum Negarawan Muda Wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten (Organisasi non profit) bekerja sama dengan Ikatan Alumni SLBN-A Bandung* berinisiatif untuk mengadakan kelas inspirasi berupa pembinaan menulis dan pemberian bantuan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi dari para difabel tuna netra di Wyata Guna.

*Sekolah Luar Biasa Negeri (A) Kota Bandung

*AWAL MULA KISAH

Gerakan ini bermula ketika kami (FNM) dipertemukan dengan teh Popon dan A Iyan. Keduanya seorang tunanetra dari Ikatan Alumni SLBN A Kota Bandung. Saat kami temui saat itu jejak kepayahan tergambar di raut wajah mereka. Mereka bercerita banyak hal tentang ide-ide pemberdayaan untuk rekan-rekan difabel tuna netra dan juga permasalahan yang sedang dihadapi, yaitu anak-anak tuna netra yang tidak mendapatkan asrama untuk bersekolah di wyata guna.

Ikatan Alumni SLBN A Kota Bandung sangat ingin membantu anak anak yang tak bisa tinggal di asrama wyata guna. Rumah singgah itu gratis tidak dipungut biaya, orang tua dari anak anak itu tak mampu membiayai. Adapun kebutuhan dana sewa sebesar Rp 15.000.000/tahun dan biaya operasional sekitar Rp 500.000-600.000 perbulan untuk listrik, air dan gas. Tahun ini, biaya sewa rumah singgah itu belum tertutupi. Jikalau Oktober ini belum ada dana sewa, kelompok Alumni Tuna Netra itu bingung akan menempatkan 10 anak itu dimana.

Rumah singgah itu bertempat di Gang Kina NO. 199 RT. 05 / RW. 04 Kel. Pasir Kaliki Kec. Cicendo kota Bandung. Anak-anak tinggal menyebrangi jalan atau menaiki jembatan penyebrangan untuk sampai ke sekolah. Lokasi yang dekat akan memudahkan anak-anak tunanetra sampai di sekolah dengan mudah.

Pada bulan Ramadhan kemarin, sudah ada 5 orang yang sudah tinggal disana, ditambah 5 orang pada tahun ajaran baru tahun ini. Keadaan rumah itu sangat memprihatinkan, selain rumah yang diisi oleh 10 anak ditambah 1 pembimbing yang bertugas untuk masak dan memenuhi kebutuhan mereka yang juga pembimbing tersebut adalah seorang tunanetra sehingga sulit merawat rumah tersebut menjadi layak tinggal.

Belum ada peralatan rumah yang memadai, hanya ada kompor dan alat masak seadanya serta kasur dan lemari yang dipakai bersama-sama. Adapun beberapa atap yang bocor serta beberapa sudut-sudut ruang kumuh. Kami dari Forum Negarawan Muda Indonesia regional Jawa Barat ingin turut serta membantu Ikatan Alumni SLBN A Kota bandung yang sekarang menjadi Yayasan Mitranetra Bandung dalam memenuhi kebutuhan rumah singgah serta memanfaatkan potensi anak sebagai nilai jual untuk menghasilkan produk yang dapat di jual sehingga hasil dari penjualan produk itu dapat produktif untuk memenuhi kebutuhan setiap tahunnya.

*IDE GERAKAN

Forum Negarawan Muda regional Jawa Barat membuat pergerakan yang bernama Athar Social Project yang bertujuan untuk membantu Ikatan Alumni SLBN-A kota Bandung dalam mengelola rumah singgah sekaligus mengasah potensi anak-anak tunanetra dengan memberikan pelatihan-pelatihan teknis agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi. Pelatihan yang akan diadakan nantinya berupa pelatihan menulis dan daya imajinasi untuk para difabel tuna netra. Harapannya akan muncul karya yang dapat diperjualbelikan sehingga meningkatkan kemandirian ekonomi mereka.

Kita bisa bantu teman-teman difabel tuna netra, wyata guna dengan donasi melalui website kitabisa.com, Caranya

1. Klik tombol 'DONASI SEKARANG'

2. Masukkan Nominal Donasi dan Isi Data Diri (atau login FB)

3. Pilih Bank, dan transfer sesuai petunjuk

atau

Donasi Offline melalui rekening

Bank Syariah Mandiri Nomor 7080788988

a.n. NENG NUROH SITI HOMISAH.

(Mohon konfirmasi dengan format : Donatur(tetap/tidak tetap)_Nama Donatur_Jumlah Donasi_Tanggal berdonasi kirim ke 0857-9493-1621 a.n. Haifa Afifah S apabila Bapak/Ibu/teman-teman berdonasi melalui transfer langsung ke rekening diatas).

Teman-teman juga dapat berpartisipasi untuk menjadi relawan untuk acara ini (27-28 Agustus 2016, berlokasi di Wisma Wyata Guna, Bandung) maupun pada kegiatan selanjutnya yang akan kami adakan. Pendaftaran relawan dapat mengirimkan pesan ke 0857-9493-1621 dengan format: Relawan_Nama Lengkap_asal Instansi.

Adapun pilihan Paket donasi khusus yang kami tawarkan diantaranya:

Rp. 25.000 dan kelipatannya

Paket khusus

Paket A : Buku + Donasi Rp. 100.000

Paket B : Buku + CD + Donasi Rp. 150.000

*Pembelian paket dapat dikonfirmasikan kepada CP yang tertera di bawah.


Selain itu, teman-teman dapat berpartisipasi untuk menjadi relawan sebagai wyata guna reader untuk acara ini (27 Agustus 2016) maupun pada kegiatan selanjutnya yang akan kami adakan. Pendaftaran relawan dapat mengirimkan pesan ke 0857-9493-1621 dengan format: Relawan_Nama Lengkap_asal Instansi.

Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman/Bapak/Ibu yang berkenaan memberikan bantuannya kepada rekan-rekan difabel tuna netra wyta guna, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas semua kebaikan Bapak/Ibu dan teman-teman.

Keterangan :

Detil proposal dapat diakses di bit.ly/AtharSocialProject


“Kebaikan itu tidak diajarkan tapi ditularkan” J

Yuk berbagi :)

Forum Negarawan Muda (Wilayah Jakarta, Jawa Barat, Dan Banten)

Mochamad Indra Safwatulloh, S.H. : 0838-2128-0891

Haifa Afifah S. : 0857-9493-1621

[email protected]

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (17)