PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA LANSIA
PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA LANSIA

Perhatian : Penggalangan ini belum terverifikasi. Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan disini

PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA LANSIA

Rp 221.548
terkumpul dari Rp 1.984.210.530
0 Donasi 0 hari lagi


Cerita

HALO PARA ORANG BAIK!

Kenalkan saya dr. Nadim (pendiri VAXCORP INDONESIA; health startup platform for Indonesian Disease Prevention), bersama dengan Rafael Dimas (RAF Pro), Eunice Budiharjo (Cerah.co), dr. Lauretta Sugondo (VAXCORP INDONESIA), Fredrick Yapvian (VAXCORP INDONESIA).

VAXCORP INDONESIA memiliki visi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit (pengelolaan riwayat medis, cakupan penerima vaksin, pemantauan kesehatan berkala) pada populasi dewasa di Indonesia.

Pada kampanye kali ini, VAXCORP INDONESIA (beserta rekan startup lainnya yang sudah disebutkan di atas) ingin meningkatkan perhatian kesehatan, serta tindakan nyata berupa pencegahan penyakit infeksi pneumonia pada populasi lanjut usia, yang seringkali terabaikan.

SEKILAS MENGENAI PNEUMONIA

Pneumonia (infeksi saluran pernafasan bawah / infeksi paru) merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dijumpai dan mempunyai dampak yang signifikan di seluruh dunia, terutama pada populasi usia lanjut. Insiden pneumonia komunitas dilaporkan meningkat sesuai dengan bertambahnya usia. Pada pasien usia ≥ 65 tahun yang dirawat di rumah sakit, pneumonia merupakan diagnosis terbanyak ketiga. Angka ini menjadi semakin penting mengingat bahwa diperkirakan sebanyak 20% dari penduduk dunia akan berusia lebih dari 65 tahun di tahun 2050.

Sejumlah faktor meningkatkan risiko infeksi pada populasi lanjut usia; interaksi antara faktor-faktor risiko berupa komorbiditas, imunitas yang melemah dan faktor usia sangat kompleks. Perubahan anatomi tubuh akibat proses penuaan memberi konsekuensi penting terhadap cadangan fungsional paru, kemampuan untuk mengatasi penurunan komplians paru dan peningkatan resistensi saluran napas terhadap infeksi. Sekali mikroorganisme patogen berada di alveolus, akan dilepaskan mediator pro inflamasi dan memicu respons inflamasi sehingga menimbulkan manifestasi klinis. Hal ini menjadi semakin penting mengingat bahwa sepsis (infeksi darah) terjadi pada setidaknya 35% dari penderita pneumonia, yang semakin dapat meningkatkan risiko penderitaan & kematian pada populasi lanjut usia.

Penurunan daya tahan tubuh (imunitas) alami seiring dengan meningkatnya usia membuat risiko infeksi pneumonia pada populasi usia lanjut semakin tinggi. Terlebih pada populasi lanjut usia yang tinggal di panti jompo dimana padatnya tempat tinggal, sanitasi lingkungan yang seringkali dibawah standar, serta kurangnya perhatian terhadap perawatan dan status kesehatan mereka, dapat semakin meningkatkan penularan.

Kurangnya kesadaran dan perhatian pada kesehatan populasi lanjut usia seringkali mengingkatkan beban penyakit serta ekonomi penderita. Pneumonia (community-acquired & hospital-acquired) dapat dicegah secara efektif dengan vaksinasi, sehingga dapat menurunkan beban penyakit serta ekonomi dengan signifikan.

AJAKAN UNTUK BERKOLABORASI

Mari bersama meningkatkan kesadaran dan melakukan aksi yang nyata terhadap pencegahan penyakit infeksi pneumonia pada populasi lanjut usia!

Target penerima acara ini adalah:

1. Populasi lanjut usia (> 60 tahun) di Panti Jompo (Panti Werda)
2. 500 - 1,000 peserta (semakin banyak donasi yang kami terima, semakin banyak yang dapat kami tolong)

Panti Jompo / Panti Werda yang sudah kami hubungi untuk acara ini:

1. Panti Werda Kasih Karunia
2. Panti Werda Hana
3. Panti Werda Tama Gracelil
4. Panti Werdha Bina Bhakti
5. Panti Werdha Kasih Ayah Bunda
6. Panti Werdha Panti Usila St. Anna
7. Panti Werda Melania
8. Panti Maria Fatima
9. Panti Werdha Marfati
10. Panti Werdha Graha Werdha Aussi Kusuma Lestari

Runutan Acara Yang Direncanakan:

1. Pemeriksaan fisik lengkap dan anamnesis
2. Pemeriksaan penunjang laboratorium (lihat selengkapnya pada event deck)
3. Vaksinasi Pneumonia dengan PCV13
4. Edukasi kesehatan dan bantuan rujukan rawat pada lansia yang membutuhkan perawatan dan pertolongan

Dana yang tergalang akan dikelola secara profesional dan transparan, dengan laporan berkala yang akan kami update melalui official page

GERAKAN PENCEGAHAN PENYAKIT INFEKSI PNEUMONIA PADA LANSIA

atau

bit.ly/pedulilansia

CARA PARTISIPASI

1. KLIK TOMBOL "DONASI SEKARANG"
2. ISI FORM DAN NOMINAL DONASI
3. PILIH METODE PEMBAYARAN


"LET THEM GROW OLD, BUT NOT FORGOTTEN"


Terima kasih,
Live long & Prosper,
dr. A. Nadim, M.D.
Founder of VAXCORP INDONESIA

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (0)