Kitabisa! - URGENT! Bantu Korban Gempa 7,2 SR Maluku Utara
URGENT! Bantu Korban Gempa 7,2 SR Maluku Utara

URGENT! Bantu Korban Gempa 7,2 SR Maluku Utara

Rp 139.715.470
terkumpul dari Rp 200.000.000
2083 Donasi 0 hari lagi
Aksi Cepat Tanggap
Akun telah terverifikasi

Cerita

Gempa 7,2 SR di Maluku Utara mengakibatkan 6 orang tewas, ribuan jiwa mengungsi, sekitar 900 rumah rusak, dan ratusan warga luka-luka.

Kabupaten Halmahera Selatan diguncang gempa bumi tektonik berkekuatam 7,2 SR pada Minggu (14/7) pukul 16.10 WIB. Tak hanya itu, terdapat juga 52 gempa susulan, 28 diantaranya dirasakan warga.

undefined

Gempa Susulan : 52 Kali

-BMKG melaporkan terjadi 52 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) di kawasan Halmahera Selatan. Sebanyak 28 gempa di antaranya dirasakan oleh masyarakat. 

-Aktivitas gempa susulan itu terjadi dengan magnitudo terbesar 5.8 skala richter (SR) dan magnitudo terkecil 3,1 SR.

Dampak Gempa Maluku Utara

-Dilaporkan ada 6 orang meninggal dunia. 

-Ribuan warga terpaksa harus mengungsi untuk menghindari gempa susulan.

- 900 rumah rusak. Dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut terjadi di Kecamatan Gane Barat Utara, Timur Selatan, Gane Timur Tengah, Gane Dalam, Gane Barat Selatan, Gane Timur, Halmahera Selatan. 

-Wilayah Terdampak : Terdapat 7 Kabupaten/Kota yang merasakan guncangan gempa dengan intensitas bervariasi diantaranya : Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Utara, Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan.

-Guncangan juga dirasakan di daerah Obi V MMI, Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Raja Ampat, Sorong, dan Bolaang Mongondow II MMI.

Ribuan Pengungsi

-Ribuan warga memilih untuk tetap berada di beberapa titik pengungsian pasca-gempa magnitudo 7,2 di Halmahera Selatan.

-Warga yang mengungsi adalah mereka yang tinggal di wilayah pesisir karena takut adanya tsunami. Warga tersebut berpusat di Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

-Lima titik pengungsian warga, diantaranya kawasan rumah dinas DPRD, kantor bupati, Polres, dan Masjid Raya Al Khairat Halmahera Selatan.

Sahabat, pendataan terdampak gempa masih terus belanjut, dan tidak menutup kemungkinan kerusakan akan terus bertambah. 

Saat ini korban gempa Maluku Utara sedang membutuhkan bantuan kita, terutama untuk meringankan penderitaan para pengungsi di sana

Kebutuhan yang sangat diperlukan antara lain: Dapur umum, obat-obatan, selimut, tenda pengungsian, dan kebutuhan hidup sehari-hari.


Sahabat, bencana gempa yang terjadi membuat ribuan orang menderita. Mari ringankan Saudara kita yang terdampak bencana, dengan cara:

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan terkumpul untuk Saudara kita di Maluku Utara dan sekitarnya.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2083)