Kitabisa! - Pejuang Plastik: Daur ulang yang tak biasa
Pejuang Plastik: Daur ulang yang tak biasa

Pejuang Plastik: Daur ulang yang tak biasa

Rp 3.248.274
terkumpul dari Rp 30.000.000
6 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Pejuang Plastik adalah sebuah komunitas yang peduli pada masalah lingkungan khususnya sampah plastik. Didirikan di bandung oleh sekelompok anak muda yang peduli akan pentingnya menjaga lingkungan. Diharapkan komunitas ini akan menjadi sebuah “Gerakan Massal” agar nantinya secara perlahan masyarakat luas akan sadar terhadap kebersihan lingkungan dan tau akan diapakan limbah plastik yang mereka temui di lingkungan mereka. Secara tidak langsung masyarakat akan ter-edukasi mengenai pengolahan limbah.

Apa yang akan dilakukan? Kami akan mengolah sampah plastik menjadi benda yang berguna menggunakan mesin-mesin khusus yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Mesin – Mesin Tersebut antara lain :

  • Shredder : Mesin Pencacah Plastik yang berfungsi untuk menghancurkan plastik menjadi serpihan - serpihan kecil sehingga memudahkan kita untuk mendaur ulang plastik tersebut.
  • Compression : Mesin press yang bekerja dengan cara memanaskan plastik hingga meleleh lalu mengepress plastik tersebut menjadi bentuk yang diinginkan semisal mangkuk, pot, vas bunga dll.
  • Injection : Hampir sama seperti compression namun alat ini dikhususkan untuk hasil daur ulang yang lebih kecil.
  • Extrusion : Mesin ini berguna untuk membuat sampah plastik menjadi tali yang sekaligus dapat berguna untuk tinta printer 3D

Sampah plastik dinilai sebagai sampah yang tidak berguna padahal seperti kita ketahui bahwa sampah plastik merupakan sampah yang sulit terurai sedangkan produksi plastik untuk kebutuhan kemasan semakin hari semakin bertambah. Sehingga semakin cepat kita memulai maka semakin cepat juga kita menanggulangi sampah plastik yang kian banyak.

Diharapkan program ini akan "menggurita" ke berbagai daerah di Indonesia. Diawali dengan riset dan pengembangan di workshop pejuang plastik dan membuka workshop tentang daur ulang plastik sehingga banyak pihak yang tertarik makan diharapkan akan banyak Pejuang Plastik lainnya diIndonesia

Kenapa? Karena kepedulian masyarakat terhadap sampah plastik masih kurang.Program ini bertujuan mengedukasi dan memberi contoh langsung kepada masyarakat untuk bagaimana menangani sampah plastik yang jumlahnya semakin banyak.


Alokasi Dana

Seperti bisa dilihat pada gambar alokasi dana terbesar adalah untuk mendevelop mesin. Trial dan error akan terus dilakukan sampai menghasilkan mesin yang tangguh dan efisien. Diharapkan akan terciptanya mesin yang berbiaya rakit dan pemeliharaan rendah sehingga semakin banyak masyarakat yang melakukan kegiatan serupa yaitu mendaur ulang sampah plastik. Blueprint mesin tersedia, dari mulai mekanikal sampai elektrikal. Jika ingin mendapatkannya atau ingin membantu mengembangkannya silahkan kontak kami di [email protected] kami akan membagikan blueprint secara gratis.



Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (6)