Kitabisa! - Perahu untuk Pak Guru
Perahu untuk Pak Guru

Perahu untuk Pak Guru

Rp 573.810.012
terkumpul dari Rp 600.000.000
1926 Donasi 0 hari lagi
Insan Bumi Mandiri
Akun telah terverifikasi

Cerita

PERJUANGAN PAK GURU

Berenang di lautan


Sebuah pemandangan yang tentu tidak biasa bagi kita, menyaksikan seorang guru harus berenang di lautan untuk mengajar menemui murid- muridnya.

Tapi.. begitulah adanya..

Dalam sebuah perjalanan laut di Nusa Tenggara Timur, seorang Bapak meminta izin menumpang perahu yang sengaja kami sewa. Tentu saja kami tidak keberatan dan mempersilahkan beliau menumpang.

Hingga perahu kami mendekat ke suatu pantai, sang Bapak mohon diri untuk turun dan mempersilahkan kami melanjutkan perjalanan.

Mungkin karena sungkan dan tak ingin merepotkan kami atau memang sudah terbiasa.., entahlah..yang jelas beliau pun berenang ke tepi pantai yang jaraknya masih jauh sambil berusaha mengangkat tasnya ke atas agar tidak basah.

Kami baru menyadari, tidak banyak bahkan sangat jarang di daerah kepulauan ini dimana mayoritas penduduknya adalah nelayan yang memiliki tas seperti yang beliau bawa.

Kami bertanya- tanya.. siapakah beliau?

"Bapak itu guru.. pulang mengajar" kata seseorang di sebelahku.

Ya Allah, luar biasa perjuangan guru- guru di sini...

Yuk patungan bantu Pak Guru dan anak2 di Pulau Pura dan sekitarnya untuk memiliki perahu yang akan mengantarnya pergi belajar ke sekolah dan mengaji..

0aa5699f490b6d25097d1d4bef47db797782ffbb.png

Sekilas tentang Pulau Pura di Kabupaten Alor, NTT

Kabupaten Alor merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Nusa Tenggara Timur yang terletak di bagian timur laut. Kabupaten Alor terdiri dari tiga pulau besar dan enam pulau kecil yang saat ini ada penghuninya, diantaranya Pulau Pura, Pulau Ternate dan Pulau Buaya. Sebelas pulau lainnya tidak berpenghuni.

329d30ac52ff95dce6ffdcdf33573da6b00a48b3.png

Sebelah selatan wilayah ini berbatasan dengan selat Ombay dan negara tetangga Timor Leste.

Secara geografis, kondisi daerah ini merupakan daerah pegunungan tinggi yang dikelilingi oleh lembah-lembah dan jurang-jurang.

63.94 % dari wilayah di Kabupaten Alor merupakan daerah dengan kemiringan lebih dari 40º

Kabupaten Alor termasuk dalam daerah dengan keadaan iklim semiarid sehingga terjadi pergantian musim yang periodenya tidak seimbang, yaitu musim hujan yang singkat selama 3–5 bulan dan musim kemarau yang panjang 7-8 bulan.

Beginilah kondisi kebun jagung dan sawah di Pulau Pura yang kering saat kami kunjungi

2ec303fd48655eeb13a2dd4630aa71946dece43e.png

Setiap hari, warga harus menunggu air merembes dari celah-celah batu di sumur satu-satunya dekat tepi pantai di Dusun Timuabang, Pulau Pura untuk mendapatkan air dan mengangkutnya ke atas dimana rumah mereka berada.

Di Pulau Pura, untuk memfasilitasi pendidikan 5.144 penduduknya, baru tersedia 8 sekolah tingkat dasar dan 2 sekolah tingkat menengah pertama. Untuk sekolah tingkat SMA belum tersedia.

Untuk Dusun Timuabang sendiri, Madrasah Ibtidaiyah Swata Darussalam adalah satu-satunya sekolah yang ada.

Perlu diketahui juga bahwa karena infrastruktur perjalanan darat belum memungkinkan untuk dilalui kendaraan, maka perahu masih tetap menjadi pilihan anak- anak usia sekolah untuk menuntut ilmu di sini.

Baik untuk menuju dusun lain tempat sekolah SMP berada misalnya, maupun menuju pulau lain untuk menuju SMA yang memang belum ada di pulau Pura ini.

Dengan demikian, bantuan berupa perahu untuk sekolah benar- benar sangat dibutuhkan.

Yuk patungan bantu Pak Guru di Pulau Pura dan sekitarnya untuk memiliki perahu yang akan mengantarnya pergi mengajar ke sekolah


Telp (022) 205 251 84 / 0812 214 5114

Jl. Subang no.59 Bandung

www.insanbumimandiri.org

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (1926)