Bantu Yayasan Graisena dalam program Ngademin Kota
Bantu Yayasan Graisena dalam program Ngademin Kota

Bantu Yayasan Graisena dalam program Ngademin Kota

Rp 14.281.534
terkumpul dari Rp 100.000.000
183 Donasi 0 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

Halo #OrangBaik,

dcf6921f-8e1b-4321-bc0c-f386974c29b2.jpg

EKSPEDISI ANDALAS
Ranggi Ragatha adalah seorang aktivis lingkungan dan kebencanaan di Indonesia. Selain itu beliau juga salah satu founder Yayasan Graisena, saat ini beliau sedang melakukan Solo Touring ke beberapa daerah di sepanjang pulau Sumatera.

Ranggi akan memulai sebuah perjalanan panjang menjelajahi Pulau Sumatera dengan menggunakan sepeda motor. Dalam misi tersebut ranggi akan mengkampanyekan gerakan #NgademinKota yang dijalankan oleh Graisena. Selain itu Ranggi juga akan mengabdi sebagai guru di beberapa daerah tertinggal di Sumatera, serta membantu mengembangkan kompetensi komunitas-komunitas di sepanjang pantai Pulau Sumatera dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai bencana.

Saat ini beliau sedang berada di Sumatera Selatan. Bertemu dengan lintas komunitas, pemangku kebijakan, mahasiswa, dosen, dan orang-orang baik lainnya disana. Beliau 

#NgademinKota 

8ff68c9b-df46-411f-8202-c5fbaebb696d.jpg

Dalam jangka waktu 30 tahun mendatang, kota-kota akan menghadapi risiko suhu panas, banjir di kawasan pesisir, terputusnya pasokan listrik, dan kelangkaan pangan dan air secara dramatis kecuali emisi yang dapat mengubah iklim diminimalisir, demikian peringatan dari para pakar perkotaan pada tahun 2018 yang lalu. Saat ini, contohnya, lebih dari 200 juta orang di 350 kota menghadapi suhu panas yang membara dimana suhu puncak harian rata-rata mencapai 35 derajat Celsius, termasuk Jakarta, selama tiga bulan dalam setahun, menurut studi yang dirilis oleh C40 Cities, sebuah jaringan kota-kota besar dunia yang berusaha mendorong tindakan untuk meminimalisir dampak perubahan iklim. 

e398335c-bed3-4096-9c0e-e9becd30d9e9.jpg

Disamping itu BMKG juga merilis hasil risetnya mengenai tren suhu di kota-kota besar di Indonesia. Berdasarkan hasil pengolahan tren suhu di Indonesia secara umum suhu di Indonesia baik suhu minimum, rata-rata, dan maksimum memiliki tren yang bernilai positif dengan besaran yang bervariasi sekitar 0.03 °C setiap tahunnya. Ini bisa diartikan bahwa suhu akan mengalami kenaikan 0.03 °C setiap tahunnya sehingga dalam 30 tahun lokasi tersebut akan mengalami kenaikan sebesar 0.9 °C.

a6c62f6a-8c1d-4ed7-9699-3a5e542f91f8.jpg

Fakta dan data di atas adalah hal yang mencemaskan bagi kita penghuni kota. Terlebih bagi Jakarta, karena merupakan kota terpadat ke-10 di dunia. Oleh karena itu Gerakan Indonesia Sadar Bencana (Graisena) melalui program Ngademin Kota (#NgademinKota) berikhtiar untuk menurunkan suhu udara dan pengendalian banjir di kota-kota di Indonesia, dan dimulai dari Jakarta.

22273a07-f289-48a7-b3b9-13d8932c0881.jpg

#NgademinKota sebuah tagar yang kami mulai gaungkan untuk sebuah langkah mitigasi bencana dalam bentuk penurunan suhu serta pengendalian banjir di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Ngademinkota adalah sebuah program yang dikonsep untuk 5 tahun ke depan, yang berfokus untuk menumbuhkan semangat masyarakat perkotaan untuk mulai menghijaukan lingkungan tempat tinggalnya.

174f0cc2-5824-432b-bec4-a7e3eda56da2.jpg

Ini adalah misi yang sangat besar, oleh karena itu kami memilih untuk memulainya secepat mungkin. Kami sudah memulainya pada 8 Agustus 2020, nanti kedepannya kita akan mendirikan stand-stand pembagian bibit di stasiun-stasiun kereta, terminal bus, hingga di lokasi-lokasi car free day. Kami sudah memulainya  dari  kota  Jakarta  dan  Balikpapan.  Dan juga kami akan mengemasnya dalam paket goodie bag. Setiap paket goodie bag akan berisi 2 bibit tanaman serta 200 gram pupuk organik berikut petunjuk cara penanaman bibit di lahan terbatas. Tentunya kami tidak bisa menjalankan ini sendirian, kami membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Baik komunitas, individu, tokoh, hingga pemangku kebijakan.

10931d49-b2d6-4c26-a9e9-21f5a28beb01.jpg


Sebuah kerja yang sangat ambisius dan panjang ini membuat Ranggi Ragatha berupaya untuk menggalang dukungan ke berbagai pihak dengan berbagai cara. Salah satunya, Perjalanan Cahaya. Meski harus mengeluarkan tabungan pribadi, namun Ranggi percaya, Bahwa pesan kebaikan harus disebarkan agar dapat menginspirasi semua orang. Harapannya, dari Misi Solo Touring Perjalanan Cahaya di Pulau Sumatera ini. Ranggi dapat menggalang dukungan dan mengkapanyekan gerakan #NgademinKota dari berbagai Kawan Baik yang ada di seluruh Indonesia. Donasi yang dikumpulkan nantinya akan disalurkan melalui Yayasan Graisena. Untuk membiayai pembangunan sekolah-sekolah tertinggal yang akan dilalui Ranggi. Serta, menjalankan program #NgademinKota yang akan berlangsung dalam 5 tahun kedepan.

"Semoga semua umat berbahagia, Selamatlah Bumi dan seisinya."

Avignam Jagat Samagram.

Video Profil Yayasan Graisena

Video Ngademin Kota

Website Graisena

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (183)


Fundraiser