Perpustakaan buat Sekolah-Sekolah di Papua
Perpustakaan buat Sekolah-Sekolah di Papua

Perpustakaan buat Sekolah-Sekolah di Papua

Rp 93.722.946
terkumpul dari Rp 200.000.000
2980 Donasi 46 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

Hai #orangbaik! 

Perkenalkan, saya Stella Olivia, founder Rumah Baca Welcome Friends. Saya dan komunitas mendirikan Rumah Baca Welcome Friends pada pertengahan tahun 2019 di daerah-daerah berlokasi jauh dari Gramedia dan toko buku lengkap. Tujuannya agar anak, remaja, dan warga daerah bisa membaca lebih banyak buku walau tinggal di daerah yang jauh dari Gramedia dan toko buku lengkap. Sampai hari ini, Rumah Baca Welcome Friends sudah memiliki delapan cabang di berbagai daerah—Kebumen, Kepulauan Riau, Garut, Sukabumi, Lumajang, Jepara, Tasikmalaya, dan Gunung Kidul.

Sepanjang mengelola rumah baca, saya mendapatkan banyak pesan pribadi (Direct Message) di Instagram @welcomefriends99. Salah satunya dari beberapa guru yang meminta donasi buku karena sekolah mereka belum punya perpustakaan. Sejak tahun 2020, Rumah Baca Welcome Friends mulai membantu sekolah-sekolah di area Pulau Jawa yang belum punya perpustakaan. Beberapa sekolah di luar Pulau Jawa juga menghubungi kami dan mengharapkan donasi buku.

Seorang guru dari Papua cerita ke saya. Ia berinisiatif membuka rumah baca karena kebanyakan sekolah di kabupaten tempatnya mengajar belum punya perpustakaan. “Anak-anak di sini sangat antusias waktu saya buka rumah baca. Mereka suka membaca! Sayangnya, rumah baca ini kekurangan buku. Kebanyakan sekolah di sini juga belum punya perpustakaan.”

Waktu sharing soal hal ini dengan teman pendidik di kota besar, dia melontarkan ide untuk menggerakkan setiap siswanya agar berdonasi lima buku bekas. Artinya, akan terkumpul ribuan buku dari para siswa satu angkatan saja. Bayangkan jika beberapa guru di kota besar juga setuju terhadap ide ini! Kita bisa mengirim ribuan buku ke Papua untuk kebutuhan bahan bacaan beberapa sekolah sekaligus. Anak-anak Papua akan punya perpustakaan di sekolahnya!

Sayangnya, untuk mewujudkan program sosial ini, Rumah Baca Welcome Friends perlu dana cukup besar untuk membiayai ongkos kirim ribuan buku dari Pulau Jawa ke Papua. Teman-teman, apakah kalian mau membantu kami mewujudkan perpustakaan bagi sekolah-sekolah di Papua?

bff9fef5-1c9d-4fd6-8a70-6d47035f5e77.jpg929aed14-543b-4916-a22d-79246252b7ff.jpg
Disclaimer : Informasi, opini dan foto yang ada di halaman galang dana ini adalah milik dan tanggung jawab penggalang dana. Jika ada masalah/kecurigaan silakan lapor kepada kami disini.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (2980)


Fundraiser