Kitabisa! - Hadirkan Perpustakaan Pertama di Pesantren Maluku
Hadirkan Perpustakaan Pertama di Pesantren Maluku

Hadirkan Perpustakaan Pertama di Pesantren Maluku

Rp 26.445.860
terkumpul dari Rp 213.000.000
573 Donasi 0 hari lagi
Yayasan Baitul Maal Hidayatullah
Akun telah terverifikasi

Cerita

“Buku bacaan di pesantren sangat sedikit. Kadang aku hanya bisa membaca dari koran bekas pembungkus nasi yang sering aku dan teman-teman beli. Ada juga beberapa buku bekas pemberian donatur. Alhamdulillah, semuanya sudah aku baca - Heni Buaklofin, Santri Pesantren Hidayatullah.

***

Mungkin buku merupakan barang yang biasa kita temui, apalagi di kota besar dengan banyak toko buku. 

Saudara kita di Maluku, Heni, menganggap buku adalah barang langka yang sangat berharga. Heni dan teman-teman memiliki keinginan besar untuk belajar dan membaca.

4737e557-0cb5-403d-ac62-e7344265a75e.jpg

Heni, salah satu santri di Pesantren Hidayatullah, Desa Poros Liang, Kec Salahutu, Kab Maluku Tengah, yang dikhususkan untuk mengembangkan potensi diri anak yatim piatu dan dhuafa.

Untuk proses belajar mengajar di pesantren, mereka hanya bisa mengandalkan guru. Tidak ada buku pedoman yang bisa Heni dan teman-teman gunakan untuk belajar.

Tapi, Heni dan teman-teman tidak kehabisan ide. Bungkus makanan dari koran bekas yang biasa dibeli, mereka jadikan sumber ilmu baru. Koran selembar itu mereka baca dan pelajari bersama.

Jarak pesantren ke kota yang mencapai 36 kilometer membuat Heni dan teman-teman sulit mencari sumber ilmu selain dari buku. Beberapa buku yang diberikan oleh donatur juga sudah di baca semuanya.

Walaupun sulit mendapatkan ilmu, Heni memiliki cita-cita yang sungguh mulia, yaitu menjadi seorang Hafidzah dan mengamalkan seluruh ilmu yang Heni tahu di kampung halamannya, Pulau Seram. 

d774608a-f067-40d0-8af7-c272709daee7.jpg

Tentu, perpustakaan sebagai gerbang jendela dunia adalah pendukung tercapainya cita-cita Heni dan teman-temannya.

Dari sejak berdirinya pesantren pada tahun 1994, memiliki perpustakaan hanya sekedar angan-angan. Bagi mereka, perpustakaan adalah fasilitas mewah mengingat dana yang dibutuhkan tidak sedikit dan sulit didapatkan.

Heni berharap, adanya perpustakaan akan membuat Heni dan teman-teman semakin rajin membaca dan menemukan inspirasi kehidupan. Yuk bantu Heni dan teman-teman wujudkan impian mereka!

Caranya :
1. Klik “DONASI SEKARANG”
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih bank (GO-PAY/BNI/BNI Syariah/Mandiri/BCA/BRI/Kartu Kredit)
4. Dapatkan laporan lewat email

Disclaimer:
1. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk pembangunan perpustakaan di Pesantren Hidayatullah, Maluku.

2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Pendidikan dari BMH yang fokus dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan di Indonesia.

3. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi: Herman (+62-896-3559-5921).

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (573)